Jumat, 15 November 2013

RING STOCK



Oleh : Dr.H.K.Suheimi

Hari  ini saya pandang lagi Ring stock itu, Ring stock  yang 

dulu  saya gemari, saya senangi, karena saya dapat bergayut  dia­

tasnya bagaikan kera, dapat berputar-putar bagaikan pemain sirkus

mengantungkan  tangan dan menghayunkan badan  sekuat-kuatnya  se­

hingga  semua badan itu terputar-putar diatas ring stock.  Tempo-

tempo  saya  selipkan Ring stock itu diantara kedua  betis,  lalu

saya  mengantung  dengan kepala kebawah,  dan  ketika  mengantung

dengan kaki diatas, kepala di bawah lalu saya angkat barbel  atau

besi  yang  cukup  berat, dengan cara begitu  saya  melatih  otot

betis, otot bahu, lengan dan otot perut, serta melatih keseimban­

gan dengan posisi berjungkil balik. Tidak jarang saya tahan berat

badan  ini  dengan  meletakkan kedua ujung jari  kaki  pada  Ring

stock,  lalu kepala kebawah, berulang-ulang itu  dilakukan  untuk

melaltih  jari-jari  kaki  agar bisa menahan  berat  badan  dalam

posisi  terbalik. Tapi itu dulu, ketika saya duduk kelas III  SMP

dan SMA. Waktu itu badan masih ringan, berat baru 49 kg. Kaki dan

tangan masih kokoh, sehingga kemampuan berbalik-balik dan  berpu­

tar-putar  diatas Ring ini sering di pertandingkan sesama  kawan.

Alhamdulillah beberapa kali saya dapat mengungguli lawan. Dulu...

30          tahun  yang lalu, saya gemar berolah raga,  membentuk  tubuh,

mengikuti  petunjuk  buku  Body Building  dengan  gambar  bintang

pujaan  yang saya kagumi Steve Reeves yang sering berperan  dalam

flim  Hercules. Tapi itu hanya sampai saya SMA. Begitu  menginjak

perguruan  tinggi semua fitness dan body building itu tak  pernah

saya  sentuh lagi, sehingga badan inipun menjadi  gemuk,  dimana-

mana  tumbuh jaringan lemak, badanpun menjadi berat  tak  keruan,

bentukpun bertambah jelek, tidak segagah ketika masih di SMA.

Nah hari ini di tempat fitness di GOR IKIP saya disuruh oleh 

pelatih  Nasrul untuk bermain kembali diatas Ring stock.  Sungguh

mati  saya  tak bisa seperti dulu lagi, badan ini  sudah  lamban,

gerakkannya  tidak gesit lagi. Saya coba bergayut memegang  Ring,

tapi  saya ndak kuat mengangkat badan. Saya coba menaikkan  kaki,

tapi  pinggul terasa berat, sehingga perlu di tolong.  Saya  coba

menjepit  Ring dengan kedua betis, tapi kedua betis  saya  terasa

sakit dan ngilu. Padahal dulu semua itu kesenangan dan kebiasaan,

bahkan  saya lebih tangguh di bandingkan teman-teman.  Tapi  kini

semua  itu telah hilang di makan waktu, dimakan usia. Nafas  saya

terasa  tersenggal-senggal  sewaktu oleh pelatih di  beri  beban,

yang diwaktu saya muda dulu beban sebegitu, enteng rasanya. 

Saya  tatap ring itu dan saya kenang masa lalu nan tak  mung 

kin kembali lagi. Padahal kalau dari dulu saya tidak menghentikan

latihan  demi  latihan, kalau dulu saya  selalu  menggunakan  dan

memanfaatkan ring yang ada di belakang rumah, agaknya sampai hari

ini  kepandaian itu tak banayak menyusut. Tapi  karena  kemalasan

dan  karena kelalaian, akibatnay sekarang saya jauh  melorot  dan

merosot,  sehingga  ketinggalan jauh.

Latihan  demi latihanlah yang menyebabkan kita  selalu  fits 

dan  lama layunya. Cuma kemalasan merontokkan semuanya,  membikin

layu, lesu dan kehilangan energi.

Dalam hidup latihan sangat di perlukan, orang yang  terlatih 

akan  meraih jadi sang juara. Terlatih bertinju akan  jadi  juara

tinju, terlatih berlari akan jadi juara lari, terlatih malas akan

jadi  juara  pemalas, terlatih memberi akan jadi  orang  pemurah,

sedangkan  terlatih menadahkan tangan akan jadi  juara  pengemis.

Terlatih berbuat jahat akan jadi penjahat. Terlatih berbuat  baik

akan  menerima  pahala yang berlipat ganda.  Terlatih  menunaikan

Shalat akan jadi juara Shalat. Terlatih beribadah akan jadi juara

dan akan merebut tempat di syorga. Tak lain dan tak bukan latihan

sekali  lagi latihan. Lalu saya merenung saya jadi begini  karena

kurang  latihan dan sudah lama meninggalkan ring stock,  sehingga

menjadi orang yang kalah, tidak kuat lagi. Untuk itu saya meminta

kepada  pelatih  saya Nasrul agar saya di  beri  latihan  kembali

diatas Ring stock dalam pengawasannya.

Saya  teringat akan pesan Tuhan  yang selalu  menyuruh  kita 

berlatih  dan  bekerja setiap detik dan setiap waktu.  Untuk  itu

marilah kita petik satu Fiman suci_Nya dalam surat At Taubah ayat

105 :"Dan katakanlah :"Bekerjalah kamu, maka Allah dan  Rasul_Nya

serta  orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan  kamu

akan  di kembalikan kepada (Allah) yang Megetahui yang ghaib  dan

yang nyata, lalu di beritakan_Nya kepada kamu apa yang telah kamu

kerjakan".

P a d a n g  5 Mai 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar