Jumat, 25 Oktober 2013

M a r t h a



Oleh: K Suheimi

Cinta dan kasih sayang tak dapat di beli dan juga tak dapat di ganti. Sering orang menganggap bahwa untuk menunjukkan cinta berikan dia hadiah penuhui semua kebutuhan kebutuhan hidupnya. Ternyata semua itu tajk cukup, ada sesuatu yang  lain, sesuatu kebutuhan yang mendasar, disamping materi dan kebutuhan lahiriah. Maka saya tergagau ketika mendengar kisah tentang ini, judulnya martha. Dan saya tersentak sewaktu mendengar resonansi jiwa dari Radio Classy.  Yanti dengan manis mengubah satu kisah, dan kisah ni disampaikan oleh Adi dengan penuh perasaan. Saya kira ceritra ini bagus untuk kita simak bersama, begini kisahnya

Martha sedang sibuk dengan pekerjaannya,, Dia yakin harus bekerja keras, karena ia mencintai ayahnya yang sedang sakit kanker,, Dia harus membeli obat-oabatan yang mahal,, Saudara-saudaranya yang lain tetap tinggal dengan ayah mereka hampir setiap saat,, Mereka memandikannya, bernyanyi untuknya, menyuapi makan, ataupun sekedar menemani sang ayah
Suatu hari Martha sakit hati,, Dia mendengar sang ayah berkata kepada ibunya, "Semua anak-anak kita mencintaiku kecuali Martha",,
"Bagaimana mungkin?", pikir Martha,,
"Bukankah aku yang bekerja mati-matian untuk mendapatkan uang guna membeli semua obat-obatan? Saudara-saudaraku bahkan tidak berbagi sebesar yang aku berikan",,
Suatu hari, Martha pulang larut malam seperti biasanya,, Dia mengintip untuk pertama kalinya, ke dalam kamar di mana ayahnya berbaring,, Dia melihat ayahnya masih terjaga, maka dia memutuskan untuk datang mendekat di samping tempat tidur ayahnya,,
Ayahnya memegang kedua tangan Martha dan berkata, "Aku merindukanmu,, Aku sudah tidak punya banyak waktu lagi,, Tinggalah dan temani aku",,
Dan itu yang ia lakukan, semalaman ia tinggal menemani ayahnya, berpegang, menggenggam tangannya,,
Pagi harinya martha berkata pada semua orang, "Aku mengambil cuti,, Aku ingin menemani Ayah,, Mulai saat ini aku akan memandikan dan bernyanyi untuknya",,
Sebuah senyum bahagia muncul menghias wajah ayahnya,, Kali ini ia tahu Martha mencintainya,,
Classy people , cerita sederhana ini mengajarkan kita bahwa cinta tidak bisa hanya ditunjukkan pemberian materi ,, Kasih sayang ... akan lebih bermakna jika diwujudkan dengan perhatian dan sentuhan ,,,
Untuk itu ingin saya petikkan sebuah firman sucinya  dalam Al Qur'an

Dan sungguh jika kamu beroleh karunia (kemenangan) dari Allah, tentulah dia mengatakan seolah-olah belum pernah ada hubungan kasih sayang antara kamu dengan dia:"Wahai, kiranya saya ada bersama-sama mereka, tentu saya mendapat kemenangan yang besar (pula). (QS. 4:73)

Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah:"Salaamun-alaikum. Rabbmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 6:54)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar