Jumat, 08 November 2013

RANGKUMAN SHORT COURSE KEPEMIMPINAN EKSEKUTIF


Oleh : Dr. H.K. Suheimi
  
drs Djanalis Djanaid  17-12-93
Menambah pengalaman dan ke trampilan  dalam kepemimpinan
1.Masalahkepemimpinan  sangat banyak tantangan dan akan  semakin­
banyak.  Dalam   Pemerintahan tentang  adanya  opini  masyarakat.
Untuk itusangat perlu bagaimana  kiatnya mempengaruhi masyarakat.
Pertanyaan  Siapakah yang bertanggung jawab tentang  produksi  ke
pimpinan?. Universitas? Lulusannya pintar tapi kepemimpinannya 0.
Bagaimana dengan staf dan mahasiswanya, tentu semuanya O.  
Sangat sakit kritik ini tapi membangkitkan ke inginan kita menga­
tasinya.  Untuk itulah di design konsep dan eksperimennya di  UN­
BRAW.. 60 % ilmu bukan yang baru, 20 % ulangan. Pada Pusat angka­
tan laut
Memasyarakatkan  lebih luas Ilmu Pepemimpinan. Sebenarnya  Pruduk
universitas kurang gigih menawarkan pada masyarakat... Untuk  itu
di usahakan kerja sama dengan indogement dan LPA FIA Unibraw  dan
Kadinda TkI Sumbar.
Konsep secara Ilmiah dan populer
Alat perencana, peramal dan introspeksi. Agar kita mampu di  masa
datang  jadi pimpinan. Bagaimana setiap manager bisa jadi  pimpi­
nan.

Ketua Kadin H Basril Jabar
Pendidikan  sangat  penting dan strategis.  Kepimpinan  eksekutif
yang berkualitas tinggi. Memerlukan kwalifikasi, tak cukup kemam­
puan  alamiah saja. Perlu berbagai kiat. Posisi  eksekutif  makin
penting, tidak tergantung pada pemegang modal tapi pada siapa ek­
sekutifnya. Kecerdasan, watak, wawasan luas, pengambilan  keputu­
san. Merangsang keinginan untuk jadi pimpinan eksekutif  .Peranan
pelatih dalam hal ini sangat berperan penting

drs Alimin Sinapa
LAngkah pertama yang baik dalam meningkatkan sumber daya  manusia
yang  akan merangsang perguruan tinggi di Sumbar untuk  mengikuti
jejak ini. Hingga di semua kelompok di Sumbar dapat  menciptakan­
pimpinan  yang handal dalam berbagai organisasi.  Formal 44  per­
guruan tinggi. Yang bisa mencetak sarjana dan sarjana muda 10.000
per  tahun. Non Formal  di padang saja ada ratusan  kursus.  Yang
belum ada kursus seperti ini yang mempunyai badan resmi. Pengeta­
huan organisasi dan management. Memang tak semua tamatan  pergur­
uan tinggi bisa dan harus jadi management
Sebagai  ilustrasi Petugas Lapangan PPL .. SPMA  what  is  behind
the staf. Kenapa tak banyak yang bisa mencontoh PPL. Yang  kurang
adalah penegetahuan leader ship. Theare are all manager, tapi how
to manage. Mereka tak di bekali ilmu ke pemimpinan, karena mereka
adalah  sosial leader. Maka sangat penting kursus pendek  seperti
ini. Itu sudah berjalan bertahun-tahun. Kita harus membuat mereka
sebagai  leader  yang siap pakai. Tak sedikit disatu  lembaga  se 
orang  insinyur  bingung. Untuk itu perlu  LPTM.  AMT   Tantangan 
pembangunan masa depan sangat banyak sekali.
Kita  baru bisa mengukur satu perusahan itu profesioanal,  dengan 
melihat hasil kerja satu lembaga itu.
ð73
ŠAda  hal-hal  diperguruan tinggi. How to make disiscion,  how  to 
speak well. To say is not easy, it'sdifficult. We are to.  Bagai­
mana menggerakan sumber daya manusia dan menggerakkannya  sejalan 
dengan  perangkat lunak dan perangkat keras?. Pokoknya  bagaimana 
menggerakkan orang...medianya adalah bicara. Menggairahkan  semua 
unsur untuk menambah ilmu.


drs Djanalis Djanaid
Bagaimana komunikasi .. Orientasi umum
Tehnik Komunikasi... merupakan Listrik yang akan jadi energi  utk 
semua.
Pemimpin  di ukur dari kemampuan pribadinya.  Sekarang  kulturnya 
memang masih beda pemimpin fasilitas dan pemimpin keturunan.
Kerja  sama satu sama lain adalah organisasi.  Proses kerja  sama 
namanya administrasi. Administrator adalah kepala bagian,  karena 
dia membimbing satukerja sama.
Ilmu  ini  lagi In..Trend.. Dokter sebagai kep Rumah  Sakit.  Dia 
bertindak  bukan  sebagai dokter suntik sana periksa  sini,  tapi 
saat itu dia adalah Administratur
Mas walaupun 5 karat, tapi kalau permatanya berlian..tetap  mahal 
harganya
Ilmu  itu tak perlu 100 % diserap, cukup 10 % tapi perlu di  kem­
bangkan. Yang penting ilmu itu diberikan pada siapa
Inti  dari administrasi adalah , seni memanfaatkan orang  lain  , 
itulah yang disebut dengan ..managemant.. intinya ialah pemimpin. 
Ada juga karena Bejolatau nasib. Lebih beruntungdan selalu berun­
tung dari oang pintar
Demokrasi adalah suatu proses. Inti dari Leader ship ialah desis­
cion  making.  Ide pengambilan keputusan. Kaya dengan  Ide,  tiap 
hari  ada  saja idenya; pemilihan  alternatif,  gagasan,  konsep. 
Kalau  tidak, dia akan konyol.  Megawati buat ide baru   "Bendera 
sudah  kukibarkan". Denganide dan bukunya, maka ia wajar  sebagai 
pemimpin
Ide harus sering, ada saja ide setiap supaya anak buahnya  beker­
ja. Cepat besar dan apa yang di putuskannya tepat.
Latihan  managemen  untuk istri, beri dia Rp 50.000...  satu  jam 
harus selesai belanja 10 keperluan pokok.
Ayah ibu yang memanjakan anak, sampai-sampai mengisikan  formolir 
pendaftaran masuk P T... anak tinggal tanda tangan
Tambak..  buat  perusahan kontraktor 300.000 juta    3  thn  uang 
habis...  tambak  bapaknya  disita.  Karena  anaknya  tak  pernah 
disuruh  mengambil  keputusan. Anak-anak harus  diajar  mengambil 
keputusan dari kecildan diberi kepercayaan. Besar dan cepat
Konglomerat  banyak mengalami krisis ke pemimpinan.. ketika  men­
gambil keputusan besar, tapi tak tepat akibatnya macet.  Biasanya  
Kacau pada generasi ke dua. Indikator kredit macet.
Sadam  husen   keputusan besar tak tepat.  Perang  dengan  Kuwait 
kalah..lagi.  Dengan   Amerika Kalah lagi. Tapi  dia  tetap  jadi 
pemimpin. why ?
Dinasti  ang..Ming....  Komunikasi....Greet Wall...  tanah  harus 
dikosongan,  kalau  tak mau di gusur dan  di  penjara.  Situbondo 
kosongkan 3 desa ... makelar menggelar dan berteriak ...kalau ada 
yang tak mau mengosongkan tanah anti pembangunan, anti  pancasila 
dan  rumahmu akan di bom. Orang situbondo berkumpul di  alun-alun  
ð73 Šbersumpah  tak  akan pindah tujuh  turunan.  Kiai  Assat...dengan 
kiatnya  sendiri  undang  wartawan dan  menyatakan  bahwa  Sumpah 
tersebut batal menurut agama. Rakyatpun nurut
Banjar MAsin ,, Swalayan bebas ambil.  karyawati aktif kreatif... 
Tak pakai BH dan celana dalam. Lalu mencuri BH dan Celana  dalam. 
Rupanya harganya lengket, dia tertangkap... Bagaimana supaya  tak 
di ulang lagi?  Manager menyuruh dia keliling sambil meneteng  BH 
dan Celana dalam. Tapi akibatnya toko di hancurkan oleh masa. Ini 
adalah manager klasik, tak manusiawi.
Ambarawa  seorang  komandan di temabak. Karena  waktu  perpisahan 
berkata  :"Ingat ya, jangan sampai di tiru kopral joko,  utangnya 
di koperasi Rp 300.000 tak di bayar, "kok sampai hati, kok tegan­
ya" kata kopral Joko, kecewa dan sakit hati. Maka utang dibayar.. 
dengan komandan di tembak.  Inicontoh komandan yang tak  mengerti 
keadaan  anak  buah, dan tak menengggang perasaan, di  nilai  dia 
menghina anak buah di hadapan orang ramai.
85  %  konflik terjadi karena pimpinan mempunyai  gaya  klasik... 
Waktu pemberian gaji.
Masuk jam 8 pulang jam 4. Berak 10 menit, sebelum keluar WC pintu 
di  gedor, kemudian yang terlambat berak disuruh  lari-lari.  Ak­
hirnya  semua  karyawan mogok...menuntut mohon  agar  manager  di 
pecat. Buruh semakin berani ngomong.
Bali  Hyat  Hotel  hanya karena  manager  bule  salah  ngomong... 
"Satpam kamu hanya bisa menangkap anjing". Satpam merasa terhina
Nipahpun karena pendekatan klasik.Di Sumbar baru hanya gejala.

Modern  Human relation dan Publik Relation
Interaksi  antara seseorang dengan yang lain yang memberi  kepua­
san.  Senang dua belah pihak, "Lamak di awak katuju  dek  urang". 
Kita larang anak buah, tapi dia senang akan perintah itu, tergan­
tung bagaimana caranya manager memberikanlarangan.
Satu  suami dapat rezeki Rp 200.000, sang istri langsung  matanya 
hijau...  mas ke toko ingin cincin dengan permatanya  topas,semua 
tetangga sudah pakai cincin itu. "Hei otakmu kemana minta  kalung 
ukurannya  tetangga", akibatnya jangankan kalung dan cincin  non­
tonpun tak jadi. Lama-lama sakit mag.
Keinginan sang istri tak tercapai tapi dia puas, bagaimana  kalau 
kita belikan kursi tamu?.
Eh  kamu  tak  perlu, tak dibutuhkan. Kalau  kau  berhenti  masih 
banyak gantimu. tapi akan dongkol, hilang senang dan senang.
Sebagian  besar konflik karena sentimen karena human  relationnya 
jelek.  Bisa  karena fakta, harapan,  prinsip.  Ternyata  konflik 
paling banyak karena sentimen dan hrapan
Public  Relation   setiap usaha  menciptakan  kehidupan  harmonis 
dalam perusahaan. untuk kerja sama umum, kepentingan umum.
Mogok karena manager yang salah. Tak dapat THR.. Bakar mobil.
Semua  percaya,semua orang mau berkerja sama dan semua  orag  mau 
membantu. Mulai dari Low dan Top Manager harus PR.
HArmonis, tak ada orang menuhuk kawan seiring, telunjuk lurus ke­
lingking berkait, iyek-iyek tapi tena, menggunting dalam lipatan. 
Kelihatan baik tapi hatinya jahat.
Setiap kali Pergantian pemimpin...muncul surat kaleng dan  dukun-
dukun
Harmonis  ada 46 kegiatan... Rapat. Tak pernah ikut  rapat,  lalu 
ikut  kongres. Ada kiat-kiatnya, berhubungan dengan pers.  Public  
ð73 ŠOpini  yang  sangat  baik. Mentri saja diadu   anda  harus  siap. 
Karena  ndak berani ketemu sama Wartawan, atau takut pada  warta­
wan.
SDSB  100.000.000 untuk NU, balik lantun hingga  A.Rachman  Wahid 
harus minta maaf dan sekjen NU di pecat.
Bupati...panggil  wartawan  kasi amplop tebal-tebal...  Tapi  tak 
masuk koran. Pidato bupati apa itu; bersatu kita teguh.  Wartawan 
sesuatu yang baru --proses berfikir dan berfikir kreatif....News.

Motivasi... Jika sesorang mampu memotivasi, maka ia mampu  seban­
yak 85 %.  Baca koran, main catur, ramal SDSB.. Potensi dan  etos 
kerja terendah, akibatnya  kredit macet. Apa memang sibuk ? tidak 
tu. Tapikalau di beri uang semua baru lancar, alasanpun hilang

Memanage  konflik,  bagaiman supaya konflik  tidak  destruktif... 
yang  laris dukun. Bagaiman kita berinteraksi dengan  anak  buah. 
Setiap  yang di kerjakan salah, maju kena mundur kena. Anak  buah 
pintar dan bodoh. Kalau di pecat pimpinan salah
Dalam  militer  tak ada anak buah yang bodoh, yang  bodoh  adalah 
komandan
Power. kekuatan, memiliki daya pengaruh, terpengaruh pada  posisi 
power/  Personal power, stress. Kanker karena stress. Unsur  satu 
lepas  dan membesar. Stress seperti telepon, sakit disini  terasa 
disana.
Kekuatan yang maha dahsyad... Public Opini.. Susu Dancow  mengan­
dung lemak babi. Biscuit Kongkuan mengandung racun. Semakin bebas 
pers ngomng, semakin canggih cara kita mengembangkan

Komunikasi ada 2 - Persuasif dan Korosif...mengancam jangan harap 
naik pangkat, jadi bupati... Teror..Barang siapa tak masuk golkar 
berarti  ragu  Pancasila. Pemilu 71 penuh dengan  Teror.   Boikot  
tak setuju dengan kita tak di sapa 3 hari.  Kekuasaan... pak saya 
pikir kalau kita lakukan seperti itu banyak kendalanya.  Pimpinan 
nyeletuk  "Yang jadi pimpinan siapa, ya harus kerjakan".  Manager 
klasik  orang akan mangkal
Persuasif...faktor kejiwaan dan sosiologi. Yang memenangkan Gokar 
di  Madura  adalah Kiai bukanbupati, baca ayat 5  menit  menang.. 
Kita harus perhatikan Public Opini, perlu di kendalikan karena ia 
kekuatan yang maha dahsyat. Ok itu kita harus tahu macam , karak­
teristik  dan Aksi interaksi di tengah masyarakat.  Seluruh  desa 
ini tak senang dengan Golkar. Segi Lingkup, segi mutu. Masuk gol­
kar karena kaus oblong isu yang tidak bermutu. Dalam dan dangkal. 
Saya  tak  mau  jual tanah, kalau di jual  di  kutuki  roh  nenek 
moyang. Dangkal tergantung berapa harganya.
Kompeten dan tidak kompeten;  setuju tapi tak di kerjakan. Diiyo­
kan nan diurang dilalukan nan di awak.Yang laten yang tak  terung 
kap.
Bermutu  atau tidak, bagaiman mengubahnya.  Anarkis   mogok   ban  
ting kaca. Irrasional dan menghasut orang lagi.
Maspion  HAri RAya THR  besok jam 9 tunda jam 11. Karena  manager 
tak mapu.. Jam 12 -- 13.. Ndak ada ini... Tak bermutu padahal tak 
mendalam. Biarkan saja-biarkan saja. Karena petugas tak mengguna­
kan pendekatan modern.
Saya  tak  akan minum kalau tak minum koka  kola,  mendalam  tapi 
biarkan saja karena tak merugikan.
ð73
Š
Karakteristiknya.. Kita gampang mempengaruhinya
1. Mudah berubah, sifat orang
2. Pendukung moral masyarakat. Masyarakat suka yang baik, ngomong 
yang  baik walaupun dia jahat. Saya dapat informasi dari  pejabat 
yang dulu banyak absen banyak, Lain lubuk lain ikan, lain  padan­
glain  belang  dan lain orang lain ke pemimpinan.   Bisa  pejabat 
baru  di sumpahi, apalagi kalau ketat. Kalau dipindah nah  rasain 
Lu.  Saya jadi kepala disini, karena tingkat produksi rendah  nah 
bagaimana  kalau ada usul dari bawahan. Wah bagus gagasannya.  Ok 
Semua setuju. Berdasarkan pendapat  dan usulan staf. Ya opok enak 
erek. Mesti ngomong yang baik-baik meskipun ia jelek.
Putusan  seseorang  sangat ditentukan  pribadinya..  Keluarganya, 
anaknya. Mencatat hari ulang tahun Bosnya. Jika ingin mempengaru­
hi seseorang pentingkan pribadinya.
Jelaskan tujuan, orang lupa dengan cara. Ingin Merdeka
Ramang sepak bola pergi ke makamnya, semua diam
Krisis  orang... buat rapat sampai pagi,, pers termasuk  radikal. 
semua krisis, kalau dalam rapat seperti itu masih ada yang  repot 
akan kalah.
Orang pandai diberi buku yang banyak pendapatnya akan tahan uji.
Debating club sampai urat lehernya keluar. Akhirnya orang  pesan­
tren  P.Panjang pergi ke seluruh Indonesia... 25 %  JAdi  anggota 
DPR.
Gugus kendali.. CIIS, karena tahan uji.
Opini  yang  diciptakan tanpa fakta akan  berbalik.  Bila  fitnah 
akhirnya  balik lantun ada apa ia datang dan ada apa dia  membuat 
ini itu.
Sensitif.
Pernyataan awal akan mempengaruhi opini
Marsekal Mardanus..Hercules Jatuh  wartawan Ikut saya kita lihat. 
Apakah  jatuhnya  Hercules  karena  sangat,  pemeliharaan  mesin, 
pilot,
Habibi salah ngomng, wartawan salah dengar

Retorika  Pemimpin  ngomong dan tanda tangan
Berfikir komprehensif... Etos sikap orang yang dipengaruhi dengan 
unsur  positif..  Caranya punya kemampuan dan  kemampuan  itu  di 
kenal orang.
Orang  Modern dipaksa orang untuk jadi pejabat. Kita  harus  jadi 
priper

Kommunikan
Karakteristik, mana orang yang sukar dan yang mudah  dipengaruhi. 
Asuransi menjual barang yangtak jelas. Bagaimana kita mempengaru­
hi. Orang pendiam, orang pandai sukar di pengaruhi. Wanita  dalam 
pribadi sukar di pegaruhi, tapi masalah sosial mudah di  pengaru­
hi.  Orang yang kejam sukar di pengaruhi. Orang kejam yang  mudah 
di  pengaruhi yang ada vested interes.. kasih uang.  Orang  bodoh 
mengaku pandai tapi kejam. Orang seperti ini harus di pengaruhi
Latar  belakang,  budaya; ya kata orang tua. Cowok  di  pengaruhi 
orang tua, cewek yang menderita. Wanita yang paling bahagia  siti 
Hawa... karena tak ounya mertua.
Motivasi:
Physiologi, sosial, security needs  keamanan, penghargaan, aktua­
ð73 Šlitas diri, orang bangga akan keberhasilan dan akn idenya.

Pesan


Tehnik
1. Partisipasi.. kemampuan ketik 5 halaman, padahal orang lain 20 
hal... pindahkan dia ketempat yang bisa ketik 20 halaman
2. asosiasi... kalau ingin secantik bintang film
3. Icing Device dengan kata mutiara, hidup tanpa kawan, menggugah 
emosi  orang  dengan kata mutiara udin bukan namanya  udin  kalau 
bukan  dari  madura. kadin bukannya kadin kalau tak  bisa  nyerap 
tenaga kerja
4. Pay of idea... sugesti...sudahlah pak, tekan saja dengan  baca 
bismillah
5. Empathy. Kalau saya ibu, pekarangan ini akan saya buat  apotik 
hidup
6.  Fear arrousing, Poster dibelakang penjara  buat  Carok.  beri 
tanda-tanda lalu lintas. Kepala pecah karena tak pakai helm
7. Red Hearing alihkan perhatian kepada yang lebih baik dan kuat
8. Acceptance device, istilah yang mudah di terima
9. Rejection device...kesedihan
10 Testimonial device
11  Band wagon device... pergunakan orang lain.. Free  card  pada 
orang kaya pakai mobil.. Ramai restoran,,, jadi suporter

Konsumen  perilakunya  aneh, mengenal watak konsumen  di  gunakan 
dalam  dagang  apa saja... kombinasi akan  lebih  efektif.  Mulai 
secara bertahap, masalah yang ada, kegiatannya apa.


Kertahadi
 Siapa  yang tak bisa mengambil keputusan tak wajar jadi  seorang 
pemimpin dan siapa yang selalu mengundur=ngundur mengambil  kepu­
tusan adalh pemimpin yang tak...
Setiap  saat dalam hidup adalah kumpulan dari ke  putusan-keputu­
san. Kegiatan yang rutin setiap hari dan rutin, keputusan-keputu­
san  itu adalah.. Baru kita sadar merasa membuat keputusan  kalau 
kita  menyimpang. Waktu bangun tidur ada pinggang  sakit,  apakah 
kita akan bangun atau tidur terus. Setiap keputusan selalu  meli­
batkan kognitif secara komplex. Coba bangun tidur itu di laku kan 
untuk  yang pertama kali. Yang pertama di perhatikan  adalah  jam 
dinding  apakah  sudah jam bangun atau tidak. Ada  yang  ya  atau 
tidak.  Mungkin badan payah. Begitu seterusnya ceritra  berlanjut 
sampai ber jam-jam, seperti tak ada janji dsb. Kalau  seakan-akan 
tak berfikir melaksanaknanya
Body  of  knowlegde dalam proses mengambil  keputusan.  Hendaklah 
diketahui,  justru karena ke rutinannya itu, kalau sedikit  salah 
mengambil keputusan, maka kesalahan itu menjadi akumulasi kesala­
han-kesalahan. Nomor yang di pencetnya salah... harus ada sinyal. 
Dianggap  melakukan penipuan secara sengaja. Cek  digit.  Sekali-
kali  cobalah ulang proses mengambil keputusan.  Menanda  tangani 
secara rutin, sering terjadi pemalsuan asli tanda tangan, ada  SK 
palsu.
Lain  halnya yang insidental.. mobil tak bisa di starter..  Lebih  
ð73 Šdi  kenali  masalahnya, jangan coba  memecahkan  masalah  sebelum 
kenal  masalah.  Ke bengkel yang tak salah  jadi  salah.  Masalah 
dapatkah kita menyadari masalahnya.
Tentang  bagaimana  kita memahami masalah, bisa  mudah  dan  bisa 
sukar
Kontrol  mekanism yang memberi warning dan triger,  mengembangkan 
budget atau standar, lalu penyimpangan itu kenapa terjadi sebelum 
perbaikkan  atau  korektif merger. Kualiti  kontrol  sistem..  di 
kepalai interpersonal skill yang tinggi, pertemuan dengan  tujuan 
mencari  masalah dan mencari sebab-sebab dan bagaimana  mengatasi 
nya.  Coba  buat saluran komunikasi, cepat disalurkan  ke  atasan 
sehingga cepat penyelesaiannya. Cara bagaimana lebih pagi  menge­
tahui warning, kalau tidak ngantuk ya kepanasan
Pengambilan keputusan mengatasi ke bingungan, semakin lama  kepu­
tusan  diambil  semakin lama dalam kebingungan. Untuk  itu  perlu 
lembur sehari dua. Atau adaptasi tehnologi informasi  otomatisasi 
kantor. Sehingga working overtime di kantor terus ke rumah. Mesin 
ini yang harus pergi atau saya yang harus pergi.Ancam sangistri
Konsep tentang Power interplay... jangan lembur di rumah.
Kita mencoba membuat alternatif yang terbaik
Satu keputusan selesai datang lagi dan akan mengalir setiap saat. 
Maka tak pernah kita sebetulnya menyelesaikan satu keputusan
Short term memory.. dengan model keranjang sampah, walaupun 3 itu 
bukan angka yang paling besar.
Pada usaha sadar dia memecahkan satu problem
squensial eliminating.... minta bantuan staf  bagi-bagi pada staf
suruh  anak  memilih yang paling besar di  pegang.  Jangan  pikir 
panjang-panjang  pencet satu tombol komputer. Sederhanakan  lebih 
dulu...  Prinsip  rasionalitas terbatas  dengan  membentuk  model 
sesuai rasinal dengan model
Upaya meningkatkan Saving anggota masyarakat
daya beli
pola konsumsi
kemasan
posisi persaingan
komposisi penduduk
tingkat pendapatan masyarakat
usaha pemecahan
Saving  pendapatan = Y  konsumsi = C
Bandingkan antara prediksi dengan kenyataan  S = Y-C

Coba pahami masalah, kedua general alternative . Bisa tanya  pada 
mantan pejabat
 atau  hubungan balai latihan kerja  aktive surge mencari  secara 
aktif.   Mengevaluasi alternative. Untuk ekonomi  dengan  analisa 
komputer  kwantitaif.  Pembelian bahan baku  yang  paling  otonom 
dengan model persediaan.
Mengundang pakar untuk meeting... bargening evaluasi.
Panel smoking
Individual,,siapa jodoh anak
Makanan jadi, nanam sampai kaleng sampai jual supermarket
Apa yang di tanam  Kecipir atau asparakus
Kita  asumsi situasi yang terburuk,, termasuk pesismtik   konser­
vatv dalam keputusan. Kita pilih yang terbesar dalam yang terbaik
kriteria penyesalan// regret
ð73
ŠKalau angka-angka penyesalan Angka penyesalan yang paling  besar. 
Kita ambil alternatf angka penyesalan
Datang ke meteriologi akan ramalan cuaca.
Model  pohon  keputusan folding back  disiscion.  Kita  mengambil 
expected utility.
Propability  kalau kita mengadaptasi pendekatan  secara  positif. 
Yang  dapat  kita  lakukan adalah propability,  tapi  dalam  ilmu 
sosial tak ada probality yang satu. Kita tak bisa tegas  menyata­
kan sesuatu.
Ada lima i dalam membuat keputusan
1. Informasi services knowlegde is informasi
2. Intuisi... felling imaginasi
3. inclact kemampuan mengolah informasi
3. Inteligen.. kepekaan/kejelian
4. Insya Allah

Beli mobil
Evaluasi  alternatif  Bagaiman kita  menjustifikasi.  yang  total 
scorenya sekian sampai sekian  sequential alternatif
Holistik model dan non holistik
1. Porblem understanding
mempersiapkan keputusan

Undercapasity.. devisit capasity. Kelebihan pesanan.. Mensub kon­
trakkan  pada  perusahan  lain..  mesin  baru  dengan   kapasitas 
besar...  lembur.  Workingover time, tapi bagaimana  kalau  buruh 
saya sakit

Meta  disiscion//  discision on discision. Itu  untuk  semua  dan 
untuk selamanya. Karena berulang
Pembuatan keputusan bisa sederhana, tapi besar harus ada kriteria
Bus malang surabaya. Keputusan reflektoris

Timotius Hartono
Saya lalu termakan oleh kata-kata sendiri. Kita bisa memanfaatkan 
dengan  lebih efektif, tapi jangan sampai tergantung. Ada  greety 
feeling
Gaya kepimpinan. Kalau terjadi pertukaran pimpinan sering bawahan 
ngomomng-ngomong.  Bos kita sekarang ini lain.  Sialan  seenaknya 
sendiri. Apapun yang dilakukan pimpinan menimbulkan citra tersen­
diri  bagi yang di pimpin. Impresion bagaiman dari bawahan  belum 
tanpak pada kita.
Leader  in action pada saat kita jalankan ke pemimpinan.  Emerson 
pada suatu pagi jalan di kebun lihat anak lembu keluar kebun. Dia 
berusaha  memasukan anak sapi kekandang. Dorong  pantatnya,  tapi 
semakin di dorong semakin ditahan, Ditarik semakin ditarik  dita­
han ke belakng. Tuan mau di apakan anak sapi. Biar saya saja pak. 
Pongah  benar orang ini saya saja tak bisa. Ternyata hanya  pakai 
satu jari, masukkan ke mulut anak sapi, lalu anak sapi masuk.  Oh 
Kalau  begitu ada cara yang tepat untuk melakukan  sesuatu.  Tiap 
orang punya kelebihan, tentu saya bisa belajar sesuatu dari orang 
lain.  2 Aspek;
1' Prilaku  konsisten
2. Persepsi dari yang di pimpin
Daftar  menu keluar.. gerak matanya ke harga, kalau  abapak  dari  
ð73 Škiri kekanan, ibu dari kanan ke kiri.
Mis perseption

Speed tidak merobah proses. mempertimbangkan sudah ada evaluasi
Situasi. Jenis organisasi, juga seperti individu punya  karakter­
istik  sendiri.  Militer, karena misi keamanan, tentu  akan  lain 
dengan organisasi sosial. Gayanya berbeda. Efektifitas  kelompok, 
efektif  is the unit.  Tekanan waktu pilot melakukan crass  land­
ing. Time pressure adalah bergeser ke kiri
memilih gaya... faktor kita, bawahan dan situasi
Two Key word
1. Kejelian
2. Keluesan/ flexibel dengan hasil pengamatan kita itu

Life sickle teori
Teori daur kehidupan. Lahir bayi, anak, dewasa dan tua. Ini untuk 
menggambarkan teori kepemimpinan. Ohio State university  Qudrant
Perilaku  tugas, apa yang harus di perlakukan bayi. Prilaku  ter­
strukture  sangat  tinggi,  prilaku  hubungannya  rendah...  bayi 
diatur
Anak-anak  di puji pri laku tugas masih tinggi,  boleh  main-main 
jam 4 pulang mandi
Mahasiswa tak bisa di strukture. Hubungan minta tinggi, strukture 
tugas rendah
Tua minta bebas, hubungan mulai jauh.
Gaya  satu-2-3-4 tergantung kepada orang yang di pimpin,  tergan­
tung tingkat ke dewasan yang di pimpin
1. Instruktif analaog dengan orang tua yang menghadapi bayi
2. Konsultatif analaog dengan   -,,-                   anak
3. Partisipatif
4. Delegatif
kematangan bawahan, kalau di bagi 4 ada dewasa 1,2,3,4
Kalau tingkat ke dewasan rendah
Bagaimana  gaya  ke pepiminan pada satu waktutertentu.  Gaya  itu 
bisa di kendalikan tergantung kebutuhan. i am What I am. Perilaku 
itu bisa di pelajari. Kalau stimulusnya tertentu  bisa di  kenda­
likan.
Kedewasaan ada 2:
1. Job Maturity  Tingkat kemampuan bekerja
2. Psikologi maturity kemauan bekerja, dan motivasi
Apakah kulture mempengaruhi gaya ke pempinan
Kita  jadi  seperti ini akibat kejadian yang  sebelumnya.  Proses 
sosialisasi. Kulture induk dan kulture lokal
Free ring si pemimpin seperti boneka  power less
Pola-pola democratis.. Prilaku pemimpin, harus di ketahui  kuali­
fikasi  bawahan, apakah bawahan konsern, capable memiliki  kemam­
puan dalam memutuskan bersama. Semua keputusan harus dalam suasa­
na seperti itu
Rekayasa normal. Keterlibatan bawahan menuntut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar