Minggu, 13 Oktober 2013

FASYAK DAN MUNKAR



FASYAK DAN MUNKAR

Oleh : Dr.H.K.Suheimi

"Fasyak  dan munkar adalah membikin kebinasaan di  permukaan
bumi" kata guru saya sewaktu menjelaskan pelajaran tentang Fasya'
dan munkar. Fasya; merusak diri sendiri, sedangkan munkar merusak
orang  lain jelas guru saya. Baik fasya' maupun  munkar  keduanya
adalah  perbuatan dosa. Saya renung kembali pesan guru  itu,  dan
tanoa  saya  sadari dan tak sengaja sebetulnya  banyak  perbuatan
fasyak atau mungkar yang telah saya kerjakan.

Satu  kali  dalam  satu pesta saya di  suguhi  rokok,  untuk
menghormati  teman  dan  untuk pergaulan rokok  itu  saya  hisap.
Ketika asapnya saya hembuskan, rupanya teman di sebelah saya  dan
wanita yang ada di dekat saya mengipas-ngipaskan tangannya karena
dia  tak tahan akan asap roko. Namun rokok tetap saja saya  hisap
dan  hembuskan, seakan tak peduli bahwa saya  mengusik  kentraman
orang lain.

Kemudian baru saya sadarai setelah berulang kali saya balik-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar