Jumat, 15 November 2013

S A B T U



Oleh : Dr.H.K.Suheimi

Sabtu ini saya libur, tak masuk kantor, hari terasa panjang,

waktu  terasa  luang. Mau berlibur entah  hendak  kemana,  karena

rasanya  hampir semua tempat di Sumbar ini sudah  saya  kunjungi,

apalagi  untuk  pergi kemana-mana butuh waktu,  butuh  biaya  dan

mengandung  resiko. Maka hari ini saya bermalas-malas  di  rumah,

banyak  waktu lowong. Lalu saya teringat surat  Alam  nasjrah....

bila kamu bertemu dengan waktu lohong atau waktu senggang hendak­

lah  kamu  bekerja dan menimbulkan  kreativitas-kreativitas  baru 

secara sungguh-sungguh dan kepada Allah kamu berharap.

    


 
Untunglah  hari Sabtu ini Fakultas Kedokteran  Unand,  dalam 

Rangka Dies Natalis yang ke 39  mengadakan acara simposium Geron­

tology,  simposium tentang orang tua-tua. Saya  terlibat  sebagai 

salah seorang pembicara yang membahas persoalan Klimakterium  dan 

menopause.

    


 
Salah seorang peserta memberi komentar dan bertanya,  bagai­

mana  usaha untuk memperlambat penuaan ovarium yang akan  memper­

lambat penuaan seseorang. Kemudian peserta itu berkomentar  bahwa 
 
393 Šsaya lucu dan bisa melucu. 

    


 
Memang  saya  senang melucu dan  membuat  orang  terpingkal-

pingkal,  karena itulah, makanya saya pernah di nobatkan  menjadi 

King  sewaktu  masa  plonco,  menyisihkan  lawan-lawan.  Diantara 

sekian ratus orang mahasiswa, saya berhasil jadi juara lucu. Maka 

mencarikan  suatu  anekdot atau satu kata yang lucu  dalam  acara 

yang serius bukanlah mudah, butuh pengalaman dan kebiasan. Paling 

sukar  memang dalam satu acara ilmiah yang memakai  banyak  kata-

kata asing, lalu menyelipkan kata-kata yangg bisa mengelitik  dan 

menghidupkan suasana sidang. Karena beberapa kali saya menghadiri 

sidang  ilmiah.  Kalau  si  pembicara  berbicara  istilah-istilah 

ilmiah melulu, sering mengundag ke capean dan ke bosanan,  sidang 

terasa kering dan hampa. Tapi kalau si pembicaranya bisa mencari­

kan  kata-kata yang populer dan menyelipkan anekdot,  terasa  si­

dang-sidang  itu bersemangat dan bergairah dan  pesertapun  mudah 

memahami  dan mengerti . Apalagi kalau pesertanya  bercampur-baur 

seperti hari itu ada dari kelompok geriatri, orang gaek-gaek, ada 

yang dari para medis dan ada beberapa orang umum. Maka mencarikan 

kata-kata  yang mudah di mengerti dan bisa di pahami  memang  tak 

mudah. 

    


 
Dan  salah satu usaha mencegah supaya ovarium  jangan  cepat 

tua  adalah dengan membuat sesuatu jadi jenaka dan  suasana  jadi 

gembira,  sehingga pembulah darah terbuka dan aliran  darah  jadi 

banyak, termasuk aliran darah yang ke ovarium. Ovarium yang bagus 

vaskularisasi dan baik sistem peredaran darahnya akan  menghasil­

kan ovarium yang sehat dan segar. Dan keadaan inipun bisa di pacu 

dengan  berolah raga dan menjauhi stress-stress dalam  kehidupan. 

Menjauhi  rasa-rasa curigi, menyingkirkan rasa dendam  dan  benci  
3p3[1] 
 
3q3[1] Šdan menghiangkan rasa marah yang bersemi.

    


 
Saya senang di katan lucu dan bisa melucu, supaya  hari-hari 

berlalu  dengan  penuh tawa dan kegembiraan.  Karena  disisa-sisa 

hidup ini, untuk apa lagi di bebabani dengan fikiran dan  persoa­

lan  yang berat dan rumit. Jadi kalau ada  kesempatan  bergembira 

sejenak di tengah keseriusan, sangat di butuhkan oleh tubuh dalam 

kehidupannya.  Membuat  orang  senang dan  tertawa  agaknya  juga 

ibadah  kalau  di niatkan untuk itu. Ketawa itu  sehat,  membikin 

orang ketawa adalah memambah kesehatan. Ketawa dan senyum  adalah 

bagaikan bumbu dalam sebuah masakkan, dia di perlukan agar  masa­

kan tak terasa hambar dan memuakkan. Dia bagaikan bunga yang akan 

menimbulkan  kesegaran dan membangkitkan semangat riang dan  gem­

bira bagi pendengarnya.

    


 
Untuk  itu  hari  sabtu yang saya  cemaskan  berlalu  dengan 

kekosongan  dan kehampaan, ternyata membuahkan hasil yang  sangat 

banyak dan menimbulkan hal-hal yang positif.

    


 
Saya berteima kasih sekali pada Pak Dekan Fakultas Kedokter­

an,  dimana  dalam  Rangka Dies Natalis  atau  memperingati  hari 

kelahiran  Fakultas  Kedokteran.  Hari Sabtu  ini  diadakan  satu 

Simposium  Tentang  orang-orang  tua. Dalam  simposium  itu  juga 

tersimpul,  menyenangi pekerjaan dan selalu bekerja  dan  berolah 

raga,  pasrah dalam mendekatkan diri pada Tuhan  akan  menghambat 

proses ketuaan dan proses kerapuhan tulang.

    


 
Saya senang dengan adanya libur hari Sabtu ini, sehingga  di 

hari  SAbtu  ini saya bisa berolah raga lebih lama. Dan  di  hari 

Sabtu ini pula saya dapat mengabulkan undangan banyak orang  yang 

meminta  saya  untuk  berceramah di  tempatnya.  KArena  biasanya 

banyak permintaan-permintaan untuk memberi ceramah, terpaksa saya  
3¨3[1] 
 
3©3[1] Štolak,  karena di hari kerja.
Di hari Sabtu ini pula  saya  dapat 

mengunjungi  sanak famili yang jarang bertemu. Di hari Sabtu  ini 

pula,  dapat  saya isi dengan berkumpul  dan bercanda  di  tengah 

anak  dan istri. Dan saya ingin hari Sabtu ini diisi dengan  hal-

hal yang postif untuk meminyaki dan memberi minyak kehidupan.

    


 
Libur di kantor bukan berarti libur bekerja, tapi  sebalikn­

ya,  sebagai  orang yang beragama Islam saya  ingat  bahwa;  ciri 

agama  kita ialah kita harus bekerja keras  dan  sungguh-sungguh, 

karena  semua  pekerjaan  adalah ibadah asal  di  niatkan  karena 

Allah,  maka mulailah dengan BISMILLAH dan apabila  selesai  satu 

pekerjaan ucapkanlah ALHAMDULILLAH supaya kita selalu berorienta­

si pada Allah. agar supaya yang menjadi pusat dan sentral kehidu­

pan kita itu adalah ALLAH S.W.T.

    


 
Manusia  dia mendapat semacam mandat untuk  memikul  jabatan 

sebagai  Khalifah.  Khalifah..  ialah orang  yang  berjalan  dari 

belakang, sebagai wali penganti atau sebagai duta Tuhan di  bumi. 

Untuk  mengerjakan  sesuatu yang apapun  di  kerjakan  sebetulnya 

karena Allah. Bismi itu artinya atas nama, jadi mengatas namakan. 

Pekerjaan  yang dikerjakan, adalah atas nama Allah,  yaitu  suatu 

pekerjaan  yang penuh tanggung jawab, kalau salah kita akan  mem­

pertanggung  jawabkannya.  Sebagaimana  seorang  Duta  besar  dan 

berkuasa  penuh.  Kalau tak menurut apa-apa yang  di  perintahkan 

Tuhan,  di tegur dan di pangil pulang, diminta pertanggung  jawab 

nya..

    


 
Dianjurkan  kita agar meniru sifat-sifat Tuhan  ,  pencipta, 

kerja keras...Ijtihad, kerja keras sungguh-sungguh dan surat alam 

nasrah  menjelaskan; bila kamu bertemu dengan waktu  lohong  atau 

waktu senggang, harus bekerja dan berkreatif.
3à3 Š
Dalam Qur'an,pernah terbaca; segala sesutu berubah kecuali ALLAH"

Kita   bergerak  dalam  perubahan,  perubahan  tapi  tetap   pada 

jalan_Nya yanglurus dan benar.

    


 
Memang  ada kekuatan menghambat pada setiap langkah  seseor­

ang,  bagaikan rem, seperti kebiasaan, adat istiadat, kultur  dan 

keadaan sosiologisnya  sehingga tidak mau berobah kearah  peruba­

han  yang baik, akibatnya kita ketinggalan. Karena tidak  mungkin 

Tuhan  merubah  satu  nasib bangsa, sebelum  bangsa  itu  merobah 

dirinya sendiri.

    


 
Perubahan  sistem  kerja, dan  kebingungan  menghadapi  hari 

Sabtu, ternyata bagi saya sangat menguntungkan. Dihari Sabtu  ini 

saya  bisa bekerja lebih banyak, saya bisa menulis lebih  santai. 

Dan  saya dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang  selama  ini 

saya  tinggalkan dan lupakan. Pokoknya Sabtu adalah  libur  masuk 

kantor, tapi bekerja di lapangan lain. Sehingga ada variasi kerja 

dan  waktupun terisi dengan sangat efektif dan  efisien.  Sorenya 

tetap  seperti  biasa, seperti dulu kerja terus dan  kerja  lagi, 

sehingga  setiap detik waktu kehidupan yang di berikan_Nya  dapat 

dipertanggung jawabkan di sisi_Nya kelak. "Waktu yang Aku berikan 

untuk apa saja engkau gunakan?"



    


 
Islam  selalu mendorng kemajuan, mendorong  kreativitas  dan 

efektivitas,  dan mendorong manusia untuk  tidak  bermalas-malas, 

dan menghargai setiap detik waktu kehidupan yang diberikan Allah. 

Sebagimana kita di seru_Nya agar dalam setiap detik waktu yang di 

beriNya  kita  merasakan kehadiran-Nya, agar  setiap  kerja  kita 

menjadi Amal Saleh disisi_Nya, Amin, Amin.
 
33
Š
    


 
Untuk  semua itu saya teringat akan sebuah  Firman  suci_Nya 

dalam  Al_Qur'an surat Alam NAsjrah ayat 7-8 :

"Maka  apabila  kamu telah selesai, kerjakanlah  dengan  sungguh-

sungguh  yang  lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah  hendaknya  kamu 

beharap".



P a d a n g  Sabtu  3 September 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar