Jumat, 15 November 2013

TAnya Jawab dengan Prof dr HK Suheimi



1. IDAP ENDOMETRIOSIS
Lima tahun nikah, tak kunjung hamil ?

Dok, saya sudah lima tahun menikah, tapi belum punya anak. Setiap kali haid selalu merasa nyeri, begitupun saat berhubungan. Waktu diperiksakan ke dokter, saya dikatakan mengidap endometriosis. Saya ingin tahu apa penyakit yang saya idap dan apa langkah yang harus saya jalani. Saya merindukan dan mengharapkan hadirnya bayi mungil. Atas perhatian pak dokter saya aturkan terima kasih.
       Ny. Hermawati (28) – B. Tinggi

Jawab :
Ny. Hermawati yang merindukan kehadiran buah hati. Endometriosis adalah terdapat jaringan endometrium di luar cavumuteri. Bersifat jinak, infiltratif terhadap jaringan sekitarnya yang dipengaruhi hormon ovarium. Banyak teori menerangkan endometriosis. Teori Inplantasi & regurgitasi Sampson, salah satunya menerangkan tentang adanya regurgutasi darah haid. Darah haid yang masuk ke rongga panggul ini tertanam dan tumbuh. Ada teori hormonal dan teori radang menyatakan tentang adanya penyebaran melalui system lunife dan melalui pembuluh darah. Kondisi ini sering terjadi pada pasien yang sudah di kuret atau mengalami operasi.
Gejala dan tanda dari endometriosis sangan bervariasi. Diantaranya, sering dismenorea (nyeri haid), infertilitas (mandul), disparenia (nyeri waktu bersenggama). Kadang-kadang berdarah waktu buang air besar dan buang air kecil.
Pemeriksaan bisa dengan bimanual dan bisa langsung dengan alat laparoskopi (pemeriksaan langsung). Saat ini, cara yang paling popular. Untuk pengobatan secara konservatif dengan mempertahankan fae reproduksi.
Biasanya kalau hamil endometriosisnya sembuh, kalau tak kunjung hamil dapat dengan pengobatan hormonal dan pengobatan operasi. Bagaimana cara-caranya dapat konsul dengan dokter ahli kebidanan dan penyakit kandungan. *****


2. BAGAIMANA DENGAN LUKA BAKAR


Pak Suheimi, beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan di rumah kami. Ketika ibu sedang mengangkat air panas, ada adik saya, tersenggol dan terkena tumpahan air. Memang luka bakarnya telah dirawat. Hanya saja dirawat, ada yang lengket diketiaknya sehingga adik saya tidak bisa mengangkat tangan akibat bekas luka diketiak itu merekat. Kemana kami harus mengobati adik saya, apakah dengan bedah kosmetik atau bedah plastik ?

                                                                                          Nita (20) Padang panjang

Jawab :
Nita sebelum menentukan cara yang tepat untuk kesembuhan adik anda, kita perlu ketahui tentang apa sebenarnya bedah plastik dan bedah komestik. Kedua jenis metode ini hampir sama. Meskipun berbeda, batasan kedua ilmu satu rumpun ini tidak tegas.
Yang membedakannya, bedah kosmetik tak lagi mengurus cacat tubuh, melainkan dambaan orang, khususnya wanita akan kecantikan. Kemajuan yang dicapai ilmu bedah dimanfaatkan dan diarahkan untuk memburu kecantikan. Bedah kosmetik memang lebih popular dan diminati orang. Bedah kosmetik itu pada hakikatnya bedah plastik juga.
Hampir semua bagian tubuh, khususnya wajah bisa dibenahi dengan bedah komestik lewat pemindahan jaringan, pengencangan kulit, pembuangan lemak ataupun rekontruksi tulang. Misalnya membenahi mata yang sipit sehingga tampak lebih terbuka. Bedah kosmetik yang banyak peminatnya dikalangan wanita setengah baya adalah mengencangkan kembali kulit wajah (pada bagian kening, pipi maupun leher).
Adapun cara yang paling lazim untuk menghilangkan pelekatan dan tangan bisa bergerak leluasa adalah dengan pencangkokan kulit. Sesayat kulit diambil biasanya dari paha dan ditranspalasikan pada bagian tubuh yang cedera atau cacat. Untuk mengatasi gangguan dan kelainan yang diderita adik anda, semakin cepat dioperasi semakin baik, sehingga kekakuan dan kebiasaan gerak yang salah tak terjadi, apalagi anak sedang aktif. Karena keluarga anda berdomisili di Padang panjang, tidak ada salahnya jika adik anda dibawa ke Padang, kita doakan. Kiranya anak-anak dapat sembuh seperti semula.  *****


3. PENDIDIKAN SEKS REMAJA

Pak suheimi, selaku orang tua saya benar-benar bingung mendidik anak saya yang sudah remaja. Terasa sekali bedanya anak remaja sekarang beda dengan remaja dulu. Begitu pula dengan persoalan seks remaja. Bisakah bapak memberikan input untuk saya ?
                                                                                     
Mimi Panaman (34) Pasaman
Jawab :
Ny. Mimi benar. Dewasa ini, memang begitu kompleks permasalahan tentang remaja yang mau tidak mau juga menjadi masalah orang tua. Dan ini membutuhkan pendekatan yang terpadu, mendasar dan menyeluruh melibatkan semua komponen yang terkait. Salah satunya yaitu masalh seks. Cara yang dapat dikemukakan sebagai upaya pencegahan, misalnya melalui pendidikan seks.
Pendidikan seksualitas yang prinsipnya diberikan sedini mungkin oleh tenaga-tenaga yang memenuhi syarat disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dan diharapkan telah selesai sebelum anak menginjak usia remaja. Ini bertujuan supaya mereka dapat menjaga diri serta mengerti benar risiko dan bahayanya bila tidak dapat mengendalikan dirinya. dari merekapun bisa diharapkan prilaku seksual yang bertanggung jawab.
Saya menyaran, pendekatan lain yang bisa diberikan pada anak anda yang remaja adalah aktivitas. Menyibukkan remaja dengan pelbagai kegiatan kepemudaan intra maupun ekstrakurikuler seperti olah raga, kewiraan, kepanduan, karang taruna, aktivitas sosial dalam masyarakat sekitarnya atau penyelenggaraan pelbagai kursus yang kreatif dan inovatif.
Kesehatan jiwa remaja perlu dibina dan ditangani agar mereka selamat dari ekses-ekses yang menggambarkan labilitas emosional yang mengakibatkan penyimpangan prilaku yang tak baik, seperti kenakalan remaja. Perlu pula dipahami psikologi remaja. Kalau dihadapi orang per orang, mereka akan takut karena merasa lemah. Akan tetapi kalau mereka sudah bergerombol, tidak ada yang mereka takuti.
Dengan mengetahui psikologi inilah, bina kemampuan mereka dalam mengendalikan diri. Mereka pun akan bisa menjadi pribadi yang mampu menyesuaikan diri dengan masyarakat (lingkungannya) sekaligus mampu mengatasi permasalahan dirinya.*****

4. MAAG DIOBATI TAK MAU HENGKANG


Salam pak Suheimi yang terhormat, Penyakit yang saya idap sekarang adalah penyakit maag. Sering berobat, sering kambuh lagi. Kadang-kadang saya jadi jenuh, setiap kali berobat, obatnya itu juga, penyakit ini tak kunjung hengkang. Mohon penjelasan pak dokter, apa yang sebaiknya saya lakukan.
                                                                                             Burhan (50) Payakumbuh

Jawab :
Nabi Muhammad SAW bersabda : Lambung manusia itu tempatnya segala penyakit. Sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan. (HR ad Dailami). Dari hadits diatas kita memperoleh hikmah bahwa Al maidah yang berarti lambung (venrikulus) atau dalam bahasa Inggrisnya disebut stomach, merupakan salah satu dari organ-organ pencernaan dan tempatnya penyakit. Namun organ pencernaan yang bagaimanakah yang merupakan tempat atau sarang penyakit itu ?
Tidak semua lambung serta organ-organ pencernaan manusia lainnya. Mengandung bermacam-macam penyakit. Bagaimanapun, Allah SWT telah menciptakan organ-organ tubuh manusia dalam keadaan yang sangat sempurna dan setiap organ tubuh itu akan menjalankan fungsinya secara otomatis dan teratur.
Selain itu, organ tubuh manusiapun dilengkapi dengan alat pengaman sehingga terlindung dari virus-virus maupun bakteri-bakteri penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Hal itu diterangkan oleh Allah SWT dalam firmannya ”Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sebaik-baiknya (At Tin : 4)”.
Hakikat sebenarnya tentang hadits rasulullah saw yang mengatakan bahwa lambung manusia itu tempatnya penyakit merupakan peringatan bagi manusia untuk tidak mengabaikan kesehatan lambung. Tanpa pemeliharaan otomatis lambung atau organ lainnya akan sakit. Dengan demikian lambung atau organ tubuh lainnya menjadi sakit atau bahkan menjadi sarangnya penyakit. Jika kita kurang waspada menjaga kesehatan alat-alat tersebut, sebaiknya hindari kesibukan yang menimbulkan stress, makan secara teratur, jangan makan tergesa-gesa dan makanan harus dikunyah sampai lumat.
Biarkan air ludah anda mencernakan makanan yang dilahap. Ini sangat bermanfaat agar makanan bisa hancur dan bibit penyakit terbunuh. Jangan biarkan perut kosong atau menahan lapar dengan merokok dan minum kopi. *****


  5. SENAM BAGI LANSIA

Pak Suheimi, olahraga apa yang cocok buat saya. Saya sudah berumur 57 tahun sekarang.
         
                                                                                            Syamsinar – Lubuk Alung

Jawab :
          Sebelum menjawab olah raga apa yang tepat untuk anda, baiknya kita pahami sejauhmana manfaat aktivitas fisik atau olah raga bagi anda. Sebab ini berhubungan dengan meningkatkan masa tulang dan kekuatan otot sehingga dapat menurunkan risiko untuk jatuh serta meningkatkan kemampuan perlindungan diri bila terjatuh.
Olahraga yang disarankan adalah aerobik, jalan kaki, lari disertai latihan beban. Latihan beban selama 4 bulan akan meningkatkan kekuatan otot 40 % serta kestabilan tubuh sehingga menurunkan resiko terjatuh.
          Menurut Prof. Nur Pramono untuk meningkatkan respon osteogenik dari estrogen diperlukan olahraga secara teratur, gerakan pada olahraga dilakukan terhadap sendi yang sering terancam patah tulang. Kekuatan gerakan tidak boleh melampui kekuatan tulang. Olah raga (jogging, berjalan atau latihan treadmill) selama 50 menit yang dilakukan 4 kali seminggu secara teratur sampai 22 bulan dapat meningkatkan densitas mineral tulang Belakang 6,1 % dan mengurangi resiko patah tulang. Pada wanita pasca monopause yang menerima terapi  pengganti estrogen dan olah raga secara teratur didapatkan densitas mineral tulang yang lebih tinggi dibandingkan wanita pasca monopause yang tidak menerima TPH tanpa olah raga. Disamping olah raga, pada wanita pasca monopause (terutama dengan factor resiko esteoporosis) perlu dijaga agar jangan sampai terjatuh. Pada patah tulang panggul karena esteoporosis 90% diantaranya disebabkan terjatuh misalnya melapisi anak tangga dengan karpet yang tidak licin dan memberikan penerangan cukup pada tangga. *****


6. TERGANTUNG PADA KIPAS ANGIN

 Saya memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap kipas angin dok, sampai tidak bisa tidur tanpa kipas angin. Apa ini berpengaruh pada kesehatan saya dok, Dan apakah ada perbedaan pengaruhnya kepada kesehatan dengan menghadapkan kipas angin langsung ke badan bila dibandingkan dengan merasakan anginnya dari pantulan dinding.

                                                                                                       Eri (23) Pariaman

Jawab :
Eri, kipas angin atau AC adalah suatu alat yang berfungsi untuk menurunkan (mendinginkan) suhu permukaan tubuh, sehingga panas di dalam tubuh secara tidak langsung akan ikut turun karena evaporasi (penguapan) dipercepat. Ketergantungan pada kipas angin memang bisa saja berefek negatif. Permasalahan tentu akan lebih cepat muncul apabila angin dari kipas angin maupun AC ditujukan langsung ke tubuh. Ini tentunya akan lebih mempercepat penurunan suhu permukaan tubuh dibandingkan secara tidak langsung.
Dampaknya bagi tubuh bila suhu terlalu rendah adalah otot menjadi lebih mengkerut, sehingga yang anda rasakan adalah badan jadi lebih kaku, ya… seperti tangan dimasukkan ke lemari es saja. Sebaiknya hindari paparan langsung angin ke tubuh baik dari kipas angin maupun AC, sehingga anda tidak menjadi kaku. Ini pun akan mengurangi peluang gangguan kesehatan sebagai pengaruh dari suhu tubuh. Yach, seperti badan lemas. *****


7. TULANG SEHAT DIUSIA SENJA

Pak Suheimi yang terhormat, Kemarin saya ulang tahun yang ke 60. Semua anggota keluarga berkumpul dan mendoakan panjang umur. Rasa terharu meskipun tubuh saya semakin melemah. Untuk menjalani hari senja ini, sepertinya saya harus berkonsultasi dengan dokter ? saya harap dokter mau memberikan tips.

     Ny. Nurjani – Bukittinggi

Jawab :
Penat dan lemas pada anda merupakan gangguan osteoporosis atau kekeroposan tulang. Segera setelah monopouse, kehilangan masa tulang sangat cepat dan beresiko panjang untuk terjadinya patah tulang meningkat. Angka kejadian patah tulang pada osteoporosis ini mencapai 40 % dari semua wanita berusia diatas 50 % dari semua wanita berusia diatas 70 tahun.
Beberapa kebiasaan hidup berpengaruh terhadap massa tulang, kebiasaan merokok, minum kopi dan alcohol menurunkan massa tulang dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Wanita dewasa yang merokok 12 batang sehari akan mengalami penurunan densitas massa tulang 5-100% saat monopause dan mempunyai resiko 2 kali lebih besar untuk terjadinya patah tulang. Kafein yang terdapat pada kopi mengakibatkan keseimbangan kalsium negatif melalui peningkatan pembuangan kalsium urin, sehingga menurunkan densitas mineral tulang dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang panggul.
Untuk menghindari peningkatan pembuangan kalsium tersebut konsumsi setiap 3 cangkir kopi memerlukan tambahan 1 gelas susu yang banyak mengandung kalsium. Alkohol mempunyai efek langsung pada tulang (toksisitas etanol terhadap tulang) dan efek tidak langsung melalui regulasi mineral seperti matabolit vitamin D, hormon paratiroid dan kalsitonin. Vitamin D sangat penting untuk metabolisme kalsium dan mempertahankan keseimbangan mineral.
Peranan vitamin D terhadap pengaturan masa tulang belum diketahui, diduga hal tersebut berhubungan dengan fungsi vitamin D (1,25 dihidroksikolekalsiferol) dalam meningkatkan absorbsi kalsium pada usus. Aktivitas fisik atau olah raga dalam pencegahan osteoporosis disamping meningkatkan massa tulang juga bertujuan meningkatkan kekuatan otot, kegesitan dan keseimbangan, sehingga dapat menurunkan risiko untuk jauh serta meningkatkan kemampuan perlindungan diri bila terjatuh.
Olah raga yang disarankan adalah aerobik, jalan kaki disertai latihan beban. Latihan beban selama 4 bulan akan meningkatkan kekuatan otot 40% serta kestabilan tubuh hingga menurunkan risiko terjatuh. Wanita tidak perlu khawatir bahwa latihan beban akan merubah bentuk tubuh seperti binaragawan, karena pada wanita tidak didapatkan hormon testosteron yang dapat memacu pertumbuhan otot secara berlebihan.
Olah raga (jogging, berjalan atau latihan treadmill) selama 50 menit yang dilakukan 4 kali seminggu secara teratur sampai 22 bulan dapat meningkatkan densitas mineral tulang Belakang 6,1 % dan mengurangi risiko patah tulang. Pada wanita pasca monopause yang menerima terapi pengganti estrogen dan olah raga secara teratur, didapatkan densitas mineral tulang yang lebih tinggi, dibandingkan wanita pasca monopause yang tidak menerima TPH atau hanya menerima TPH tanpa olah raga. Disamping olah raga, pada wanita pasca monopause (terutama dengan factor risiko osteoporosis) perlu dijaga agar jangan sampai terjatuh.
Patah tulang panggul karena osteoporosis 90% diantaranya disebabkan terjatuh misalnya melapisi anak tangga dengan karpet yang tidak licin dan memberikan penerangan cukup pada tangga, memasang keset kamar mandi yang tidak licin, hindari pemasangan kabel yang melintang di lantai dan gunakan alas kaki yang tidak licin. Untuk lebih jelasnya kebetulan para pakar osteoporosis seluruh Indonesia akan berkumpul berdiskusi dan membahas osteoporosis di hotel Sedona Bumiminang, tanggal 17 dan 18 Mei 2003. Semoga ibu dapat mengikutinya. *****

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar