Rabu, 23 Oktober 2013

K U R M A



Oleh Dr.H.K.Suheimi
Hari  ini Senin 6 Februari 1995 saya dapat hadiah  sebungkus 
kurma, teman-temanpun demikian, semua dosen yang hadir pada  saat 
ini  dalam  rangka  Judicium dan pembacaan  sumpah  dokter  dapat 
hadiah masing-masing sebungkus kurma. Hari ini Fakultas Kedokter­
an  kembali  menghasilkan lagi 31 orang  dokter.  27  diantaranya 
diambil  sumpahnya  menurut agama Islam. 2 Kristen dan  2  Budha. 
Biasanya pada acara ini di tutup dengan makan bersama, tapi  hari  
ini  karena  puasa, masing-masing membawa sebungkus  kurma  untuk 
berbuka nanti.
   


 
Lalu  saya teringat bahwa Nabi Muhammad SAW sewaktu  berbuka 
memakan dan menyantap buah kurma terlebih dahulu dan menganjurkan 
memakan  makanan yang tak dimasak. Artinya Nabi kita  mengajurkan 
sebelum memakan makan yang lain, agar kita lebih dulu makan kurma 
atau  makan  buah-buahan. Kurma memang istimewa  yang  tumbuh  di 
padang  pasir yang tandus dan bukit bebatuan, pasir dan  tanahnya 
tidak  mengandungair, tapi buah kurma berair dan  makin  disimpan 
makin  manis.  Entah darimana dia memperoleh air  dan  dari  mana 
datangnya  gula  yang rasanya manis itu, entahlah.  Belum  pernah 
terdengar  orang  sakit perut sesudah makan buah  kurma,  padahal 
kurma  yang sampai ke negeri kita ini sudah melewati  waktu  yang 
lama dan jarak yang jauh. Di tengah padang pasir yang tandus  tak 
ada  air  dan tak ada gula lalu ada buah kurma  yang  berair  dan 
manis, lalu dari mana air dan dari mana gula yang manis. Jawabnya 
hanya  pada  Allah  SWT. Waktu saya di Mina  dan  dalam  perjalan 
ibadat menunaikan ibadah Haji, dengan hanya memakan beberapa biji 
kurma  terasa  badan semakin kuat dan sehat, tahan  tidak  makan. 
Entahlah kalau ingat kurma lalu ingat tanah haram di Madinah, dan 
Mekkah.  dan  kurma  yang enak itu kami beli di  Jabal  Uhud.  Di 
tempat  peperangan Uhud yang memakan kurban yang banyak  termasuk 
paman nabi Hamzah.
   


 
Banyak keistimewaan kurma yang saya lihat, yang saya rasakan 
dan  yang  saya nikmati, baik waktu di tanah suci  maupun  ketika 
sudah kembali ketanah air, dan sampai sekarangpun kalau menikmati 
kurma  saya  rasakan dan saya kulum=kulum lama-lama  sambil  mem­
bayangkan bukit Uhud dan mengenang tempat-tempat ziarah di  tanah 
suci. Tanah suci yang banyak keanehan tapi nyata , di tanah  suci 
banyak di temukan hal-hal yang tak termakan oleh akal dan hal-hal 
yang  menarik hati sehingga kita dekat semakin dekat pada  Ilahi. 
Dan  sewaktu  hari ini sewaktu berbuka saya  nikmati  buah  kurma   
ð73 Šsaya  semakin  kagum pada Rasulullah  yang  menganjurkan  memakan  
kurma.
   


 
Lalu  saya  teringat saat-saat keluar negeri  dulu  baik  di 
Australia, di New Zealand, maupun di Amerika ataupoun di  Canada, 
setiap  kali akan makan, apakah makan pagi, makan  siang  ataupun 
makan  malam  selalu saja dihidangkan lebih  dulu  bermacam-macam 
jenis  buah-buahan  dan bermacam-macam  minuman sari  buah.  Jadi 
sebelum memakan makanan lebih dulu  seakan-akan diharuskan dan di 
biasakan  memakan buah-buahan. Rupanya mereka  telah  menjalankan 
dan melaksanakan apa yang telah di contohkan oleh Rasul Kita Nabi 
Mauhammad  SAW. Sepertinya mereka telah melaksanakan  ajaran  dan 
ajakan  dan panggilan Rasul dalam tata cara  memakan rezki  Allah 
di permukaan bumi ini.
   


 
Atas  semua  itu saya coba-coba mencari  keterangan,  kenapa 
Nabi menganjurkan makan Kurma, buah-buahn atau makanan yang tidak 
dimasak  lebih  dulu untuk berbuka puasa. Dalam  keterangan  yang 
saya  peroleh  disebutkan bahwa buah-buahan yang  di  makan  akan 
merangsang  terbentuknya air ludah dan ludah lambung,  Air  ludah 
dan  ludah lambung ini  akan membantu pencernaan  dan  penyerapan 
makanan.  Sehingga  makanan  dalam bentuk apapun  yang  telah  di 
lumatkan oleh gigi geligi dimulut akan bergelimang dengan  enzym-
enzym yang di keluarkan oleh saluran pencernaan. Enzym-enzym  ini 
lah yang berkerja dan sangat membantu proses pencernaan  sehingga 
sari-sari makanan dengan sempurna dapat di serap dan di  manfaat­
kan oleh tubuh. Inilah yang akan menyokong dan menguatkan  tubuh. 
Kekurangan enzym dan ludah lambung inilah yang banyak menimbulkan 
gejala-gejala  penyakit dan melemahkan daya tahan  tubuh.  Cairan 
lambung dan asam lambung yang terbentuk sangat perlu untuk  mene­
tralisir  makan-makanan  yang mungkin sudah  tercemar,  atau  ada 
makanan  yang mengadung kuman dan bakteri akan di musnahkan  oleh 
cairan lambung ini. Cairan lambung juga sangat perlu untuk menam­
bah dan merangsang nafsu makan .
   


 
Sekarang  baru saya tahu dan mengerti, ternyata apa yang  di 
contohkan  oleh Nabi Muhammad 14 abad yang lalu ternyata  sangat­
baik dan perlu untuk kesehatan manusia. sehingga kian percaya dan 
semakin  kagum saya akan kelebihan dan keunggulan Rasul kita  dan 
akan ajaran agama kita. Cuma dalam prakteknya yang saya lihat  di 
tengah masyarakat adalah justru membuat pabukoan kolak dan sanok, 
sedangkan  buah-buahan jarang ada di meja makannya. Kalaupun  ada 
buaha-buahan  selalu  dimakan  selesai makan.  entah  sebab  kita 
kurang suka dan tidak membiasakan memakan buah-buahan. Padahal di 
dalam  buah-buahan  lah banyak terdapat  berjenis-jenis  vitamin. 
Vitamin adalah zat yang sangat di perlukan tubuh, tapi tidak bisa 
di buat oleh tubuh. Vitamin perlu didatangkan, dan sumber vitamin 
yang  baik dan bagus itu terdapat didalam buah-buahan.  Dan  saya 
perhatikan orang yang terbiasa makan buah-buahan, mukanya  merona 
merah,  kulitnya  tampak  lebih lembut lebih  elastis  dan  lebih 
segar.  Matanyapun  bercahaya, giginyapun  bersinar.  Sebagaimana 
kita  lihat  pancaran wajah Rasulullah yang matanya bersinar  dan 
ber binar-binar, giginya berkilau bagaikan giwang dan  kulitnyapn 
bercahaya.  Mungkin beliau semasa hidupnya rajin makan  buah-bua­
han. Tapi yang jelas beliau selalu menganjurkan agar waktu berbu­
ka di awali denganmemakan buah kurma, kerna mungkin di sana kurma 
yang paling mudah di peroleh sebagai buah-buahan.
   


 
Ketika  beduk berbunyi dan suara azan di kumandangkan,  saya  
ð73 Šsantap  lebih  dulu  kurma yang saya dapat pagi  tadi  lalu  saya 
panjatkan do'a :
   


 
"Allahumma  laka  summu wa'ala rizqika aftartu,  wa  'alaika 
tawakkaltu, zahaba az-zama'wabtallat al'uruqwa sabata al-ajru  in 
sya'a Allah Ta'ala, Ya wasi'a al-fadll igfirli, al-hamdu li Allah 
a'anani fa sumtu, wa razaqani fa affartu". Ya Allah, bagi-Mu  aku 
berpuasa,  atas rezki-Mu aku berbuka, kepada_Mu  aku  bertawakal, 
haus  telah  hilang, kerongkongan telah basah, dan  pahala  tetap 
disisi  Allah  SWT. Wahai Yang Maha  Pemurah,  ampunilah  dosaku, 
segala  puji bagi Allah yang telah memberi  pertolongan  kepadaku 
sehingga  aku  mampu berpuasa dan telah  memberi  rezki  kepadaku 
sehingga  aku dapat berbuka. Dan dari RRIpun terdengar do'a  yang 
di  panjatkan oleh penyiar :"Allahumma laka sumtu  wabika  amantu 
wa'ala rizqika aftartu birahmatika ya arhamar-Rahimin". Ya  Alah, 
karena  Engkau aku berpuasa, dan dengan Engkau aku  beriman,  dan 
diatas  rezki_Mu aku berbuka , dengan sebab rahmat-Mu, wahai  zat 
yang pemberi Rahmat bagi orang-orang yang mendapat rahmat.

P a d a n g  6 Februari 1995

Tidak ada komentar:

Posting Komentar