Jumat, 25 Oktober 2013

Mario Teguh Super Point



01.    Mario Teguh Super Point

Langkah pertama untuk mendapatkan hal-hal yang kita inginkan dalam hidup adalah ide. Yang pertama adalah putuskan apa yang anda pikirkan, tetapi bukan hanya itu betul-betul putuskan apa yang betul-betul anda inginkan. Sebagian besar orang sudah mengetahui apa yang diinginkannya dan dengan cepat bisa menjawab ini yang saya inginkan. Tetapi ia tidak cepat menjawab apa bila ditanya untuk apakah yang anda inginkan itu, apabila ia mengetahui untuk apa yang dia inginkan itu lalu coba kita tanya lagi mengapa anda menginginginkan itu karena sebagian besar orang bisa menjelaskan untuk apa dia mencapai sesuatu baru bisa menjawab mengapa dia ingin mencapai itu biasanya adalah orang-orang yang betul-betul tahu dengan apa yang akan dicapainya, apa yang betul-betul diinginkannya, jadi apabila kita ingin mencapai banyak hal dalam hidup ini pastikan kita mengetahui hal pertama yang menjadi syarat bagi pencapaian itu semua, yaitu pengetahuan yang jelas tentang apa yang anda inginkan, bukan hanya itu terutama apa yang betul-betul anda inginkan. Bila dikepala kita terdapat banyak keinginan, pilihlah satu yang paling anda sukai karena kesukaan anda pada sesuatu adalah kesungguhan anda untuk betul-betul melaksanakannya didalam alam tindakan yang sebetulnya. Jadi putuskan apa yang anda inginkan.

02.    Mario Teguh Super Point

Kita harus selalu berupaya menggunakan semua yang kita ketahui untuk mendapatkan semua yang kita inginkan. Sebagian besar orang hidup dalam penggerahan kemampuannya yang dibatasinya. Dia dibatasi oleh kesan bahwa ia tidak boleh bekerja keras karena gajinya kecil, Dia dibatasi oleh kesan dia tidak boleh mencoba banyak hal karna dia akan banyak gagal, atau dia dibatasi oleh kesan bahwa orang yang lebih pandai dari dirinyapun sering gagal apalagi dia, maka apabila orang yang merasa bahwa dirinya tidak cukup pandai bahwa dirinya tidak sepandai orang lain. Bahwa dia tidak cukup berpengalaman untuk berhasil mereka justru orang-orang yang harus sebanyak mugkin menggunakan semua yang diketahuinya. Semua yang mampu diketahuinya dan semua yang banyak digunakannya sebagai sarana untuk membantu, semakin lemah seseorang kalau dia semakin bersungguh-sungguh tanpa menggunakan semua kekuatan dan bantuan yang ada disekitarnya. Jadi untuk mencapai semua yang kita inginkan, kita harus belajar untuk menggunakan semua yang kita ketahui.

03.    Mario Teguh Super Point

Rancanglah hidup anda, karena apabila anda tidak merancang hidup anda sendiri kesempatan terbaiknya adalah anda akan jatuh dalam kategori pribadi yang hidupnya dirancangkan oleh orang lain, itu sebabnya banyak diantara kita yang mengeluh tentang hidupnya kalau otomatis dia tidak akan bahagian hidupnya kalau dirancang oleh orang lain. Mengapa dia menolak untuk kerja keras, karena itu bukan rancangannya. Seadainya dia sadar bahwa rancangan yang paling sesuai bagi hidupnya adalah rancangannya sendiri maka setiap orang akan merancang hidupnya penuh dengan kecintaan karena itu adalah hidup dengan polanya akan menentukan apa yang dilakukannya dari hari kehari dan dari jam kejam. Bila rancangan hidup yang diterapkan oleh orang kepada kita tidak sesuai maka upayakan untuk menghasilkan jauh lebih baik dari yang mereka harapkan dan dengan janji apabila anda untuk diberikan kewenangan untuk rancangan anda sendiri akan lebih banyak hasil yang anda sumbangkan untuk orang lain, masyarakat , organisasi yang melihat bahwa anda akan jauh menghasilkan dengan rancangan anda sendiri anda akan disediakan kesempatan untuk merancang hidup anda sendiri dan hidup dalam kepemimpinan adalah hidup dalam berorganisasi, jadi orang yang akan merancang hidupnya dengan baik yang dampaknya baik bagi organisasi, akan ditaruh ditempat yang tinggi di tempat kepemimpinan, jadi rancanglah hidup anda atau nanti orang lain yang akan merancang hidup anda

04.    Mario Teguh Super Point

Bangunlah kekuatan dalam komunikasi anda dengan orang lain melalui kepedulian yang dalam, semakin anda peduli dengan keberhasilan orang semakin anda kwatir atas kegagalan orang semakin anda kuat dalam komunikasi anda, karena orang-orang yang dilihat peduli tentang keberhasilan orang akan menjadi acuan bagi cara-cara mencapai keberhasilannya, orang-orang yang dilihat kuatir atas kegagalan orang lain akan menjadi acuan bagi cara-cara menghindari kegagalan. Tidak ada yang lebih tajam memotong batasan-batasan pengertian, tidak ada yang lebih kuat menembus halangan-halangan persepsi kecuali kepedualian yang dalam mengenai keadaan orang lain. Sehingga apabila anda  ingin menjadi seorang komunikator, seorang yang mempengaruhi orang lain dengan baik dengan kuat, jadilah orang yang kepeduliannya baik dan kuat juga, jadi sisipkanlah kepedulian yang dalam sebuah komunikasi anda, sehingga nanti anda mendapat tingkat pengaruh yang besar dengan semua interaksi yang ada dengan orang lain. Semakin anda peduli semakin kuat dalam komunikasi anda,

05.    Mario Teguh Super Point

Untuk mencapai kebahasiaan ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk sampai kepada keadaan dimana kita disebut bahagia. Salah satu caranya adalah belajar untuk menjadi gembira, menjadi tenang dan menjadi bahagia. Dengan apapun yang kita miliki selama kita mengejar dan mengupayakan hal-hal yang kita ingin miliki, kebahagiaan bukan sebuah kejadian yang tidak disengaja, kebahagiaan bukan juga sesuatu yang bisa diharapkan, kebahagiaan juga keadaan dimana ketidakbahagiaan menguasai, sehingga orang-orang yang mengisi hatinya dengan hal-hal yang tidak membahagiakannya otomatis tidak akan menjadi orang yang bahagia. Dengan demikian mengetahui kita kurang bahagia dan menghindarinya masuk di dalam lingkungan pemikiran dan perasaan kita, membuat kita mudah menjadi orang yang berbahagia, kebahagiaan adalah masalah keputusan  maka putuskan untuk berbahagia, dan apabila sebagian besar dari kebahagiaan kita datang dari reaksi kita terahadap lingkungan kita maka bereaksilah yang baik, bereaksilah yang memungkinkan kebahagiaan. Mohon anda ingat untuk berbahagia kita tidak harus mengorbankan kebahagiaan yang lain. Kebahagiaan adalah suatu keadaan dimana kita menjadi pemilik sepenuhnya dari keadaan itu maka putuskanlah untuk berbahagia.


06.    Mario Teguh Super Point

Riview, tinjaulah kembali hari-hari anda, pada akhir hari anda harus bisa seolah-olah mainkan rekaman kembali semua sikap, semua tataran pikiran dan prilaku kita hari ini. Sehingga kita bisa menyimpulkan rekaman kita hari ini karena rijim rekaman kegiatan kita hari ini hanya akan memberikan dua pilihan, yang pertama penuh dengan tepuk tangan keberhasilan bagi anda, yang kedua penuh dengan sengolan-sengolan resiko kita untuk memperbaiki, hai perhatikan yang dilakukan tadi itu menyinggung perasaan kita, yang dilakukan tadi agak tergesa-gesa sehingga melihat anda terlalu menginginkan ini. Atau memberikan tepuk tangan meriah kepada anda dan mengatakan superman, superboy karena itu tadi membuat anda dikenal rendah hati. Super sekali karna itu membuat anda di nilai pandai tanpa menonjolkan kepandaian, reviewlah apapun yang kita lakukan setiap hari, cek semua tatanan sikap, check semua pola pikir kita  dan perhatikan yang anda lakukan dan apa reaksi orang terhadap yang anda lakukan dengan itu anda bisa memaksimalkan review yang memberikan tepuk tangan lebih banyak dari pada review-review yang mengingatkan anda memperbaiki diri jadi riviewlah, tinjaulah kembali hari-hari anda.

07.    Mario Teguh Super Point

Janganlah meninggalkan dunia ini dengan lagu-lagu yang belum sempat dinyanyikan, banyak sekali orang yang berencana banyak, menyusun rangkaian kata yang indah kemudian nada-nada yang disusunnya yang akan dinyanyikannya bila nanti ia punya banyak waktu atau bila nanti ada kesempatan, sebagian besar orang meninggalkan kehidupan ini dengan lagu-lagu yang belum sempat dinyanyikannya. Itu sebabnya nyanyikanlah lagu anda, jangan lagi anda menunggu komposisi yang baik atau susunan lirik terindah dari lagu yang akan anda nyanyikan, nyanyikanlah karena sebagian besar lagu disambut dengan kecintaan oleh para pendengarnya, bukan karena lagunya tetapi karna yang menyanyikannya, itu sebabnya nyanyikanlah sebanyak mungkin lagu supaya kita bisa menjadi penyanyi yang mengundang kecintaan bukan penyanyi yang membayangkan nyanyiannya yang membayangkan pelaksanaannya dari rencana-rencananya tetapi berangkat dengan tidur yang penuh penyesalan mengapa hari ini saya tidak menyanyi, jadi semua kita asma taunya mengenai apa yang menghasilkan dengan apa yang tidak menghasilkan maka nyanyikanlah lagu apapun dan kemudian temukanlah dengan penuh kecintaan bahwa ternyata lagu yang lagu yang kita pilih adalah lagu yang mengembangkan karir kita dan menaruh kita ditempat yang tinggi. Jadi jangan sampai kita meninggalkan mendengarkan lagu lagu yang penuh sampah.

08.    Mario Teguh Super Point

Tidak ada kelangkaan kesempatan untuk menjadi berhasil dalam kehidupan ini, yang ada hanyalah kelangkaan kesungguhan untuk betul-betul meliputi rencana kita dan terjun dalam pelaksanaan yang sebenarnya, rencana kita untuk mencapai keberhasilan atau contoh-contoh dari mereka yang sudah berhasil, yang sudah mudah memenuhi masalah pembicaraan wacana dihalaman-halaman majalah, atau didalam pembicaraan keseharian kita, contoh-contoh mengenai keberhasilah orang sudah ada, tetapi kurang diperhatikan adalah contoh-contoh mengenai kegagalan orang-orang yang seharusnya bisa menjadi hebat hanya karena mereka tidak bersungguh-sungguh membawa dirinya melalui rencana-rencananya, keberhasilan tidak berada dalam alam nyata, keberhasilan hanya berada dalam alam tindakan. Itu sebabnya bukan kelangkaan kesempatan yang mengganggu sebagian besar orang, tetapi kelanggkaan dari kesungguhan untuk melangkah menuju rencana-rencana, kita anda, saya dan para bintang bukanlah orang yang kurang dari kualitas, bukanlah orang yang melangkah dari kesungguhan, jadi tidak ada kelangkaan kesempatan untuk menjadi berhasil dalam kehidupan ini.

09.    Mario Teguh Super Point

Anda bertanggung jawab untuk apapun pilihan anda, dan tanggung jawab itu merentangkan diri dalam sepanjang hidup kita, boleh anda ingat bahwa kualitas hidup kita ditentukan oleh kualitas pilihan diri kita. Itu sebabnya sebagian besar orang tidak memutuskan atau memutuskan untuk tidak memilih karena mereka mengenali resiko dari keinginan itu. Tetapi tanggung jawab terbesar dalam hidup ini bukan karna memutuskan untuk memilih lalu salah dalam bertanggung jawab, tetapi yang lebih parah adalah tidak memutuskan untuk memilih dan bertanggung jawab karena tidak adanya keinginan, orang-orang yang tanggung jawabnya karena tidak memilih akan menjadi pihak yang ditentukan oleh lingkungannya memikul beban dari kesalahan pilihan dirinya, itu sebabnya kita harus yakin sekali bahwa kita bertanggung jawab atas pilihan-pilihan kita. Jadi anda bertanggung jawab untuk apapun pilihan anda dan tanggung jawab itu merentang diri sepanjang hidupnya. Maka putuskan untuk memilih bahkan pada saat anda tidak memilih anda pun sudah memilih yaitu memilih untuk tidak memilih.

10.    Mario Teguh Super Point

Dalam hidup ini kita bukan hanya disebut tua, karna kita sudah melampaui banyak tahun tapi kita terutama disebut menua apabila kita telah meninggalkan cita-cita kita, kita meninggalkan kesegaran dari keremajaan cita-cita, kekuatan dan semangat dari keinginan yang membuat selama ini kita bertahan untuk menghadapi masalah untuk menerima tantangan dengan gembira atau untuk menerima keraguan orang dengan kemapanan hati yang tak bergetar. Kita tidak bisa disebut tua selama cita-cita itu ada didalam diri kita selama keinginan diri untuk menjadi lebih besar dari diri kita saat ini masih ada persemayan dihati ini, maka janganlah anda meninggalkan cita-cita anda, janganlah matikan keceriaan, hindari keinginan-keinginan anda, jangan lemahkan kesungguhan untuk mencapai hal-hal yang membesarkan kita, pastikan anda tumbuh dalam keremajaan cita-cita,karena kita tidak bisa disebut tua karna kita hidup dalam pikiran tahun yang banyak, banyak orang berupaya menegarkan kembali hidupnya dengan cara menegarkan cita-citanya. Padahal hal yang paling sederhana adalah menjaga cita-cita yang hidup dan memperbaharui semangatnya. Jadi kita hanya bisa disebut tua apabila kita meninggalkan cita-cita ktia.




11.    Mario Teguh Super Point

Rencanakanlah hidup anda seperti anda merencanakan libur anda, banyak orang merencanakan liburanya dan kegembiraan dengan kecintaan yang tidak terlihat pada saat ia merencanakan kehidupannya. Mungkin mereka lebih tertarik merencanakan liburan karena jelas sekali pandangan didepan bahwa mereka akan gembira, bahwa mereka akan masuk dalam suatu keadaan atau mereka betul-betul bebas melakukan yang mereka inginkan, mereka tidak mempunyai kecintaan seperti itu dalam merencanakan hidupnya karna yang dilihatnya adalah perjalanan yang penuh dengan cobaan dengan masalah dan tantangan, bagaimana kalau mulai hari ini kita lihat hidup kita sebagai sebuah liburan, sebagai sebuah exuation, dimana kita akan gembira, dimana masalah adalah sesuatu yang harus dilampaui sebagai pembuktian mengenai kualitas diri dan kesungguhan untuk berhasil dan kita akan menyusun semua rencana itu dengan kegembiraan seperti kita akan liburan. Bangun pagi sedini mungkin seperti hidup ini seperti liburan, dan bekerja penuh kegembiraan seperti hidup ini sebuah liburan apabila itu sudah kita gunakan maka kita akan masuk kesebuah kemiripan yang indah antara mereka yang bergembira hanya saat merencanakan liburan dengan kita yang bergembira saat kita merencanakan kehidupan karena hidup ini seharusnya lebih indah dari sebuah liburan maka rencanakanlah kehidupan anda seperti anda merencanakan liburan

12.    Mario Teguh Super Point

Utamakanlah tindakan hendri kalerki pernah mengatakan bahwa semakin beliau tumbuh mengamati orang semakin beliau mengerti bahwa kita tidak harus selalu mudah dipengaruhi oleh apa yang dikatakan orang, tetapi perhatikanlah apa yang mereka lakukan, sebagian besar kualitas orang, sebagian besar rencana-rencananya ada didalam yang dilakukannya dan sedikit yang ada didalam yang dikatakannya, itu sebabnya dianjurkan utamakan pembuktian dari kata-kata kita dan pembuktian yang terbaik adalah didalam tindakan apabila anda mengatakan bahwa saya akan menjadi pemimpin yang efektif di organisasi ini maka pembuktian terbaiknya ada dalam tindakan bukan dalam kata-kata yang mengatakan anda telah berubah, perlu anda ingat bahwa kita sering menilai diri dari yang kita pikir bisa kita kerjakan dan itu semua ada dalam kata-kata kita. Tetapi orang menilai kita dari apa yang sudah kita kerjakan dan itu semua ada dalam tindakan kita, sehingga dinilai orang mahal dalam organisasi dilingkungan kita, jadilah orang yang penuh dengan tindakan yang kualitasnya lebih baik dari yang kita katakan. Jadi perhatikan tindakan karena tindakan itu lebih kuat dari kata-kata.

13.    Mario Teguh Super Point

Utamakanlah kebaikan dalam sebuah pertemuan anda dengan orang lain utamakanlah untuk memperhatikan kebaikan-kebaikan mereka, kecenderungan kita untuk memperhatikan keburukan telah ada lama bersama kita, dan sedikit memberikan bantuan demi kemajuan karir dan kualitas hidup kita. Mulai hari ini berfokuslah pada kualitas-kualitas yang baik pada setiap individu yang kita temui. Lalu dengan cemerlangnya kebaikan itu nampak dimata kita, cobalah untuk menjadi pribadi-pribadi yang baru yaitu peribadi lama kita yang menerangkan nilai-nilai baik yang kita lihat pada setiap individu yang kita temui hari ini. Dengan menirukan kebaikan-kebaikan itu semua kekurangan dan semua kelemahan-kelemahan yang memperlambat dan menghambat perjalanan kita selama ini akan gugur berjatuhan seperti nya gugur jatuhnya daun disaat mereka seharusnya jatuh. Dan jadilah pribadi yang menerima tamu-tamu kebaikan yang banyak sekali dipikiran dan dihati ini sehingga tidak ada tempat pikiran dan sikap-sikap buruk pada diri ini. Jadi utamakanlah kebaikan.

14.    Mario Teguh Super Point

Tidak ada kebahagian pada pribadi-pribadi dimana ada jarak yang besar diantara yang dipercayainya dan yang dilakukannya. Perbedaan antara yang dipercayainya atau yang diyakininya dengan yang dilakukannya bisa mengindikasikan besarnya keraguan mengenai haknya untuk berhasil. Atau bisa juga mengindikasikan sesuatu yang paling umum yaitu rendahnya kesungguhan untuk menjadi pribadi yang dikatakannya untuk berprilaku sesuai yang dilakukannya atau untuk menjadi kebaikan yang dikatakannya, sehingga hidupnya penuh dengan kegelisahan antara yang harus dikatakannya dan yang harus dibuktikannya dengan ternyata yang sedikit yang dibuktikan oleh tindakannya. Rencana-rencana besar, keyakinan-keyakinan besar       menuntut adanya tindakan-tindakan besar, itu sebabnya dia merasa gelisah dan merasa tertekan karena tindakan-tindakannya yang kecil tidak cukup memberinya nilai untuk menjadi pribadi yang pantas bagi yang diyakininya, bagi yang dipercayainya, jadi tidak ada kebahagiaan dari pribadi-pribadi dimana ada jarak yang besar antara yang dipercayainya dan yang dilakukannya

15.    Mario Teguh Super Point

Bertaruh itu memang dilarang, bertaruh itu memang tidak mulia, tetapi kita memang harus bertaruh dengan kesungguhan untuk keberhasilan ide-ide kita, ternyata hal-hal yang paling membedakan keberhasilan bukan karena orang lain lebih mampu dari kita. Bukan karena ide mereka lebih cemerlang, tetapi sebagian besar alasan keberhasilan orang itu dan keberhasilan yang dijanjikan kepada kita adalah apabila ide-ide kita didukung dengan kesungguhan sampai berani bertaruh mengenai keberhasilan ide itu. Seseorang yang tidak berani mempertaruhkan banyak untuk ide-idenya tidak akan bekerja keras untuk mendukung pembuktian dari ide-idenya, seolah-olah kita diundang untuk berani mempertaruhkan semua yang kita miliki dalam kehidupan ini untuk keberhasilan ide-ide kita. Apabila anda memutuskan untuk menaruh semua yang anda miliki sebagai taruhan bagi keberhasilan ide anda dan gagal anda akan menjadi pribadi yang siap menerima kegagalan dan keluar dari kegagalan itu dengan pertaruhan baru mengenai sebuah ide yang mengeluarkan anda dari kesulitan itu, sehingga bisa kita simpulkan bahwa sedikit sekali kemungkinan orang yang gagal apabila berani mempertaruhkan hidupnya untuk yang diyakininya






16.    Mario Teguh Super Point

Jadikanlah pribadi anda yang bisa membantu bukan pribadi yang meminta-minta bantuan, ada dua kemampuan bila kita tidak bisa menguasai yang pertama kita harus ahli tentang yang kedua, anda harus membangun keahlian dalam menjadikan diri anda mampu menghasilkan lebih dari kebutuhan anda dan menjadikan diri anda menjadi pribadi yang mampu bila anda tidak ahli dalam membangun kemampuan yang mampu anda harus membangun kemampuan untuk mengharapkan dan meminta bantuan dari orang lain. Mohon anda segarkan dalam kesadaran anda bahwa keberhasilan tidak terjadi dengan sendirinya. Keberhasilan harus disebabkan maka mari kita semua terlibat dari suka cita dalam kesibukan-kesibukan yang menjadikan sebab bagi keberhasilan-keberhasilan kita. Janganlah menjadi pribadi yang berharap banyak, menuntut banyak tetapi yang membangun sedikit sebab bagi haknya untuk berhasil, janganlah menghindari sebuah pekerjaan hanyalah pekerjaan itu kelihatan kecil dan tidak penting karena semua hal besar dimulai dari hal-hal kecil yang dilakukan penuh dengan kesungguhan, lakukanlah pekerjaan-pekerjaan kecil seolah-olah mereka itu pekerjaan besar dan itu akan membebasan anda dari perasaan sesuatu yang berat, pilihannya sudah jelas, anda harus menjadi ahli dalam menghasilkan bagi diri sendiri dan kemudian membantu orang lain atau anda harus menjadi ahli dalam mengharapkan dan meminta-minta bantuan dari orang lain.

17.    Mario Teguh Super Point

Lakukanlah sebelum anda siap, semua keberhasilan bergantung pada kualitas proses pencapaiannya, dan semua proses untuk mencapai keberhasilan sangat bergantung kepada mulainya, kepada awalannya, tidak akan ada sebuah perjalanan yang akan kita alami dan kita ceritakan keindahan dan tantangan-tantangannya bila kita tidak memulainya, tidak ada sebuah proses yang memungkinkan pencapaian keberhasilan bagi kita bila kita tidak memulainya maka memulai sesuatu, memulai apapun bisa jadi menjadi kepentingan dari seluruh prosesnya, bila saja kita dulu memulai apapun yang kita rencanakan dulu mungkin saat ini kita terlibat dalam sesuatu yang penting dan besar. Kita semua mampu untuk melakukan atau mendapatkan bantuan untuk melakukan sesuatu yang besar dan penting tetapi tidak akan ada keterlibatan yang indah itu bila kita tidak memulai, pengertian itu mudah kita terima tetapi mengapa kita selalu menunda semua dari rencana-rencana kita apakah kita merasa belum siap, bila kita harus menunggu semua kesiapan dari semua hal yang mendukung pelaksanaan dan menjamin keberhasilan dari rencana-rencana kita maka tidak akan ada apapun di dunia ini yang akan kita mulai, maka mulailah sebelum anda siap. Dalam perjalanan itulah anda akan membangun kesiapan yang lebih baik karena bisa saja anda menemukan bahwa yang selama ini anda siapkan adalah persiapan yang salah yang tidak berguna bagi yang sedang anda kerjakan, maka mulailah dalam proses kerjalah anda akan menemukan banyak solusi bagi masalah-masalah anda memang betul bahwa tidak semua diantara kita telah siap untuk menyelesaikan proyek-proyek bisnis dan proyek-proyek kehidupan kita dengan baik tetapi setiap orang, siapapun mempunyai kesiapan yang cukup untuk memulai maka mulailah sebelum anda siap.

18.    Mario Teguh Super Point

Setiap pemberhentian adalah awal dari perjalanan berikutnya, dan setiap pintu keluar adalah pintu masuk ke ruangan yang lain. Maka perhatikanlah perjalanan karir kita adalah sebuah proses perpindahan dari satu pengertian ke pengertian berikutnya. Mereka yang mencapai hasil yang banyak dan yang besar dan yang tinggi adalah mereka yang tidak berhenti lama sebelum mereka memulai lagi. Mereka yang mencapai lambat mendapat hak nya untuk berhasil adalah biasanya orang-orang yang memperlakukan tempat-tempat pemberhentian betul-betul sebagai tempat berhenti. Padahal tempat pemberhentian adalah tempat transisi antara sebuah perjalanan ke perjalanan berikutnya. Dipemberhentian itulah kita membangun kesiapan yang lebih baik bagi perjalanan berikutnya. Itu sebabnya anda dianjurkan untuk membuat tempat-tempat berhenti yang terukur dan teratur, ternyata orang-orang yang sering berhenti justru orang-orang yang lebih berhasil dari pada mereka yang bekerja tanpa henti, asal yang sering berhenti itu langsung segera memulai lagi dengan kualitas semangat dan kemampuan yang terperbaiki, kita hanya menghubungkan awal dari sebuah perjalanan ke akhir perjalanan itu dengan kualitas perjalanan yang sebaik-baiknya, sehingga janganlah anda merasa sudah sampai setiap pemberhentian adalah awal dari perjalanan berikutnya, an setiap pintu keluar adalah pintu masuk ke ruangan yang lain.

19.    Mario Teguh Super Point

Ubahlah perasaan anda menjadi aktivitas kerja yang nyata, setelah apa yang anda inginkan menjadi jelas bagi anda, bangunlah perasaan-perasaan yang kuat bagi pencapaian dari keinginan-keinginan anda itu . bangunlah perasaan yang kuat dari keinginan anda menjadi yang anda impikan untuk melakukan apa yang anda sukai dan untuk memiliki yang anda idamkan, bayangkanlah keindahan-keindahan yang berada dalam kendali anda nanti tentang perasaan suka cita mengenai pencapaian, tujuan-tujuan anda kemudian segera ubahlah perasaan-perasaan kuat itu kedalam aktifitas dan kegiatan yang nyata, segera setelah anda merasa bersemangat bertindaklah. Keindahan-keindahan yang anda inginkan itu bisa dicapai dengan tindakan yang nyata dengan pekerjaan dan kerja keras yang sebenarnya, impian-impian anda akan menjadi kenyataan hanya menuliskannya dalam bentuk selogan dan meneriakkannya dengan penuh semangat, anda disebut betul-betul bersemangat bila anda segera terlibat dalam pekerjaan-pekerjaan yang nyata mengepalkan tenju dan meneriakan yeal-yeal mengenai pihak keberhasilan anda adalah bayangan dari sebuah pohon buah, berkeringat dan letih dalam pekerjaan yang sebenarnya adalah pohon yang sedang berbuah dan janganlah hanya menjadi bayangan dari keinginan-keinginan anda segeralah sehingga anda berada dalam bayangan-bayangan anda dan impian anda menjadi semangat dalam segera dan langsunglah anda mengubah perasaan bersemangat itu menjadi aktivitas kerja yang sebenarnya ubahlah perasaan kuat anda dalam kegiatan-kegiatan tubuh yang menghasilkan pada saat anda letih dan beristirahat istirahat anda menjadi proses peremajaan tenaga dan keinginan anda untuk mencapai semua yang anda impikan dan anda idamkan dan anda rencanakan, maka bersemangat baiklah mengenai kemungkinan-kemungkinan yang bisa anda capai, rampunglah perasaan-perasaan kuat mengenai keinginan-keinginan anda Ubahlah perasaan anda menjadi aktivitas kerja yang nyata
20.    Mario Teguh Super Point

Janganlah anda membuat rencana-rencana yang kecil, buatlah rencana-rencana yang besar, rencana-rencana yang kecil akan mudah tercapai bahkan pencapaiannya sudah lama terbayang jauh sebelum kita memulainya. Itu sebabnya rencana-rencana kecil tidak mempunyai pengaruh-pengaruh yang besar untuk membuat kita bersemangat, yang pasti rencana-rencana kecil anda tidak akan menarik perhatian orang lain untuk menjadikan anda sebagai pemimpin mereka, maka rencanakanlah pencapaian hal-hal yang besar lihatlah keatas, hanya orang yang melihat keatas yang melihat jalan naik, bila proses melihat keatas tersebut maka akan disilaukan dan akan dikecilkan oleh kecemerlangan para pemenang yang telah lama mencapai kelas-kelas kebintangan di atas sana, jadikanlah perasaan tertinggal itu sebagai tenaga pemaksa untuk memusatkan perhatian dan penggunaan dari semua kemampuan anda untuk mencapai kelas pemenang dalam pemilihan karir dan bisnis anda. Janganlah membuat rencana-rencana yang kecil, janganlah anda memboroskan keindahan dan penciptaan anda pada tujuan-tujuan kecil, buatlah rencana-rencana yang besar, sesuaikanlah potensi kebintangan anda dari potensi pekerjaan anda dari jalan yang anda pilih sebagai pengantar menuju keberhasilan anda, bersemangatlah anda dengan kemungkinan-kemungkinan anda, bayangkanlah keberhasilan yang mendebarkan hati anda dan bersegeralah anda bekerja keras untuk mencapainya, itu sebabnya janganlah anda membuat rencana-rencana yang kecil, buatlah rencana-rencana yang besar.

21.    Mario Teguh Super Point

Bila anda belum menemui jawaban untuk kehidupan anda, anda tetap bisa hidup dalam pertanyaan anda. Apakah anda sekarang sedang mencari dan menunggu jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan mengenai hidup dan kehidupan ini, apakah jawaban dari pertanyaan anda itu belum anda temukan anda menjadi separuh dari pribadi yang sebetulnya anda bisa menjadi apakah belum jelas bagi anda alasan, logika dan rasional dari keharusan menjadi seorang pekerja keras, untuk menjadi seorang yang jujur, penyayang dan yang mendahulukan kebaikan, apakah belum jelas alasan bagi itu semua, sehingga menunda anda untuk menjadi pribadi anda yang terbaik, janganlah lagi menunggu sebuah jawaban yang tepat untuk memulai kehidupan yang penuh dan meriah anda tetap berkesempatan untuk memimpin sebuah kehidupan yang berhasil dengan sebuah pertanyaan yang tepat dihati anda bersabarlah dengan kerangkaian anda bagi jawaban-jawaban yang telah lama anda tunggu. Mulai hari ini bangunlah perasaan kasih sayang bagi pertanyaan anda mengenai kehidupan, hiduplah dengan pertanyaan itu karna mungkin itulah yang baru tersedia bagi anda atau yang lebih baik lagi mungkin pertanyaan itulah menjadi jawaban bagi kehidupan anda bukankah jawaban terbaik bagi sebagian pertanyaan adalah juga sebuah pertanyaan, bila anda belum menemukan jawaban bagi pertanyaan kehidupan anda, anda tetap bisa hidup penuh dan meriah dalam pertanyaan anda. 


22.    Mario Teguh Super Point

Selalu upayakanlah jawaban-jawaban anda berada jauh dibelakang lidah anda, berhati-hatilah dengan apa yang anda katakan sebagian besar masalah dalam keseharian kita datang dari mulut masalah bisa datang karena kita salah takan itu karna kita salah bicara, maka berhati-hatilah, dengan kesadaran itu anda akan menjadi pribadi yang bijak dengan yang akan anda katakan dalam berbicara dan dalam menjawab pertanyaan orang lain. Ingatlah kata-kata yang sering terucapkan tidak bisa kita tarik kembali tubuh kita menjadi korban dan terbayang bagi terpelesetnya kaki, tetapi keseluruhan kualitas hidup kita bisa menjadi korban dan pembayar bagi terpelesetnya lidah, maka pastikanlah anda bersedia cukup waktu dari dampak apa yang anda katakan. Pilihlah dampak yang memilih kebaikan bagi orang lain atau paling tidak pilihlah kata-kata yang membangun perasaan baik pada diri mereka yang mendengarkan anda. Dengan berjalannya waktu anda akan menjadi lebih pasif. Bukan hanya dengan pemilihan kata-kata tetapi juga dengan kualitas penyampaian dari kata-kata anda. Bila anda memberikan perhatian yang baik pada ketaatan dan kualitas dari kata-kata anda orang akan mengembangkan hormat yang baik pula kepada anda. Karena bagi mereka anda tampil sebagai seorang yang berkapasitas baik dalam pemikiran dan kepedulian. Dan bila anda konsisten dalam menjaga kata-kata dan kualitas penyampaiannya untuk masa-masa yang lebih panjang, mereka akan menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan kepada nilai anda bagi mereka, maka perhatikanlah kualitas dari kata-kata anda dan kualitas dari penyampaiannya. Selalu upayakanlah jawaban-jawaban anda berada jauh di belakang lidah anda

23.    Mario Teguh Super Point

Anda bisa menjadi seperti yang anda rencanakan, rencana anda adalah perwujudan awal dari kesungguhan anda untuk mencapai keinginan-keinginan anda, kesungguhan berikutnya adalah melaksanakan rencana anda dengan sebetul-betulnya. Tanpa penundaan dan tanpa pengurangan kekuatan, bersahabatlah dengan orang-orang yang hatinya masih bergetar. Menunggu kedatangan-kedatangan dari kemungkinan-kemungkinan mereka, atau lebih baik lagi jadilah orang yang hatinya berdebar karena yang anda lakukan adalah ramah kepada kemungkinan-kemungkinan datangnya keberhasilan anda, maka buatlah rencana yang besar untuk masa depan anda, anda tidak mungkin bisa mendidihkan darah dan meledakkan hati orang lain dengan rencana-rencana kecil, susunlah rencana yang besar dan pastikanlah setiap hal kecil dalam keseharian anda adalah anak tangga dalam rencana-rencana anda. Mohon anda ingat bahwa tidak ada perbedaan-perbedaan besar antara tindakan mereka yang berencana besar atau yang berencana kecil yang pasti berbeda adalah arahnya, yang berbeda adalah keadaan yang akan dicapainya dan perbedaan yang lebih penting lagi adalah kesungguhan dan kualitas dari perjalananya. Rencana anda adalah kegiatan-kegiatan yang hasilnya adalah peningkatan-peningkatan kemampuan anda untuk mencapai lebih banyak dan lebih besar lagi. Rencana anda adalah peta perjalanan anda, bila dengan nya anda sampai pada tujuan perjalanan anda maka sebetulnya anda bisa menjadi seperti rencana anda. Anda bisa menjadi seperti yang anda rencanakan.


24.    Mario Teguh Super Point

Berjalanlah dengan berani, kehidupan ini semakin pelik dan bising dengan kesibukan banyak orang untuk mencapai keberhasilan karir dan kualitas kehidupan pribadi mereka. Tetapi bisa menenangkan pikiran dan perasaan kita untuk sesaat agar segera terlihat bahwa kehendak tidak sehati dengan banyak orang agar rasa takut yang besar dan dalam terhadap tuntutan hati kita seolah bisa mendengar pertanyaan dihati mereka akankah aku  mencapai keadaan yang aku cita-cita kan itu, pertanyaan itu muncul terlalu hebat, bahkan untuk dipikirkan oleh sebahagian sahabat kita bagi mereka untuk bisa menghubungkan tanggal gajian bulan lalu dengan tanggal gajian bulan ini saja. Telah memerlukan kegesikan dan batin yang melelahkan, tetapi kita harus berani atau setidaknya memberanikan diri karena seseorang bisa betul-betul hidup saat membebaskan dia dari rasa takut. Saat kita mencoba untuk berani kita akan merasa gamang seperti kehilangan satu kali. Tetapi bila kita tidak berani mencoba kita akan kehilangan keseluruhan hidup kita. Orang yang hidup dengan rasa takut seolah-olah tidak perlu hidup, tetapi hidup yang dijalani dengan keberanian tidak perlu dihidupi lagi, tidak perlu diulangi lagi dan tidak memerlukan keluhan seandainya hidup ini bisa aku ulangi lagi. Karena hidup yang kita jalani dengan berani akan penuh dengan cerita keberanian yang membanggakan bagi anak-anak yang kemudian menyandang nama kita yang memperdalam syukur bagi mereka yang mengenyam hasil kerja kita dan mengilhami mereka yang meneruskan langkah-langkah kita nanti, maka mulai hari ini berjalanlah dengan berani.

25.    Mario Teguh Super Point

Janganlah bermain kecil. Bermain kecil adalah permainan yang hasilnya lebih kecil dari pada potensi keunikan pribadi dan organisasi anda. Hampir semua orang memikirkan hal-hal besar, menginginkan yang besar cita-cita yang besar dan melamunkan hidup dalam kebesaran, tetapi tidak memiliki keberanian untuk bermain besar. Tidak sedikit diantara kita pemain-pemain kecil yang memilih permainan kecil karena takut akan resiko dari permainan-permainan besar, padahal kerugian dari permainan kecil lebih pasti kita dapatkan dari resiko dalam bermain besar. Ingatlah kita tidak mungkin menang besar kepada permainan kecil. Dalam salah satu tanda bahwa kita terlibat dalam permainan kecil bukanlah kekecewaan dari hasil yang kita capai tetapi keraguan mengenai masa depan dari yang sedang kita lakukan. Yaitu keraguan dari akan jadi apa kita nanti bila yang kita lakukan sekarang ini adalah hal-hal yang kecil, keraguan itu datang karena kita melihat hubungan dengan apa yang sedang kita kerjakan dan keinginan apa yang kita capai tetapi sebelum anda memutuskan untuk mengganti pekerjaan dan memulai pekerjaan sendiri pastikanlah bahwa anda telah bermain besar dengan apa yang sedang anda kerjakan sekarang. Tidak mungkin anda pindah dari pekerjaan besar dan berhasil bila cara-cara anda masih kecil, maka biasakan diri anda dengan peraturan dan keharusan-keharusan dalam permainan besar, karena anda harus membangun alasan yang pantas bagi ukuran-ukuran keberhasilan yang anda inginkan janganlah bermain kecil karena anda pantas mencapai hasil-hasil yang sesuai dengan potensi-potensi anda janganlah bermain kecil bermainlah besar.


26.    Mario Teguh Super Point

Janganlah membayangkan kehidupan tanpa masalah, dalam kesulitan keseharian kita tidak jarang kita membayangkan kehidupan yang lebih baik bila bisa menghilangkan semua masalah yang mengganggu pencapaian keberhasilan karir, keberhasilan bisnis dan pencapaian kualitas hidup yang prima. Lalu masih dalam angan kita setelah semua masalah itu tersingkirkan barulah kita bisa memulai lembaran hidup yang baru, padahal semua lembaran kehidupan karir, bisnis ataupun kehidupan pribadi kita tidak akan bisa lepas dari masalah atau hambatan, dengan begitu sebetulnya masalah-masalah dan proses-prosesnyalah yang menjadi hidup kita. Masalah dan penyelesaiannya adalah misi dari kehidupan kita, tidak ada hidup yang bersih dari masalah, justru keberhasilan kita mengatasi masalah itulah yang membuat kita disebut berhasil. Hanya orang yang lemah menerima kegagalan dan menyalahkan masalah. Anda dan saya melihat masalah sebagai ukur kemampuan baru kita. Bila kita belum berhasil itu hanyalah tanda bahwa kemampuan kita masih berada dibawah kekuatan masalah kita, dan karena sebagian besar hambatan tidak bisa dipikirkan, maka kitalah yang harus memperbesar diri, kitalah yang harus memperbesar kemampuan kita mengatasi masalah. Ingatlah bahwa masalah dan penyelesaiannya adalah isi dari kehidupan kita, maka janganlah membayangkan kehidupan anda tanpa masalah.

27.    Mario Teguh Super Point

Pasikanlah bahwa anda menjadi yang seharusnya anda menjadi. Kita harus menjadikan diri kita sesuatu yang bisa kita jadikan. Seorang penulis harus menulis buku terbaiknya, seorang pelukis harus menulis lukisan terbaiknya, demikian juga seorang pengubah lagu dia harus mengubah lagu terbaiknya, seorang profesional seperti kita andaikan saya harus membangun karir terbaiknya.apapun yang ingin kita capai harus kita capai, kesibukan, keasikan dan kesungguhan untuk mencapai yang tercapai dari yang bisa kita capai adalah membantuk identitas kita. Anda dikenal karena yang anda kerjakan dan anda dikenal karena anda melakukannya lebih baik dari orang lain dan anda lebih jauh dikenal lagi melakukan yang terbaik dari yang bisa anda lakukan untuk keuntungan terbaik orang banyak. Pastikan anda mempunyai gambaran yang baik mengenai mengapa anda ada dalam kehidupan ini. Dia yang tidak mengenal dengan jelas mengapa dia hadir dalam kehidupan ini, akan secara teratur berlaku tidak teratur untuk tujuan yang tidak jelas, ia mengeluhkan apa yang telah dicapainya menyesalkan hal-hal yang tidak dicapainya, tetapi mempersulit orang yang berusaha membantunya dengan agrumentasi yang juga membingungkan dirinya sendiri, bila anda mempunyai gambaran yang jelas mengenai alasan keberadaan anda dalam kehidupan ini akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan jalan terbaik untuk menjadi diri anda sebagai mana seharusnya anda menjadi, janganlah anda menjadi seorang yang kurang dari yang sebetulnya bisa anda capai. Pasikanlah bahwa anda menjadi yang seharusnya anda menjad.





28.    Mario Teguh Super Point

Mengenali apa yang seharusnya kita lakukan dan lakukan dengan segera adalah sifat orang-orang yang mudah berhasil, memang orang yang paling patut dikasihani adalah orang-orang yang tidak tahu apa yang seharusnya dilakukannya, dan dia melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukannya. Tetapi sebagian besar dari kita dan pribadi-pribadi mengetahui apa saja yang harus kita lakukan tetapi tetap tidak dilakukannya. Itulah sebab sebagian besar dari perasaan stres yang membebani dada kita, kita tahu apa yang harus kita lakukan, kita sadar kita belum melakukannya, kita sadar bahwa semakin lama tidak melakukannya semakin banyak kerugian dan keterlambatan kita. Tetapi kita terus membiarkan diri ini tidak melakukannya. Tetapi kita semua adalah kesayangan dari beliau yang maha penyayang, kita tidak mungin dijadikan sebagai orang yang kerdil karena kita melakukan yang seharusnya kita lakukan. Beliau memaksa kita untuk bertindak dengan mengirimkan keadaan yang kita sebut dengan krisis. Kita masuk kedalam keadaan yang mengancam dalam kehidupan kita karena menghindar yang kita lakukan tetapi seharusnya kita lakukan, memang sebagian besar dari kita adalah orang-orang baik yang sedang menunggu datangnya krisis agar kita bekerja dengan kesungguhan penuh, kita adalah kelompok orang yang ia tidak tertekan dan terancam oleh sikap seolah-olah hidup ini seakan-akan meminta pertanggung jawaban bila kita tidak melakukan yang seharusnya kita lakukan, segeralah bangkit mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang dekat dan pastikanlah anda memulai dari sekarang, hubungilah mereka yang seharusnya anda hubungi, temuilah mereka yang telah lama mengharapkan kehadiran anda, minta maaflah kepada mereka yang telah terusik kebenarannya karena anda, berterimakasihlah kepada mereka yang telah memberi dan berbaik sikap kepada anda, segra tuliskan kedalam sebuah daftar, apa saja yang bisa anda lakukan, dan mulailah untuk melakukannya, mulailah dari yang kecil, dari yang dekat dan dari yang dekat. Mengenali apa yang seharusnya kita lakukan dan lakukan dengan segera adalah sifat orang-orang yang mudah berhasil

29.    Mario Teguh Super Point

Setiap pemberhentian adalah awal dari perjalanan berikutnya, dan setiap pintu keluar adalah pintu masuk ke ruangan yang lain. Kejatuhan hampir semua bisnis besar dan pribadi-pribadi besar disebabkan oleh kelemahan-kelemahan yang dibentuk oleh perasaan sudah sampai, sudah besar, sudah berhasil dan bahwa keberhasilan berikutnya sudah otomatis menjadi hak mereka yang sudah berhasil dan kemudian terbukti bahwa mereka sudah salah. Hanya orang-orang yang merasa berada dalam perjalanan berkelanjutan untuk membangun kualitas yang prima yang tetap berada pada puncak-puncak keberhasilannya untuk jangka waktu yang lebih panjang. Perlu anda ingat bahwa keberhasilan bukan hanya pencapaian akhir dari sebuah perjalanan tetapi terutama adalah kualitas dari perjalanan itu, sehingga setiap kali anda berhenti anda harus memperhatikan dengan sangat teliti apakah perjalanan berikutnya yang akan anda mulai setelah anda berhenti. Ingatlah setiap pemberhentian adalah awal dari perjalanan berikutnya, bila anda melangkah dari suatu ruangan dari sebuah bisnis atau dari sebuah karir mohon anda perhatikan dengan teliti ruangan apakah atau bisnis apakah atau karir baru apakah yang sedang anda masuki. Setiap pemberhentian adalah awal dari perjalanan berikutnya, dan setiap pintu keluar adalah pintu masuk ke ruangan yang lain.
30.    Mario Teguh Super Point

Sebuah impian tidak akan menjadi sebuah tujuan bila tidak diikuti oleh tindakan yang dicapainya, keberhasilan tidak akan terjadi di alam impian tidak juga dalam alam bencana dan tidak akan terjadi dalam janji-janji kesungguhan anda untuk berhasil. Bila anda tidak segera mengikuti impian anda rencana-rencana anda dan janji-janji keberhasilan anda dengan tindakan yang nyata. Segera setelah anda bertindak melakukan sesuatu yang nyata untuk mencapai impian anda, sesegera itupulalah impian anda menjadi tujuan dari tujuan itu lah anda mengendalikan arah dari segala tujuan anda, dengannya anda mengetahui dengan pasti apasaja yang penting bagi pencapaian impian anda dan juga anda akan tahu dengan pasti apasaja yang harus anda hindari dan tinggalkan. Bila impian anda adalah tujuan anda, maka akan mudah bagi anda bersemangat dalam pekerjaan anda. Bukankah pencapaian janji itu menjadi kualitas hidup yang mendebarkan anda. Tetapi bila ada rekan kita tidak bersemangat dalam pekerjaannya dant tidak melihat tujuannya untuk sesuatu yang menyemangati itu berarti yang dijadikannya sebagai tujuan bukanlah impiannya. Bagaimana ia tetap berharap dalam sebuah perjalanan yang sulit dan menantang bila sesuatu yang ditujunya bukan yang menarik baginya seperti juga dia, anda dan saya membutuhkan sebuah tujuan kerja yang menyemangati, maka jadikanlah impian-impian anda sebagai sebuah tujuan kerja anda. Sebuah impian tidak akan menjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar