Jumat, 25 Oktober 2013

Jantung Sehat Di Ulang Tahun emas


Oleh; Prof.dr.K.Suheimi

Jantung Sehat, Jantung Sehat , Jantung Sehat . Teriakkan dan yel-yel yang dikumandangkan  oleh ribuan peserta senam Jantung sehat yang tumpah ruah di pelataran  halaman kantor Gubernur Riau Minggu 29 Juli 2007.
Yel-Yel yang diteriakkan itu merupakan kebulatan tekad dari semua peserta agar ditubuhnya ada jantung yang sehat. Dengan semangat yang tinggi pagi itu sambil meneriakkan Yel-yel saya menyelinap mencari ruang  kalau-kalau masih ada tempat yang tersisa, Bersama istri kami dapat tempat di bagian utara. Petunjuk waktu yang ada di Gapura kantor Gubernur menunjukkan pukul 7.30, Bersamaan dengan itu protocol mengajak semua peserta; Ingin sehat? Peserta menjawab  ya. Jika ingin sehat !   Ingatlah S E H A T . Karena  Sehat adalah singkatan dari’ 
Seimbang Gizi.
Enyahkan rokok
Hindari stress
Atasi tekanan darah tinggi
Teratur berolah raga
Sehat adalah Panca Usaha dari club jantung sehat untuk menyehatkan warga. Sehat jadi kenyataan bila kita melakukan Sehat.
Kelima hal inilah sebagai Panca Usaha  yang setiap kali senam akan dimulai harus diucapkan diingat dan dilaksanakan
Gizi seimbang seimbang antara yang masuk dan yang di keluarkan dan yang di baker. Jika banyak yang masuk sedikit yang dibakar dan digunakan, orangnya akan tembam, banyak penyakit bersarang, dan jantungnya tak akan kuat memikul beban badan yang gemuk dan bonsor itu. Seimbang antara protein, lemak dan karbohidrat, serat mineral.
Jika ingin daya tahan tinggi dan otaknya bagus berkembang dan punya daya tahan serta stamina yang bagus, diseru untuk banyak makan protein nabati atau hewani. Ingin anak yang cerdas dan berkualitas ibu hamil diseru agar banyak makan protein, Jika ingin jantung sehat dan terhindari dari penyakit pembuluh darah  batasi makanan yang berlemak. Ingin badan langsing dan molig  kurangi makan karbohidrat. Ingin kulitnya bagus dan awet muda makanlah makanan yang mengadung anti oksidan yang banyak dalam kacang-kacangan dan sayur serta buah-buahan. Maka jika ingat makan, ingatlah BNI, kerna BNI adalah singkatan dari  Batasi, Nikmati, Imbangi. Lalu saya teringat Al Qur’an, Disana hanya 2 makanan yang dicantumkan  ialah Madu dan susu. Memang jika kita minum susu  bersama madu sebetulnya didalamnya sudah terhimpun apa-apa yang dibutuhkan oleh tubuh ini, Susu yang terbaik  dikampung kita namanya dadiah, susu kerbau yang diproses didalam Ruas betung, selama susu iti didalam betung dia tahan, rasanya lezat dan sangat bermanfaat. Betapa lezatnya jika Dadiah di gelimangi dg madu. Disamping rasanya yg aduhai, disana ada tumpukkan gizi yg bermutu tinggi dibutuhkan oleh tubuh utk sehat.
Enyahkan rokok, rokok yang menyebabkan sakit jantung, rokok yang menyebabklan impotensi, berkokok ada melawan tidak. Rokok yang menyebabkan kelainan dan penyempitan pembuluh darah, sehingga menimbulkan stroke dan kematian,.Rokok yang menyebabkan kelainan alat kandungan berikut bayi yang dikandungnya. Kerna dalam setiap tarikann dan hembusan asapnya, disana terhimpun ribuan jenis racun yang sangat merusak. Dengan mengenyahkannya berarti kita mengenyahkan racun yang membuat kerusakan. Kerusakan itu disebut dengan zalim. Jangan kamu membikin kerusakan dan kezaliman diatas permukaan Bumi pesan Ilahi.
Hindari stress, kerna penyakit yang banyak sekarang adalah penyakit 3 S . Stress, Strok, dan Stop. Rumah sakit kebanyakan di penuhi oleh penyakit yang di akibatkan oleh stress., sakit jantung , stroke.
Atasi tekanan darah Tinggi, Bukankah setiap kali pergi ke dokter yang pertama di periksa adalah nadi dan tekanan darah pertanda semua itu sangat penting, dan kalau sudah menderita tekana darah tinggi akan diikuti dan disertai oleh berbagai penyakit ikutan sebagai komplikasi.
Teratur berolah raga. Guru saya berkata, ingin Fits ? ingatlah Fits. Karena Fits singkatan dari  Freqwensi, intensitas , teratur , oleh raga sering dan teratur.mengantarkan manusia pada kebugaran.
Intensitas atau beban dengan dosis yang benar menghantarkan tubuh pada kekuatan dan ketahanan . Teratur. Dan keharmonisan yang menghantarkan manusia pada kenyaman dan ketenangan.
Hari Minggu 29 Juli itu saya rasakan hati yang damai, fikiran yang tentram dan perasaan yang tenang, kerna di Bawah Gapura kantor Gubernur saya nikmati  bunga Asoka yang sedang berbunga kuning dan merah. Hamparan daunnya yang hijau ditengahnya ada bunga merah dan kuning dan teratur membuat  keharmonisan.
Jika hijau dilambangkan sebagai Agama, Kuning dilambangkan sebagai kerja keras dan cendekiawan, lalu merah lambang kerakyatan.  Maka saya merenung disini ditempat ini ada dasar keagamaan yang dominant menyatu dengan kerja  untuk rakyat. Ada tali 3 sepilin ada 3 tungku sejarangan, agama pemerintahan dan cerdik pandai. Ada garis agama atau Iman yang merupakan garis vertikal disebut dengan Hablumminallah.
Ada garis horizontal kerja atau amal saleh untuk kemanusiaan. Gabungan iman dan amal saleh inilah yang sering dikatakan para ulama sebagai Taqwa. Dan kepada orang yang bertaqwa ini Allah janjikan :" Barang siapa bertaqwa kepada allah ,  maka Dia akan membuat baginya jalan keluar (dari setiap kesulitan) dan memberinya rizki dari arah yang ia tidak duga-duga".

Agaknya inilah yang tersirat yang ingin di capai oleh Pemda Riau dengan program K 2 ! nya dan itulah yang terbaca sewaktu kita senam di halaman kantor Gubernur Provinsi Riau dalam rangka memeringati Ulang Tahun Emas  50 tahun Provinsi Riau  untuk mencapai visi dan misi dibuat program K 2 I. Penuntasan Kemiskinan  Pemberantasan Kebodohan  dan Peningkatan Infrastruktur. Dengan segala daya upaya dan kegigihan terlihat program K2I ini dijalankan dimana-mana.

Seperti tak lelah-lelahnya ibu septina mensosialisasikan ini, dengan gigiuh beliau pergi kesekolah-sekolah sejak dari TK.  Dan Pak Rusli Zainal pergi kemana-mana  juga ingin mengangkat warganya keluar dari belenggu kemiskinan. Dan setiap usaha di kerahkan untuk peningkatan Infrastruktur.
Saya nikmati senam jantung sehat hari pagi ini minggu 29 Juli 2007. Sebetulnya kata Buk Tuti yang ketua Jantung sehat , Biasanya acara ini dihadiri oleh Ibu Septina, Cuma hari ini kegiatan beliau sangat banyak. Namun hatinya ada bersama kita.

Saya hapus keringat yang membasahi muka dan badan ini. Dalam keadaan bersimbah keringat dan nafas yang tersenggal-senggal saya ikuti setiap gerak para pelatih, Mereka muda, gesit, badannya bagus meliuk-liuk.  Saya ingin seperti itu pula, tapi badan saya terburu gemuk dan sedikit pendek, namun dari dalam lubuk hati yang terdalam saya bertekad ingin memiliki jantung sehat, sesehat jantung Pemda Riau di usia emas ini
Selamat berulang tahun emas Provinsi Riau, raihlahg Emas dalam hidup Ini

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah firman suci Nya dalam Al Qur"an

  Barang  siapa  melakukan usaha penuh kesungguhan  itu,  maka
Allah  akan  menunjukkan  berbagai  (tidak  satu)  jalan   menuju
Kepada-Nya (Q,29:69).

  Mereka   yang  berkata  "Tuhan kami  adalah  Allah  kemudian
bersikap   teguh  maka para Malaikat akan  turun  kepadanya   dan
berkata   janganlah  kau takut  dan jangan  pula  kawatir,  serta    
bergembiralah   dengan  surga yang dijanjikan   kepadamu  .  Kami
(Para  Malaikat)   adalah  teman-temanmu hidup di  dunia  dan  di
akhirat" (QS Fushilat/41:30)


P Baru 29 Juli 2007-07-30

Penulis adalah dokter di

2 komentar: