Kamis, 07 November 2013

PERAN SUAMI ISTRI UNTUK MENDAPATKAN ANAK YANG BERKUALITAS



Oleh : Dr.H.K.Suheimi

     Surat  undangan itu berwarna hijau kumbang jati,  bagus  dan rapi. Saya suka warna itu. Ditulis dengan huruf kuning emas, kontras sekali dengan warna undangan itu. Saya senang melihat kombinasinya  dan  saya sigi setiap kata yang  terungkap  dalam  surat undangan  itu.  Dan saya tertarik akan kalimat  yang  tertera  di sampulnya.  Surat  Ar  Rum ayat 21 :  "Dan  diantara  tanda-tanda  kebesaran  Allah, ialah Dia menciptakan untukmu jodoh dari  jenis kamu.  agar kamu menemukan ketentraman (dan  cendrung)  kepadanya dan Ia membuat diantara kamu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya  pada  yang  demikian benar-benar terdapat tanda  bukti  kekuasaan Allah bagi kaum yang mau berfikir".
      Allahlah  yang menciptakan jodoh untuk kita.  Allahlah  yang telah  memilihkan untuk kita istri dan suami kita. Allahlah  Yang Maha  Tahu  dan tahu persis bahwa pilihanNya itulah  yang  paling cocok untuk kita. Dialah yang mengatur bahwa dengan pasangan  itu kita akan merasakan sakinah, yaitu dengan bersamanya  menimbulkan hati  yang  penuh kedamaian, fikiran yang penuh  ketentraman  dan perasaan  yang  penuh ketenangan. Bukankah bahagia  itu  terletak pada  hati  yang damai, fikiran yang tentram  dan  perasaan  yang tenang?.  Dan semua itu akan di peroleh bersama istri atau  suami yang telah dipilihkan Allah untuk kita.
      Jangan sampai terlintas dalam hati, dan terangan-angan dalam fikiran, bahwa "saya salah pilih, yang cocok untukku adalah teman kencan sekantor". Semua itu adalah bisikkan syetan.
      Lalu  saya merenung, Pilihan Allah berarti itulah yang  terbaik untuk kita. Menghormati Pilihan Allah berarti kita  menghormati  Allah.  Menghargai pilihan Allah  berarti  kita  menghargai Allah.  Menyayangi pilihan Allah berarti kita  menyayangi  Allah. Berbuat baik pada pilhan Allah dalam arti berbuat baik pada Allah itu sendiri.
      Tentu  sebaliknyapun  demikian.  Melecehkan  pilihan   Allah bisa=bisa  berarti  melecehkan si pemberi itu  sendiri  dan  bisa berakibat  kita di lecehkan oleh Allah. Menyakiti  pilihan  Allah bisa-bisa  nanti  kita disakiti pula oleh Allah  dengan  berbagai cara dan jalan.
      Makanya beramal saleh atau melakukan pekerjaan yang  bermanfaat  untuk  pilihan Allah itu adalah ibadah. Tentu  jangan  lupa memasang  niat.  Sambil melayani suami atau  istri  dalam  rangka mengabdi  dan beribadah pada_Nya, maka pahalanya  amatlah  besar. Demikianlah  setiap  tindakan dan perbuatan  bagi  pasangan  kita adalah berbuah ibadah dan dapat insentif atau pahala  disisi_Nya. Orang  yang  dapat  pahala ini akan bergelar  pahlawan.  Maka  ia adalah  pahlawan dalam keluarganya, dia mencari pahala  ditengah-tengah  keluarganya dengan berbuat baik untuk pasangan dan  anak-anaknya.  Tinggal lagi memasang niat. Kerna banyak pasangan  yang terlupa  setiap kali bekerja, dianggap kerja rutin saja  sehingga lupa memamsang niat.
      Lalu anjuran agama, ialah setiap memulai pekerjaan, awalilah dengan  baca  Bismilahirahmanirahim. Atas nama  Allah  yang  Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dengan nama Allah kita menebar  rasa kasih  dan  sayang. 
      Makanya dalam pernikahan, nikah artinya menghimpun, menghimpun  pasangan  suami istri. Himpunan ini di kokohkan  dalam  satu ikatan yang disebut dengan akad nikah. Ikatan ini di simpul  erat dengan  kalimat-kalimat Allah. Sehingga jadilah  perkawinan  yang kokoh itu atas dasar Allah. Kita mengawinninya karena Allah, "dia adalah  pilihan  Allah  untukku". Inilah  dasar  perkawinan  yang sangat  kokoh yang tak akan lapuk oleh hujan dan tak akan  lekang oleh panas. Lalu di perintahkan pada pasangan ini sewaktu  menjalin cinta dan hubungan suami istri menyebut nama Allah dan mengikut  sertakan Allah dalam perbuatan itu agar anak  yang  terlahir kelak adalah anak yang penuh berkah_Nya. Dianjurkan sekali sewaktu  akan  melakukan  hubungan suami  istri  membaca  :"Bismillahi Allahumma  Jannibni wa jannibi Syaitana 'ala  maarazaktana"  Atas nama  Allah, Ya Allah jauhkanlah aku dari gangguan  syaitan  atas rezki  yang  engkau berikan pada kami". Sehingga  amal  melakukan hubungan suami istri terjauh dari perbuatan syetan.
      Guru saya berkata :"Perbuatan  mengiris bawang dalam  rangka melayani  suami  dengan  niat karena Allah akan  di  beri  pahala disisi_Nya,  tapi jangan lupa memasang niat dan baca  Bismillah". Apalagi perbuatan=perbuatan yang lain.
      Maka  pesan  Rasul  :"Muslim yang baik  adalah  mereka  yang berbuat baik dan penuh pengertian pada istrinya".
      Saya balik-balik juga undangan itu, dan hampir dalam  setiap undangan  di  petikkan surat Ar Rum Ayat 21. tapi baru  kali  ini saya perhatikan dan renungkan makna dan isinya.
      Tak  sedikit  orang yang coba-coba berganti  pasangan,  tapi akhirnya selalu mengenang dan berkata bahwa pasangan yang  paling cocok  untuk saya itu adalah yang pertama, karena itulah  pilihan Allah untuknya.


PERJALANAN AWAL KEHIDUPAN

Saat Kehidupan Bermula

      Meski hanya sebagian kecil yang mampu mencapai garis finish, sekitar  250 juta sperma mulai melakukan perjalanan sejauh 5 -  7 inci dari vagina ke rahim. Lalu, dilanjutkan ke saluran telur  di mana  setiap bulannya sebuah telur siap  menunggu  kedatangannya. Sperma  berusaha  menerobos lautan lendir di leher  rahim.  Hanya sedikir  yang berhasil melewati saluran yang besarnya  tak  lebih dari sehelai rambut itu.

Setelah 2 Jam

      Bagai planet yang melewat di angkasa luar, sebuah ovum  atau telur  wanita meluncur dari salah satu ovum atau indung telur  ke saluran  telur. Di sinilah ia tetap subur selama 24 jam dan  siap untuk  dibuahi.  Lingkaran  bercahaya yang  mengitari  sel  telur adalah zat-zat gizi yagn berfungsi memberi makanan pada telur.
Ratusan  atau lebih sperma yang berhasil lolos ke saluran  reproduksi,  sibuk berkeliaran di luar sel gizi dan  berupaya  mencari jalan masuk ke dalam telur. Selama beberapa waktu, sel-sel sperma ini  mulai memukul-mukulkan ekornya sambil mondar-mandir  mencari jalan masuk.
      Akhirnya,  hanya  satu sel sperma yang  berhasil  menerobos. Begitu  sperma masuk, lubang telur akan menutup diri  rapat-rapat sehingga  tidak ada lagi sperma yang dapat masuk. Setelah  kepala sperma meleset ke dinding telur, ekornya akan melepaskan diri.

Setelah 20 Jam

      Setelah  kepala sperma masuk ke dalam telur, terbentuklah  2 gelembung  kecil berisi kromosom. Satu dari wanita, lainnya  dari laki-laki. Sel yang disebut nukleus itu telah bertemu dan  bergabung. Hasilnya, nukleus tunggal yang membentuk blueprint keseluruhan janin yang akan di bentuk. Suatu gambaran genetik yang kelak menentukan,  apakah calon manusia akan dilahirkan berhidung  mancung  atau pesek, dan sebagainya serta jenis-jenis penyakit  yang kelak diwarisinya.
      Sekitar  12 jam kemudian, sel memulai  pengembaraannya  yang menakjubkan  selama  9 bulan berikutnya. Dalam waktu 10  atau  12 jam,  sel  mulai melakukan pembelahan diri,  menumbuhkan  sel-sel baru yang kelak akan membentuk berbagai organ janin. Sel-sel  itu mulai bergerak perlahan, turun dari saluran telur, menuju  tempat yang baru, yaitu rahim.

Setelah 4 Hari

      Sel-sel yagn terbentuk dari telur dan sperma atau  balstosit telah  mengelinding ke dalam rahim. Ia dikelilingi  oleh  bungkus pelindung  transparan,  yang  memungkinkan  merasa  nyaman  untuk melewati masa 39 minggu berikutnya.

Setelah 8 Hari

      Blastosit telah mendarat di rahim. Bagai modul ruang  angkasa,  embrio telah melengkapi pendaratannya yang  menakjubkan.  Di sini, ia mulai memproduksi suatu hormon yang memberi sinyal  pada ovarium  untuk  membuat  hormon lain  yang  disebut  progesteron. Hormon  progesteron ini memberi pesan pada kelenjar pituitari  di otak  bahwa  si  wanita sudah hamil dam  menstruasi  tidak  boleh terjadi. Pada waktu yang sama, blastosit kini telah terdiri  dari beberapa ratus sel.



Setelah 8 Minggu

      Pada  usia  sekitar 60 hari, embrio  yang  memiliki  panjang sekitar  1,5  inci  dan berat kurang dari 0,5  ons,  telah  mulai membentuk  organ-organ di tempatnya masing-masing.  Dalam  bulan-bulan awal ini, embrio telah mengalami pertumbuhan yang menakjubkan.
      Hanya sekitar 5 minggu setelah embrio terbentuk, tahap  awal pembentukan  otak sudah dimulai. Sel-sel luar  yang  mengelilingi embrio  membentuk  diri menjadi susunan syaraf  awal.  Sedang  di dalam  embrio,  sel-sel mulai berkembang  menjadi  tulang-tulang, otot dan pembuluh darah. Suatu saluran usus mulai terbentuk.
      Setelah  setengah  minggu  kemudian,  bentuk  embrio  tampak seperti  seekor binatang purba, yagn kelak menjadi  manusia  pada saatnya.  Jantung pun mulai terbentuk pula. Demikian pula,  mata. Ekor  yang mirip milik binatang prasejarah akan menghilang  dalam beberapa minggu kemudian dan sebagain membentuk tulang belakang.
      Enam minggu setelah pembuahan, tangan dan kaki masih  tampak pendek  bagai  sirip dan perlahan akan  tumbuh  dengan  sempurna. Bulatan  merah  di bagian dada janin adalah jantung  yang  tengah membentuk diri. Pada saat itu, ia berdetak sebanyak 15 kali/menit atau  2  kali lebih cepat daripada detak  jantung  ibunya.  Belum tampak  tulang-tulang di kepala sehingga otak terlihat  telanjang di atas mata.
      Embrio  pun  telah  memiliki peredaran  darah  sendiri  yang terpisah dari ibunya. Namun, plsenta merupakan saluran makan dari ibu dan sekaligus untuk membuang kotoran janin dari situ.

Mata

      Mata berkembang perlahan-lahan dan melekat di depan otak. Ia merupakan  organ  yang paling mudah  dikenali  dalam  pembentukan embrio. Pada usia embrio 5 minggu, kelopak kecil mulai  terlihat. Dua minggu berikutnya, lensa terbentuk. Demikian pula, kornea dan iris.  Delapan minggu berikutnya, kulit mulai tampak dan  melipat membentuk  kelopak.  Pada usia 13 minggu, mata  sudah  berkembang baik  dan kelopak mata sudah menutup. Kelopak mata tetap  menutup sampai  janin  berusia  sekitar 7 bulan. Selama  itu,  mata  jadi sangat  peka  terhadap sinar. Bila  dokter  meneropong  kandungan lewat  fetoskop, janin akan berusaha melindungi mata dengan  tangannya.

Tangan

      Seperti  layaknya mata, pembentukan tangan pun  sudah  dapat dikenali  dalam  minggu-minggu pertama pertumbuhan  janin.  Dalam usia  5 minggu, sebuah kuncup mirip sirip ikan tumbuh dari  tubuh janin.  Dua  minggu berikutnya tangan itu  berkembang  menyerupai selaput  jari  bebek. Minggu ke-17, kuku-kuku  mulai  tumbuh  dan lengan  mulai  memanjang. Demikian pula, kaki  semakin  membentuk proporsi yang semakin sempurna. Pada bulan ke-3 atau ke-4, tangan janin  sudah mampu memukul-mukul dan kaki membuat tendangan  yang dapat dirasakannya.


Setelah 7 Minggu

      Pembentukan sel-sel otak merupakan karya yang paling  menakjubkan  dibanding pembentukan organ-organ  manapun.  Keajaibannya mencakup susunan-susunan sel yang sedemikian rupa sehingga  dapat membedakan  manusia  dengan binatang berupa  kelebihan  akal  dan pikiran.
      Pada  tahap  itu, lebih dari 100 ribu  sel-sel  syaraf  baru terbentuk  dalam setiap menit. Cuping-cuping otak besar, di  mana kemudian  akal dan pikiran terbentuk, terlihat berkilat di  belakang kulit dahi.
      Hampir  tiap  hari saya menyaksikan  keluarga-keluarga  yang sedang  menunggu, mengharap dan menanti kelahiran.  Siang,  malam mereka  harap-harap cemas menunggu lahirnya sang  bayi  tercinta. Dengan  harapan setinggi gunung agar anak yang lahir adalah  anak yang saleh, anak yang pintar anak yang sehat yang akan menyambung keturunan  kelak.  Untuk mendapatkan apa yang di citakan  dan  di inginkan  itu  sebetulnya harus di program, harus  di  rencanakan  bukan  hanya dengan penuh doa dan harap saja pada  saat  menunggu kelahiran  tapi  telah di rancang sejak awal  sekali,  sebetulnya sudah  di  mulai  sejak saat pembuahan, sejak  saat  suami  istri melakukan hubungan yang petama, dengan doa agar dari hubungan itu akan melahirkan seorang anak yang saleh, sehat, pintar pembangkit batang  terandam.
      Banyak penelitian yang mengungkapkan, bagaimana suasana  dan keadaan  ibu waktu hamil akan memberi warna pada  kehidupan  anak masa depan. Maka persiapan memprogram dan membina anak sebetulnya sudah di mulai jauh sebelum detik-detik kelahirannya.
      Ada  3  hal sebetulnya yang perlu disiapkan.  Pertama  sehat fisik dengan gizi yang baik dan vitamin serta mineral yang cukup  dan mematuhi peraturan-peraturan kesehatan dan memeriksakan  diri pada  dokter  yang teratur. Kedua sehat mental. Penuh  kasih  dan sayang  serta kesabaran, ke imanan dan ungkapan rasa  sayang  itu antara  suami istri dan pada anak yang dalam kandungan.  Yang  ke tiga adalah sehat sosial, sehat dalam berhubngan dengan  masyarakat  keliling,rasa  butuhkan dan  puas  dengan  kegiatan-kegiatan sosial.
      Jadi  bagaimana  susana yang dialami ibu  waktu  hamil  akan banyak berpengaruh pada anak yang di kandungnya. Si ibu dan bapak yang rajin membaca dalam hamilnya akan melahirkan anak yang  juga akan  rajin dan senang membaca. Makanan yang halal dan Baik  yang di makan si ibu akan membentuk watak dan pribadi  yang baik  pada si anak. Bisikkan-bisikan yang di berikan dan diperdengarkan pada anak dalam kandungan akan banyak mepengaruhi aktifitas anak itu . Makanya  bapak yang cinta pada anak dan mendidik anak dalam  kandungan dengan jalan membelai-belai perut istri atau mencium perut itu  seakan-akan dia sdang mencium anak dalam  kandungan,  sambil membisikkan  kata-kata pada bayi dalam kandungan.  Makanya  salah satu ajaran agama kita adalah agar si  ibu hamil dalam  kehamilan nya  di anjurkan banyak baca Al_qur'an terutama surat  Yusuf  dan surat  Maryam  dengan harapan agar jika yang  terlahir  laki-laki akan  sepintar  sehebat dan segagah nabi Yusuf dan  jika  anaknya lahir perempuan akan secantik siti Maryam , sebaik dan se beriman siti Maryam. Ajaran-ajaran ini sangat baik dan sangat perlu dalam mempersiapkan  watak  dan  pribadi anak yang  akan  di  lahirkan. Karena banyak hasil penelitian yang mengungkapkan,  bisikan-bisikan halus dan lagu-lagu lembut yang di perdengarkan pada perut si ibu akan menina bobokkan anak di dalam perut menyeyakkan tidurnya dan  membentuk  wataks serta kepintaran si bayi.  Makanya  banyak orang mengajarkan kepintaran da pembentukkan ke pribadian  dengan membaca,  berfikir bergerak dan olah raga serta membacakan  ayat-ayat suci.
      Hubungan  antara  jiwa si ibu dan  anak  yang  dikandungnya, terlihat pada suatu peristiwa nyata. Satu kali seorang ibu  dalam hamil  3  bulan membawa anaknya yang berusia 5  tahun  ke  sebuah pesta  ulang tahun. Di pesta itu ada balon-balon, dan si ibu yang biasa merokok dengan iseng menyudut api rokoknya ke balon.  Balon pecah  dan  menyembur  muka anak. Rupanya balon  itu  berisi  gas helium. Malapetakapun terjadi, muka anaknya yang berumur 5  tahun itu terbakar, anak  itu cacat. Si ibu tak bisa memaafkan  kesalahan  dirinya  yang  menyulut balon dengan  rokoknya.  Dia  merasa bersalah,  dia merasa berdosa, dia memekik dan berteriak.  Karena kesalahanyalah  maka  anak kesayangannya jadi begitu.  Karena  ke cerobohannya anaknya jadi cacat. Disesalinya dirinya, di sesaliya keadaannya  dan di sesalinya semua. Tapi akibat yang lain  adalah anak yang sedang dikandungnya, setelah lahir mengalami  kemunduruan  dalam segala bidang. terhambat cara berfikir,  mundur  dalam perkembangan  fisik dan mundur dalam perkembangan mental.  Karena selama hamil si ibu dapat trauma yang demikian hebat.
      Agaknya  banyak contoh-contoh yang menyatakan  bahwa  keadan kejiwaan  si  ibu  berpengaruh dalam perkembangan  anak  yang  di kandungnya.  Seperti anak yang tak di harapkan ke lahirannya,  Di tolak sejak pertama dia ada dalam rahim. Ditimbulkan rasa  kebencian  dan  kesangsian akan  kehadirannya.  Dengan  bermacam-macam alasan  ingin  di campakakan dan di buang. Jika  kelak  anak  ini besar diapun akan mengadakan rejection atau penolakan akan  kehadiran  ibu  atau  bapaknya. Sebagaiaman ibu  bapak  juga  menolak kehadirannya  sewaktu dalam kandungan. Terjadilah  konflik  orang tua dan anak. Timbulah broken home yang menyebabkan rumah  serasa neraka.
      Begitupun  jika  dalam kehamilan  terjadi  pertengkaran  dan perkelahian  serta  curiga yang dalam antara ibu dan  bapak.  Ini akan  melahirkan  anak yang juga suka bertengkar  dan  berkelahi. Bagaimana  ibu dan bapak begitu pulalah anak yang akan  terlahir. Air  cucuran jatuhnya ke pelimbahan ungkap pepatah kita.  Makanya agama  dengan  keras tidak membenarkan  menceraikan  istri  dalam hamil. Artinya tidak membenarkan pelecehan dan tak ada  perhatian pada  istri  yang lagi ngidam.
      Pada  saat  istri hamil, saat itu pulalah  ada  ibadah  yang sangat  baik.  yaitu dengan berbuat baik pada  istri,  memberikan pelayanan yang sebaiknya pada dia. Agar dia sehat Jasmani,  sehat rohani  dan  sehat sosial. Berarti sang  suami  beribadah  dengan memberikan  perhatian  yang  penuh pada istri  yang  lagi  hamil. Berarti sekali gus pada anak yang sedang dalam kandungan.  Jangan hanya resah dan gelisah saat menunggu detik-deti kelahiran,  tapi harus di mulai sejak anak itu direncanakan akan dibuat.
      Syorga  di bawah telapak kaki ibu, artinya  ibu  bertanggung jawab  memasukkan anaknya ke dalam syorga dengan membuat  program dan  merencanakna  serta membentangkan jalan ke syorga  ini.  Dan betapa  indahnya  bila  yang membentangkan jalan  ke  syorga  ini adalah ibu beserta ayah. Ayah memberi peluang dan membuka  kesempatan yang seluas-liasnya serta mencarikan altenatif serta petunjuk  jalan-jalan menuju syorga. Bukankah syorga di bawah  telapak kaki  ibu dan ibu di bawah ayah?. "Ar Rijalun Kawaamun  'Ala  Nisaa'. Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita. Memimpin dan  membibimbing  agar istri atau kaum ibu di beri peluang dan di  bukakan jalan agar mereka mudah masuk syorga, sehingga anak cucupun  enak mengikutinya. Makanya selalu kita ingat pesan Allah. "Peliharalah dirimu dan leluargamu dari siksaan api neraka".
      Setiap  kali  saya menolong kelahiran selalu  saya  ajak  si bapak untuk ikut serta menyaksikan kelahiran anaknya dan mengajak ibu bapak berdoa agar proses kelahiran berjalan lancar dan  mudah sehingga  bayi dapat lahir dengan normal. Karena  kelahiran  yang terbaik itu adalah kelahiran yang normal. Si bapak ikut merasakan peristiwa besar dalam kelahiran anaknya, sehinga kasih dan sayang pada anak istrinya makin terjalin dan bertambah kokoh. Dan begitu kepala anak lahir, nampak telinganya , Selalu saya bisikkan Kata-kata  "Allahu akbar". Kita bisikan kata ini lebih dahulu  sebelum sang  anak  mendengar  kalimat yang  lain.Dengan  harapan  semoga Allahu  akbar  ini  akan jadi pendorong  anak  dalam  mengharungi kehidupanya.  Semoga kata Allahu akbar ini akan  bergema  sewaktu dia  tergoda  atau di ajak melakukan perbuatan  maksiat.  Sehinga Allahu Akbar menjadi rem yang pakam agar si anak dan bapak  serta ibu yang melahirkan, akan selamat, kalau dia tergoda oleh  godaan yang  sangat  banyak di dunia yang fana ini,. Dan  saya  jelaskan pada  ibu  bapak bahwa melahirkan itu adalah  ibadah,  maka  mari mendekat pada_Nya semoga Dia meredhai hamba_Nya. Biasanya  persalinan  berlangsung normal dan penuh dengan jalinan  kasih  sayang ibu ayah dan anak. Betapa harunya sewaktu sang bapak dengan suara yang  tergetar  membisikkan  kaliamt azan dan  Qamat  ke  telinga anaknya.
Untuksemua  itu saya teringat akan sebuah Firman  Suci_Nya  dalam A;-Qur'an surat surat At Tahrim ayat 6 :
      Hai  orang yang beriman, peliharalah  dirimu dan  keluargamu dari  api  neraka yang bahan bakarnya adalah  manusia  dan  batu; penjaganya  Malaikat-Malaikat yang kasar, yang keras, yang  tidak mendurhakai  Allah terhadap apa yang  di  perintahkan-Nya  kepada mereka dan selalu mengerjakan apa  yang di perintahkan",


Nasehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar