Jumat, 18 Oktober 2013

BUK KATE


Oleh : Dr.H.K.Suheimi


Lihatlah taman kanak-kanak

Tempatku bersekolah

Disitu kami bergembira

Bermain bersama-sama.

Sewaktu  saya lewati sekolah Taman-kanak diatas ngarai  itu,

saya terkesima mendengarkan anak-anak menyanyi dan berlari,  ber­

main  sesuka hati bersuka ria. Lompat sana, lompat  sini.  Panjat 

sana  panjat  sini, semua riang, penuh tawa ria di  bimbing  oleh 

sang  guru dengan rebana di tangan. Saya teringat 40  tahun  yang 

lalu,  disini, di tempat ini, di Taman kanak-kanak  atas  ngarai, 

setiap pagi saya diantarkan ayah bersepeda duduk, di stang depan. 

Disekolah  inilah saya bernyanyi dan bermain  bersama-sama,  main 

lore,  main koci, main ayunan, main lompat-lompatan, main  selun­

curan,  main anak-anakkan, dan main bulan dan bintang,  memanjat. 

Ber bagai-bagai permainan yang selalu diawasi bu guru. Kalau hari 

minggu  kami  di bawa berbaris jalan kaki ke  RRI  dan  bernyanyi 

disana,  lalu  ibu dan bapak mendengar melalui  radio.  Ah  dunia 

kanak-kanak  penuh  tawa  ria dan penuh  kebahagiaan.  Lalu  saya 

teringat  akan  guru saya, Buk Kate. Kepingin  saya  bersua  den­

gannya,  apakah masih seperti dulu?. Dengan ragu-ragu saya  masuk 

kepekarangan  sekolah  itu, tempat dulu saya  bermain  ria.  Saya 

tanya pada buk guru, apakah mereka kenal dengan buk kate?.  Tidak 

saya duga, ternyata buk Kate guru yang saya kagumi dan saya saya­

ngi  masih disitu belum beranjak dan belum pindah-pindah.  Betapa 
 
ð73 Šterkejut sewaktu saya menatap wajah beliau, tidak banyak berubah, 

masih  seperti  dulu, tetap Kate karena badannya lebih  kecil  di 

bandingkan  dengan guru-guru lain. Cuma rambut beliau  saja  yang 

sudah memutih, tapi masih tampak gesit dan jalannya masih  cepat. 

Setelah  berbasa  basi dan memperkenalkan  diri,  rupanya  beliau 

tidak lupa, bahwa saya adalah muridnya. Tiba-tiba saya di rangkul 

dan  di  cium  oleh buk kate. Ciuman seorang  ibu  pada  anaknya, 

ciuman seorang guru pada muridnya. Cium pipi yang kiri, cium pipi 

yang kanan, saya merasa senang, seakan-akan saya kembali  menjadi 

anak TK. Betapa terharu kami dalam pertemuan itu, lalu berceritra 

kesana dan kemari. Beliau menceritrakan ke sepuluh orang  anaknya 

yang  semuanya  sudah jadi orang dan mempunyai titel.  Anak  dari 

seorang guru TK. Tapi memang banyak saya saksikan anak-anak  guru 

TK anak Guru-Guru yang lainnya banyak yang menjadi. Entah  kenapa 

anak-anak guru banyak yang berhasil, padahal di tinjau dari  segi 

ekonomi,  mereka adalah golongan ekonomi rendah, tapi  dari  tan­

gannya  banyak  anak-anak  yang jadi, saya tak  habis  pikir  dan 

bertanya  kesana  kemari.  Salah satu jawaban  yang  saya  terima 

adalah ketika saya di lantik jadi dokter spesialis kebidanan  dan 

penyakit  kandungan.  Dihari pelantikkan itu ayah  saya  berkata. 

Suheimi,  engkau  berhasil mungkin karena dari  kecil  papa  beri 

makan  dengan makanan yang bersih dari peenghasilan  yang  benar-

benar dari hasil cucur keringat. Sebagai seorang guru SD papa tak 

pandai mencari duit dengan kong kalengkong. Rupanya kalau  bersih 

yang di makan akan menghasilkan yang bersih pula. Mungkin  karena 

dibesarkan  dengan uang yang bersih, yang dimakan adalah  berasal 

dari yang bersih yang halal dan Thaiba. Lalu dididik dengan tulus 

didikkan  seorang  guru, sehingga banyaklah anak-anak  guru  yang  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šberhasil.  Banyak  teman-teman saya seangkatan  adalah  anak-anak 

guru. Dan saya sendiri kebetulan terlahir dari seorang ayah  yang 

menjadi   guru SD. Dan kata-kata beliau di hari pelantikkan  saya 

jadi spesialis itu sampai hari ini tak pernah saya lupakan.   

    


 
Buk  Kate  dengan ayah saya sahabat karib  karena  sama-sama 

guru.  Kalau bu Kate adalah Guru TK Atas ngarai, maka  ayah  saya 

H.Karimuddin adalah Guru SD no 7, juga diatas ngarai.

    


 
Kamipun bernostalgia, saya perhatikan ibu Kate tetap  sehat, 

masih  kuat berlari, karena setiap pagi ikut jantung sehat.  Tawa 

nya  dan suaranya masih seperti dulu, seperti saya  selalu  menga 

guminya  sewaktu kecil. Permainan yang diajarkan ibuk Kate  tetap 

saya  ingat, menyusun balok-balok, membuat kapal dan burung  dari 

kertas dan bermacam-macam lagi.

    


 
Memang permainan waktu di TK dan permainan anak-anak  dahulu 

banyak  perlu  di contoh. Hampir semua permainan itu  di  lakukan 

bersama-sama.  Bersama  kawan, baik laki-laki  ataupun  perempun. 

Karena  permainannya  bersama, setiap anggota pemain  harus  bisa 

menghargai  peraturan dan tata tertib permainan, sekalipun  tidak 

tertuliss  tapi  tetap di patuhi. Yang melanggar kena  hukum  dan 

yang  berhasil dapat hadiah. Dalam kebersamaan itu,  timbul  rasa 

saling  menghargai  dan saling menghormati dan  saling  memiliki, 

bahwa permainan itu adalahah milik bersama. Siapa yang mengganggu 

dan   siapa  yang  merusak  akan  dapat  sangsi  yang   bermacam-

macam.Dengan cara ini, secara berangsur-angsur dalam diri masing-

masing  pemain tanpa disadari terbentuk dan tumbuh  rasa  sosial, 

rasa  saling  menghargai, rasa tenggang rasa, rasa  tepo  salero, 

"lamak  di awak katuju dek urang". Rasa berteman dan rasa  sosial 

ini  tumbuh dan kembang bersama tumbuh dan kembangnya  kami.  Dan  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šdisitu  pula timbul rasa sangat hormat pada guru dan rasa  sayang 

pada teman. Seperti syair lagu yang sering didendangkan  "Hormati 

gurumu, sayangi teman, Tandanya Engkau murid yang budiman".

    


 
Tapi kini permainan sudah meningkat dan semakin canggih. ada 

yang  namanya  main dingdong, ada nitendo ada  main  sega,  semua 

mempergunakan alat-alat canggi melaui video game. Dan untuk  main 

itu  harus  pakai coin seratus. Cuma permainan canggih  itu  saya 

lihat,  anak-anak  bermain sendiri, lawannya  hanya  gambar  yang 

muncul  di layar video. Menebak musuh, menghantam lawan,  mencari 

hadiah,  tanpa  ada perasan belas kasihan.  Pada  permaian  video 

game,  yang  di pacu adalah rasa ingin menang  sendiri,  sebanyak 

mungkin  mengalahkan dan menghancurkan lawan.  Membangkitkan  dan 

menimbulkan rasa ego yang tinggi, sehingga rasa sosial  anak-anak 

dalam bermain ini tidak terpacu dan tidak terbangkit. Saya khawa­

tir kalau-kalau ini akan mempengaruhi pribadi si anak dalam masa-

masa tumbuh dan kembangnya. Tidak berlebihan kalau saya ungkapkan 

disini pengakuan seorang bapak yang saya temui di dekat warung di 

dekat Indah Teater. Permainan Dindong dan video game itu  merusak 

pak,  katanya. Tidak kenal waktu dan sering bolos sekolah.  Anak-

anak  itu kalau sudah kehabisan uang untuk  memebayar  permainan, 

tidak  segan-segan  minta sana, minta sini, pinjam  sana,  pinjam 

sini,  kadang-kadang dengan memaksa asal dia dapat bermain  lagi. 

Dan  yang lebih celakanya lagi, mereka tahu bahwa di dalam  kotak 

telepon  umum ini ada uang seratus-seratus, dengan bermacam  cara 

mereka ber usaha mencuri uang dari kotak telepon. Dengan  mengan­

jal pakai kertas, dengan menggoncang-goncangkan, dengan  memukul-

mukul  dan  dengan menyepak dan mendongkak  kotak  telepon.  Asal 

maksudnya samapai apapun di kerjakan mereka, sehingga mereka bisa  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šmembobol dan mengambil uang dari kotak telepon.

    


 
Lalu saya merenung, dulu saya diajar bermain oleh Ibuk Kate, 

permainan  yang  banyak mendidik, mempunyai  unsur-unsur  sosial, 

permainan  yang menumbuhkan rasa solider, rasa berkawan dan  rasa 

satu  korps. Permainan yang melibatkan banyak orang,  bermain  di 

tanah lapang. Tapi anak-anbak sekarang tidak punya lagi  lapangan 

bermain, tidak punya lagi tempat berlari, meloncat dan  memanjat. 

Permainannya telah di tukar dengan video game yang  sehari-harian 

mereka  berada didalam kamar, tidak peduli dengan lingkungan  dan 

tidak  peduli dengan ke sosialan. Dan kepedulian itu  yang  tipis 

dan  seperti  hilang dari pergaulan.  Akankahkah  ini  melahirkan 

manusia-manusia yang entah bagaimana?. Agaknya perlu di  ciptakan 

lagi permainan seperti dulu, tanah pekarangan dan lapangan  untuk 

mereka  bermain dan mengembangkan rasa sosial dan  solider,  tahu 

aturan  bermain  dan tahu serta mematuhi peraturan.  Rasa  inilah 

sekarang  yang  kurang berkembang dan tidak  bertumbuh.  Siapakah 

lagi yang akan menumbuhkannya?. Saya mengadu pada buk kate,  tapi 

beliau sudah tua, memang beliau berteriak permainan itu perlu dan 

sangat  di  butuhkan, tapi apa daya, suara itu  hanyut  di  telan 

masa,  suara  itu  dari buk kate yang kecil  badannya  dan  kecil 

suaranya dan kecil pengaruhnya. Buk Kate adalah orang kecil, tapi 

bagi saya betapun kecilnya beliau, namun beliau adalah guru saya, 

dari  dialah banyak saya belajar, dari tangannyalah  banyak  saya 

peroleh ilmu. Dan saya rasakan sendiri dari dialah berkembang dan 

tumbuhnya saya, tumbuh pemikiran dan tumbuh rasa sosial dan  bisa 

sedikit  ber  oragnisasi  karena bimbingan  beliau.  Saya  kenang 

beliau dan panjatkan doa untuknya, semoga permainan anak-anak  TK 

dapat di kembangkan lagi.  
ð73 Š
    


 
Untuk  itu saya teringat akan sebuah Firman  suci_Nya  dalam 

Al-Qur'an  surat AD Dukhaan Ayat 9 :"Tetapi  mereka  bermain-main 

dalam ke ragu-raguan"



P a d a n g  5 Mai 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar