Kamis, 17 Oktober 2013

HADIAH ATAU HIDAYAH


Oleh: Dr.H.K.Suheimi

Banjir hadiah, dimana-mana ada hadiah. Ditoko banyak hadiah.
Beli ini dapat itu. Beli dua dapat hadiah gelas. Beli tiga  dapat
hadiah  piring. Beli selusin dapat hadiah periuk.  Banyak  embel-
embel, bermacam-macam hadiah yang ditawarkan. Bahkan beli Indomie
hadiahnya mobil, kirim saja bungkusnya.

Hari  ini, selesai Shalat Jum'at 2 Februari 1995. Anak  saya
Irsyad  mengajak  saya berbelanja ke pusat  perbelanjaan  Suzuya.
Baru kali ini saya masuk pertokoan itu, Minang Plaza. Saya bangga
di  Ranah  Minang  punya pusat berbelanjaan  yang  serba  lengkap
dengan  pelayannya yang ramah. Suasananya yang aman  dan  nyaman,
menyebabkan saya betah lama-lama disana. Saya di seret oleh  anak
saya  Irsyad kesana dan kemari, sambil mendorong  kereta  dorong.
Disana  saya ketemu juga dengan pak Prof Hendra Asmara yang  juga
sedang  memperturutkan  kemauan cucunya. Cucu beliau  saya  lihat
lincah  menarik-narik pak Hendra yang sudah mulai tua kesana  dan
kesini,  dengan kereta dorong. Pak hendra tampak  tertatih-tatih,
karena  cucu  beliau  sangat lincah,  sebentar  kesana,  sebentar
kesini.  Saya perhatikan nasib beliau hampir sama  dengan   saya.
Ternyata anak dan cucu lebih tahu dan lebih cepat memilih. Ketika
saya mengambil satu barang, anak saya berteriak :"Jangan yang itu
pa,  itu tak ada hadiahnya". "Lebih baik yang ini,  langsung  ada
hadiahnya  gelas, piring, sendok, mangkok". Memang  jeli  matanya
menangkap  mana barang-barang yang berhadiah langsung, mana  yang
tidak. Dimana-mana di tayangkan kalau beli ini akan mendapat itu.

Saya  perhatikan  tingkah anak kecil ini.  Ternyata  matanya
tajam sekali menyelidiki barang dagangan yang di tayangkan,  tapi
yang  di  lihat dan di selidikinya ialah hadiah.  Hadiahnya  yang
lebih dulu dilihatnya, baru barangnya. Dan setiap membeli  sebuah
barang dia bertanya :"Hadiahnya, manna...,", seperti di jalan tol
saja "Xon Ceenya manna...". Dia sudah dirasuki dan di mabuki oleh
hadiah  demi  hadiah. Saya terpaksa mengalah  menurutkan  kemauan
Irsyad, kemana dia pergi saya ikuti sambil memilih  barang-barang
berikut hadiahnya.

Perangai  Irsyad  kecil  ini rupanya  menjalar  dan  menular
kepada  banyak orang. Di fikiran dan dalam angan-angannya  selalu
mengharap  dan mendambakan hadiah. Bermacam hadiah.  Ada  namanya
hadiah lebaran, antaran kue yang namanya parcel, ada paket lebar­
an.  Ada  hadiah perkawinan. Ada hadiah ulang tahun.  Ada  hadiah
kalau  lulus  sekolah. Dapat hadiah, karena sudah  menolong.  Ada
hadiah  selesai  menanda tangani sebuah surat.  Ada  hadiah  yang
pakai  perjanjian lebih dulu. Ada hadiah kalau  kita  menabungkan
 uang  di  sebuah Bank. Pokoknya dimana-mana  ada  hadiah,  Hadiah
telah  masuk desa, hadiah masuk kota, hadiah masuk  toko,  hadiah
masuk  kampus.  Hadiah demi hadiah  bergentayangan.  Semua  orang
berebut  untuk mendapatkan hadiah. Batang pinang bergomok  dipan­
jatnya  untuk meraih hadiah. Kalau perlu untuk merebut hadiah  di
pijakkan  punggung,  bahu dan kepala teman. Memang  untuk  sampai
diatas  batang  pinang  dan mendapat  hadiah,  dengan  memijakkan
kepala teman-teman yang di bawahnya


Dalam  fikiran,  dalam khayalan  orang  mendambakan  hadiah.
Hadiah  apa  yang akan saya peroleh kalau saya  mengerjakan  ini.
Disamping memikirkan dan mencari hadiah, kenapa kita tidak  memi­
kirkan dan mencari Hidayah. Padahal Hidayah jauh lebih mulia jauh
lebih hebat dan jauh lebih kekal. Hidayah menjamin keselamatan di
dunia dan akhirat.

Hidayah,  petunjuk atau yang langsung datangnya dari  Tuhan.
Sehingga  orang  yang  dapat Hidayah,  perbuatan,  perkataan  dan
tingkah  lakunya  serta persepsinya sama dan  pas  dengan  maunya
Allah. Hidayah tidak datang begitu saja dia harus dicari, dia  di
peroleh dengan iman dan dengan ilmu.

Maka  ayah saya berpesan :"Jangan kau habiskan waktumu  men­
cari rezki yang telah di jamin oleh Allah, tapi habiskanlah waktu
mencari  hidayah yang tidak di berikan Allah pada  semua  orang".
"Apa maksud ayah" tanya saya. "Makan dan minum asal kamu berusaha
sudah pasti dapat, itu sudah dijamin Allah, sehingga binatang  di
dalam  batupun dijamin rezkinya. Tapi Hidayah hanya  di  janjikan
Allah,  hanya  diberikan pada  orang-orang  yang  sungguh-sungguh
mencarinya dengan iman dan ilmu.

Orang yang telah memperoleh hidayah, dia berjalan pada jalan
yang  lurus  dan benar. Hidupnya terbimbing. Dengan  ilmunya  dia
tahu  arah dan jelas mencapai tujuan dan sasaran, Dengan  imannya
dia  berjalan  kearah dan mendekat kepada Tuhan_Nya.  Maka  orang
yang  dapat hidayah ini, dia akan menerima keselamatan  di  dunia
dan  keselamatan di akhirat. Sayang kita mati-matian mencari  dan
berebut  hadiah,  tapi  tidak  sungguh-sungguh  mencari  hidayah.
Padahal  Tuhan  berfirman dalam kitab  suci_Nya  Al-Qur'an  surat
Al_Isra' ayat 15 yang artinya :
[1]"Barang  siapa  yang  berbuat sesuai  dengan  hidayah  (petunjuk)
Allah, maka sesungguhnya perbuatan itu untuk keselamatan  dirinya
sendiri.  Dan barang siapa yang menyimpang dari  petunjuk  Allah,
maka  sesungguhnya  dia telah menyesatkan  dirinya  sendiri.  Dan
sekali-kali tiada orang yang memikul beban (dosanya sendiri) akan
memikul  beban  (dosa) orang lain. Dan Kami tidak  menyiksa  satu
kaum, sebelum kami mengutus Rasul kepada mereka".

Wabillahi  Taufik  Wal  Hidayah,  semoga  Allah  melimpahkan
Taufik dan Hidayahnya pada kita semua. wassalamualaikum W.W !.

P a d a n g  5 Februari 1996  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar