Jumat, 08 November 2013

NASIHAT PERNIKAHAN TRI YULI ADRIANA DAN HARRY PURNOMO


Oleh Prof. dr.H. K. Suheimi, SpOG. (K) Fer

Sepasang merpati ingin mendirikan mahligai. Mahligai adalah suatu tempat  yang tiada terpermanai indahnya. Semua ingin  mendapatkan dan mendambakannya. Setiap kali pasangan yang menginjak pelaminan ingin  mendirikan mahligai kencana. mendirikan mahligai  bersama. IInai masih merah di jari . Janji sehidup ematipun baru saja  di ikrarkan. Ingin membahagiakan pasangan adalah niat  yang dipasang.  Akan selalu bersama dalam suka dan dukanya, hanya maut yang  akan  memisahkan kita.  Sukamu  sukaku  jua. Ceriamu ceriaku  jua.  Dukamu  adalah dukaku. Sakitmu adalah sakitku.
Hari ini, kita dengar lantunan ayat suci Al Qur’an surat Ar Rum ayat 21 : “Dan diantara tanda- tanda kebesaran Allah, ialah dia menciptakan untukmu jodoh dari jenis kamu, agar kamu menemukan ketentraman (dan cenderung) kepadanya dan Ia membuat diantara kamu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian benar-benar terdapat tanda bukti kekuasaan Allah bagi kaum yang mau berfikir”.
Terbersit keinginan dihati ini agar rumah tangga yang akan dibina kedua pengantin ini selalu dalam siraman ayat-ayat Al-Qur’an, dan kiranya kedua keluarga besar ini berada dalam naungan dan disinari Al-Qur’an serta dapat cahaya illahi.
Allah Dialah yang menciptakan jodoh untukmu. Allahlah yang telah memilihkan untukmu istri dan suami. Allahlah Yang Maha Tahu dan Dia tahu persis bahwa pilihanNya itulah yang paling cocok untukmu.
Dialah yang mengatur bahwa dengan pasangan itu kamu akan merasakan sakinah, yaitu dengan bersamanya menimbulkan hati yang penuh kedamaian, fikiran yang penuh ketentraman dan perasaan yang penuh ketenangan. Bukankah bahagia itu terletak pada hati yang damai, fikiran yangtentram dan perasaan yang tenang?Dan semua itu akan diperoleh bersama istri atau suami yang telah dipilihkan Allah untukmu. Jangan sampai terlintas dalam hati, terangan-angan dalam fikiran, bahwa ”saya salah pilih” karena memang bukan kamu yang memilih. Dia adalah pilihan Allah untukmu.
Pilihan Allah berarti itulah yang terbaik bagimu. Menghormati pilihan Allah berarti kita menghormati Allah. Menghargai pilihan Allah berarti menghargai pilihan Allah. Menyayangi pilihan Allah berarti menyayangi pilihan Allah. Berbuat baik pada pilihan Allah berarti berbuat baik pada Allah itu sendiri.
Makanya beramal saleh atau melakukan pekerjaan yang bermanfaat untuk pilihan Allah itu adalah ibadah. Sambil melayani suami atau istri dalam rangka mengabdi dan beribadah padaNya, pahalanya amatlah besar. Tentu sebaliknya pun demikian. Melecehkan pilihan Allah berarti sipemberi itu sendiri dan bisa berakibat kita dilecehkan oleh Allah. Menyakiti pilihan Allah kita akan disakiti oleh Allah dengan berbagai cara dan jalan.
Demikianlah setiap kata yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan untuk pasangan akan berbuah ibadah yang dapat insentif atau pahala disisNya. Orang yang dapat pahala ini akan bergelar pahlawan. Maka ia adalah pahlawan dalam keluarganya, dan dia mencari pahal ditengah-tengah keluarganya dengan berbuat baik untuk pasangan dan anak-anaknya.
Lalu anjuran agama ialah, setiap memulai pekerjaan, awalilah dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah kita menebar rasa kasih dan sayang. Makanya dalam pernikahan, nikah artinya menghimpun, menghimpun pasangan suami istri. Himpunan ini dikokohkan dalam satu ikatan yang disebut dengan akad nikah. Ikatan ini disimpul erat dengan kalimat-kalimat ilahi. Sehingga jadilah perkawinan yang kokoh itu atas dasar Allah. Kita megawininya karena Allah, ”dia adalah pilihan Allah untukku”. Inilah dasar perkawinan yang sangat kokoh yang tak akan lapuk oleh hujan dan tak akan lekang oleh panas.
Lalu diperintahkan pada pasangan ini sewaktu menjalin cinta dan hubungan suami istri menyebut nama Allah dan mengikut sertakan Allah dalam perbuatan itu agar anak yang terlahir kelak adalah anak yang penuh berkahNya. Dianjurkan sekali sewaktu akan melakukan hubungan suami istri untuk membaca daripada :
”Bismillahi Allahuma Jannibni wa jannibis Syaitan ’ala maarazaktana”   Atas nama Allah, Ya Allah jauhkanlah hubungan junubku ini daribisikan syaitan dan berkatilah rizki yang engkau berikan pada kami”. Sehingga amal melakukan hubungan suami istri terjauh dari hubungan syaitan.
          Mawaddah artinya pancang dengan lahirnya anak yang saleh merupakan pancang yang akan memperkokoh perkawinan sehingga perkawinan itu tak akan goyah oleh goncangan gempa dan derasnya badai yang menimpa, maka pesan Rasul ” Muslim yang baik adalah mereka yang berbuat baik dan penuh pengertian pada istrinya”.
 Nabi berpesan ;                                           
"Sebaik-baik  kamu  adalah yang terbaik terhadap  isterinya,  aku adalah  yang  terbaik di antara kamu  terhadap  isteri.  Tidaklah menghormati perempuan kecuali laki-laki yang mulia dan tidak pula menghinakannya kecuali laki laki yang hina."
"Sebaik-baik isteri ialah apabila diberi dia bersyukur dan apabi­la tidak diberi dia bersabar.  Engkau merasa suka apabila  meman­dangnya dan dia juga taat apabila engkau menyuruhnya."
         
Harry, menjadi ayah itu indah dan mulia. Meskipun demikian, ketahuilah , menjadi ayah itu juga berat dan sulit. Ketika ijab kabul dilafaskan, pada detik itu engkau bertanggung jawab untuk keselamatan istri didunia dan akhirat.
"Ar Rijalun Kawaamun  'Ala  Nisaa'. Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita. Memimpin dan  membibimbing  agar istri atau kaum ibu di beri peluang dan di  bukakan jalan agar mereka mudah masuk syorga, sehingga anak cucupun  mengikutinya. Makanya selalu kita ingat pesan Allah. "Peliharalah dirimu dan leluargamu dari siksaan api neraka".
Di pundakmu terpikul beban  Semoga engkau adalah pemikul beban yang baik engkau menjadi suami yang mulia dan indah. Indah karena engkau adalah pakaian istrimu dan istrimu adalah pakaianmu. Berpakaian itu indah annakku, dan pakaian itu jangan ditinggalkan. Bawalah pakaianmu kemana engkau pergi. Pakaian itu menutupi kekurangan yang ada pada pasangannya. Berjanjilah nak, bahwa engkau aka selau bersama dalam setiap suka dan dukamu, hanya maut yang akan memisahkan. Ceriamu adalah cerianya juga, dan senyummu adalah senyumnya juga. Dan deriotanya adalah deritamu juga. Terimalah dia dengan segenap kelebihan dan kekurangannya.
Untuk kalian berdua inilah pitaruah ayah
* Nasihatilah isterimu dengan cara yang baik.
*  Layanilah  isterimu dengan cara yang baik  karena  sebaik-baik
orang di  antaramu adalah orang yang paling lemah lembut terhadap
isterinya.
*  Hiasilah  dirimu  untuk isterimu  sebagaimana  kamu  suka  dia
menghiasi dirinya untukmu.
*  Jagalah perasaan isterimu dan janganlah memuji wanita lain  di
hadapannya  dan janganlah mengumpatnya di hadapan orang lain.
*  Bertimbang  rasalah kamu dan jangan menuntut sesuatu  yang  di
luar kemampuan  isterimu.
*  Ketahuilah bahwa Rasulullah SAW tidak pernah  memukul  isteri-
isterinya.    Jika  kamu terpaksa, elakkanlah dari  pukulan  yang
menyakitkan.
* Janganlah kamu terlalu menurut kemauan isterimu karena ini akan
merusakkan  akhlaqnya dan menjatuhkan kewibawaanmu.
* Bersabarlah atas kelemahan isterimu karena mungkin kamu memben­
ci sesuatu  yang Allah menjadikan kebaikan yang banyak kepadanya.
Pada Yul....
* Taati dan cintailah Allah SWT dan Rasul-Nya.
* Utamakanlah hak suamimu lebih daripada hak-hak yang lain melain
kan hak-hak  Allah SWT dan Rasul-Nya.
*  Senantiasalah  bersikap  malu dan taat  kepada  suamimu  serta
berilah perhatian  ketika ia berbicara di samping menghormatinya.
* Berpuas hatilah dengan apa saja rezki yang telah diperoleh oleh
suamimu  dari Allah SWT.
* Muliakanlah anggota keluarga suamimu dan saudara saudaranya.
* Tumpukanlah perhatian kepada kewajiban dan urusan dalam  rumah­
tanggamu.
* Jagalah perasaan dan maruah suamimu.
*  Hiasilah dirimu untuk suamimu saja.
* Janganlah merasa bangga kepada suamimu lantaran harta, kecanti­
kan dan keturunanmu.
* Janganlah keluar dari rumahmu melainkan dengan izin suamimu.

Untuk semua itu, sejenak marilah kita tekurkan kepala dan tengadahkan tangan berdo’a, kiranya dari do’a kita ini didengar dan dikabulkanNya.
Ya Allah pada hari ini ditempat ini kami memanjatkan syukur, atas izinMu telah terlaksana pernikahan
Hanya satu saja niat setiap diri yang hadir disini Ya Allah agar kedua mempelai ini berbahagia. Nikah artinya menghimpun. Himpunan ini diperkuat dengan Ikatan akad nikah dan disimpul dengan surat Ar Rum 21.
Ya Allah, Engkau berkata , bahwa Engkaulah yang menciptakan dan memilihkan jodoh. Menghormati pilihan Mu berarti menghormati Engkau. Berbuat baik pada pilihan Mu berarti berbuat baik padaMu. Jadikanlah setiap ucapan dan perbuatan terhadap pasangan, merupakan ibadah padaMu jua adanya. Terimalah ibadah kami Ya Allah.
Ya Allah dihadapan saksi merek berjanji akan selalu bersamaMu disetiap suka dan duka, hanya maut yang akan memisahkan. Dukamu dukaku jua, Ceriamu ceriaku jua. Jadikanlah keluarga baru ini menjadi keluarga yang kekal dan jadi panutan, karena dasar pernikahannya adalah karena Engkau Ya Allah.
Atas namaMu Ya Allah, Jauhkanlah bisikan syaitan dalam hubungan suami istri dan berkatilah rezki yang Engkau berikan dengan lahirnya anak yang saleh.
Berkatilah pasangan ini sebagaimana Adam dan Hawa, Yusuf dan Zulaikha, Muhammad dan Khadijah.
Istri adalah pakaian suami dan suami adalah pakaian istri. Semoga kemanapun pergi, suami dan istri itu selau membawa pakaiannya. Jangan pernah ada niat untuk berpisah, karena,
Bening matamu membawa Roman Nya
Suaramu tlah alunkan Berkah Nya
Tertawamu membuka Kebesaran Nya
Diammu bak bisikkan Kehebatan Nya

Bahagia-kekal kami panjatkan ke hadiratMu
Melebihi bahagia hati kami kala mereka temani
Dalam arungi badai hidup ini
Janganlah kau padamkan Pelita Mu
Nan tlah mereka lekatkan dihati
Ya Allah tunjukilah kami jalan Mu yang lurus dan yang benar, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang engkau murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.
Ya Allah jauhkanlah dari diri kami sifat sombong, takbur dan pongah akibat Ilmu yang Engkau berikan, akibat harta yang Engkau pinjamkan dan akibat jabatan yang Engkau pikulkan. Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa dua orang ibu bapak kami dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah mendidik kami dahulunya. Bagi yang telah mendahului kami, tempatkan dia ditempat yang selayak-layaknya, tempat yang semulia dan tempat yang sebahagianya.
Ya Allah Berilah kami kesenangan didunia dan kesenangan diakhirat, serta jauhilah diri kami, anak, istri, dan cucu kami dari azab neraka.
Subhana rabbika Robbi izzati, Amma ya sifun, wasalamun ’alaimursalin, walhamdulillahi rabbil ’alamin.
Jum’at 3 September 2005

 












DO”A DALAM AL=QUR”AN

"ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Yang mengetahui barang ghaib dan yang nyata, Engkaulah Yang memutuskan antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang selalu mereka memperselisihkannya". (QS. 39:46)

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdo'a:"Ya Rabb-ku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman:"Dan kepada orang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali". (QS. 2:126)

:"Ya Rabb kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:127)

Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak-cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. 2:128)

Ya Rabb kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab (al-Qur'an) dan hikmah serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 2:129)

:"Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. (QS. 2:200)

"Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. 2:201)

"Ya Rabb kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir". (QS. 2:250)

:"Rabbku ialah yang menghidupkan dan mematikan". Orang itu berkata:"Saya dapat menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata:"Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu heran terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS. 2:258)
Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". (QS. 2:285)

Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS. 2:286)

Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)" (QS. 3:8)
Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya". Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. (QS. 3:9)
Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. 3:16)

Ya Rabb kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)". (QS. 3:53)

Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-berlebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS. 3:147)

Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. 3:191)

Ya Rabb kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (QS. 3:192)

Ya Rabb kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti. (QS. 3:193)

Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji". (QS. 3:194)

Ya Rabb kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau". (QS. 4:75)

Ya Rabb kami, mengapa engkau wajibkan berperang kepada kami Mengapa tidak engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi" Katakanlah:"Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertaqwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun". (QS. 4:77)

Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran al-Qur'an dan kenabian Muhammad saw). (QS. 5:83)

Ya Rabb kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezkilah kami, dan Engkaulah Pemberi rezki Yang Paling Utama". (QS. 5:114)

Ya Rabb kami, sesungguhnya sebahagian dari pada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami". Allah berfirman:"Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal didalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)". Sesungguhnya Rabbmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (QS. 6:128)

Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi". (QS. 7:23)
Ya Rabb kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman:"Masing-masing mendapat (siksaan), yang berlipat ganda akan tetapi kamu tidak mengetahui". (QS. 7:38)

Ya Rabb kami jangan Engkau tempatkan kami bersama-sama dengan orang-orang yang zalim itu". (QS. 7:47)
Ya Rabb kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya. (QS. 7:89)

Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)". (QS. 7:126)

Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, (QS. 10:85)

Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, Ya Rabb kami akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau.

Ya Rabb kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih". (QS. 10:88)

Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS. 14:37)

Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit. (QS. 14:38)

Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)". (QS. 14:41)

Ya Rabb kami, beri tangguhlah kami (kembalikan kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul".(Kepada mereka dikatakan):"Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa, (QS. 14:44)

Ya Rabb kami mereka inilah sekutu-sekutu kami yang mereka dahulu kami sembah selain dari Engkau". Lalu sekutu-sekutu mereka mengatakan kepada mereka:"Sesungguhnya kamu benar-benar orang yang dusta". (QS. 16:86)

Ya Rabb-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. (QS. 17:80)

Ya Rabb kami, sesungguhnya kami khawatir bahwa ia segera menyiksa kami atau akan bertambah melampaui batas" (QS. 20:45)

Ya Rabb kami, mengapa tidak Engkau utus seorang rasul kepada kami, lalu kami mengikuti ayat-ayat Engkau sebelum kami menjadi hina dan rendah?" (QS. 20:134)

Ya Rabb, jika Engkau sungguh-sungguh hendak memperlihatkan kepadaku azab yang diancamkan kepada mereka, (QS. 23:93)

Ya Rabb kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang tersesat. (QS. 23:106)
Ya Rabb kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim". (QS. 23:107)

Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik. (QS. 23:109)

Ya Rabb kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasan yang kekal". (QS. 25:65)

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. 25:74)

Ya Rabb kami, mengapa Engkau tidak mengutus seorang rasul kapada kami, lalu kami mengikuti ayat-ayat Engkau dan jadilah kami termasuk orang-orang mu'min". (QS. 28:47)

Ya Rabb kami, mereka inilah orang-orang yang kami sesatkan itu; kami telah menyesatkan mereka sebagaimana kami (sendiri) sesat, kami menyatakan berlepas diri (dari mereka) kepada Engkau, mereka sekali-kali tidak menyembah kami". (QS. 28:63)

Ya Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin". (QS. 32:12)

Ya Rabb Kami, sesungguhnya kami telah menta'ati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar). (QS. 33:67)

Ya Rabb kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar". (QS. 33:68)

Ya Rabb kami jauhkanlah jarak perjalanan kami", dan mereka menganiaya diri mereka sendiri; maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur. (QS. 34:19)

Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan".Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (QS. 35:37)

Ya Rabb kami cepatkanlah untuk kami azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari berhisab". (QS. 38:16)
Ya Rabb kami; barang siapa yang menjerumuskan kami ke dalam azab ini maka tambahkanlah azab kepadanya dengan berlipat ganda di dalam neraka". (QS. 38:61)

Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala, (QS. 40:7)

ya Rabb kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (QS. 40:8)

Ya Rabb kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula), lalu kami mengakui dosa-dosa kami.Maka adakah suatu jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)" (QS. 40:11)

Ya Rabb kami perlihatkanlah kepada kami dua jenis orang yang telah menyesatkan kami (yaitu) sebagian dari jin dan manusia agar kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina". (QS. 41:29)

Ya Rabb kami, lenyapkanlah dari kami azab itu.Sesungguhnya kami akan beriman. (QS. 44:12)
Ya Rabb kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh". (QS. 50:27)

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang". (QS. 59:10)

Ya Rabb kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali, (QS. 60:4)

Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami Ya Rabb kami. Sesungguhnya Engkau, Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (QS. 60:5)

Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar