Jumat, 18 Oktober 2013

K U R M A



Oleh Dr.H.K.Suheimi

Saya teringat bahwa Nabi Muhammad SAW sewaktu  berbuka memakan dan menyantap buah kurma terlebih dahulu dan menganjurkan memakan  makanan yang tak dimasak. Artinya Nabi kita  mengajurkan sebelum memakan makan yang lain, agar kita lebih dulu makan kurma atau  makan  buah-buahan. Kurma memang istimewa  yang  tumbuh  di padang  pasir yang tandus dan bukit bebatuan, pasir dan  tanahnya tidak  mengandungair, tapi buah kurma berair dan  makin  disimpan makin  manis.  Entah darimana dia memperoleh air  dan  dari  mana datangnya  gula  yang rasanya manis itu, entahlah.  Belum  pernah terdengar  orang  sakit perut sesudah makan buah  kurma,  padahal kurma  yang sampai ke negeri kita ini sudah melewati  waktu  yang lama dan jarak yang jauh. Di tengah padang pasir yang tandus  tak ada  air  dan tak ada gula lalu ada buah kurma  yang  berair  dan manis, lalu dari mana air dan dari mana gula yang manis. Jawabnya hanya  pada  Allah  SWT. Waktu saya di Mina  dan  dalam  perjalan ibadat menunaikan ibadah Haji, dengan hanya memakan beberapa biji kurma  terasa  badan semakin kuat dan sehat, tahan  tidak  makan.
Entahlah kalau ingat kurma lalu ingat tanah haram di Madinah, dan Mekkah.  dan  kurma  yang enak itu kami beli di  Jabal  Uhud.  Ditempat  peperangan Uhud yang memakan kurban yang banyak  termasuk paman nabi Hamzah.
Banyak keistimewaan kurma yang saya lihat, yang saya rasakan dan  yang  saya nikmati, baik waktu di tanah suci  maupun  ketika sudah kembali ketanah air, dan sampai sekarangpun kalau menikmati kurma  saya rasakan dan saya kulum=kulum lama-lama  sambil  membayangkan bukit Uhud dan engenang tempat-tempat ziarah di  tanah suci. Tanah suci yang banyak keanehan tapi nyata , di tanah  suci banyak di temukan hal-hal yang tak termakan oleh akal dan hal-hal yang  menarik hati sehingga kita dekat semakin dekat pada  Ilahi. Dan  sewaktu  hari ini sewaktu berbuka saya  nikmati  buah  kurma
saya  semakin  kagum pada Rasulullah  yang  menganjurkan  memakan kurma.
Lalu  saya  teringat saat-saat keluar negeri  dulu  baik  di Australia, di New Zealand, maupun di Amerika ataupoun di  Canada, setiap  kali akan makan, apakah makan pagi, makan  siang  ataupun makan  malam  selalu saja dihidangkan lebih  dulu  bermacam-macam jenis  buah-buahan  dan bermacam-macam  minuman sari  buah.  Jadi sebelum memakan makanan lebih dulu  seakan-akan diharuskan dan di biasakan  memakan buah-buahan. Rupanya mereka  telah  menjalankan dan melaksanakan apa yang telah di contohkan oleh Rasul Kita Nabi Mauhammad  SAW. Sepertinya mereka telah melaksanakan  ajaran  dan ajakan  dan panggilan Rasul dalam tata cara  memakan rezki  Allah di permukaan bumi ini.
Atas  semua  itu saya coba-coba mencari  keterangan,  kenapa Nabi menganjurkan makan Kurma, buah-buahn atau makanan yang tidak dimasak  lebih  dulu untuk berbuka puasa. Dalam  keterangan  yang saya  peroleh  disebutkan bahwa buah-buahan yang  di  makan  akan merangsang terbentuknya air ludah dan ludah lambung,  Air  ludah dan  ludah lambung ini  akan membantu pencernaan  dan  penyerapan makanan. Sehingga  makanan  dalam bentuk apapun  yang  telah  di lumatkan oleh gigi geligi dimulut akan bergelimang dengan  enzym-enzym yang di eluarkan oleh saluran pencernaan. Enzym-enzym  ini lah yang berkerja dan sangat membantu proses pencernaan  sehingga sari-sari makanan engan sempurna dapat di serap dan di  manfaatkan oleh tubuh. Inilah yang akan menyokong dan menguatkan  tubuh. Kekurangan enzym dan ludah lambung nilah yang banyak menimbulkan gejala-gejala  penyakit dan melemahkan aya tahan  tubuh.  Cairan lambung dan asam lambung yang terbentuk sangat perlu untuk  menetralisir  makan-makanan  yang mungkin sudah tercemar,  atau  ada makanan  yang mengadung kuman dan bakteri akan di musnahkan  oleh cairan lambung ini. Cairan lambung juga sangat perlu untuk menambah dan merangsang nafsu makan .
Sekarang  baru saya tahu dan mengerti, ternyata apa yang  di contohkan  oleh Nabi Muhammad 14 abad yang lalu ternyata  sangatbaik dan perlu untuk kesehatan manusia. sehingga kian percaya dan semakin  kagum saya akan kelebihan dan keunggulan Rasul kita  dan akan ajaran agama kita. Cuma dalam prakteknya yang saya lihat  di tengah masyarakat adalah justru membuat pabukoan kolak dan sanok, sedangkan  buah-buahan jarang ada di meja makannya. Kalaupun  ada buaha-buahan  selalu  dimakan  selesai makan.  entah  sebab  kita kurang suka dan tidak membiasakan memakan buah-buahan. Padahal di dalam  buah-buahan  lah banyak terdapat  berjenis-jenis  vitamin. Vitamin adalah zat yang sangat di perlukan tubuh, tapi tidak bisa di buat oleh tubuh. Vitamin perlu didatangkan, dan sumber vitamin yang  baik dan bagus itu terdapat didalam buah-buahan.  Dan  saya perhatikan orang yang terbiasa makan buah-buahan, mukanya  merona merah,  kulitnya  tampak  lebih lembut lebih  elastis  dan  lebih segar.  Matanyapun  bercahaya, giginyapun  bersinar.  Sebagaimana
kita  lihat  pancaran wajah Rasulullah yang matanya bersinar  dan ber binar-binar, giginya berkilau bagaikan giwang dan  kulitnyapn bercahaya.  Mungkin beliau semasa hidupnya rajin makan  buah-buahan. Tapi yang jelas beliau selalu menganjurkan agar waktu berbuka di awali denganmemakan buah kurma, kerna mungkin di sana kurma yang paling mudah di peroleh sebagai buah-buahan.
Ketika  beduk berbunyi dan suara azan di kumandangkan,  saya santap  lebih  dulu  kurma panjatkan do'a :
"Allahumma  laka  summu wa'ala rizqika aftartu,  wa  'alaika tawakkaltu, zahaba az-zama'wabtallat al'uruqwa sabata al-ajru  in sya'a Allah Ta'ala, Ya wasi'a al-fadll igfirli, al-hamdu li Allah a'anani fa sumtu, wa razaqani fa affartu"_. Ya Allah, bagi-Mu  aku berpuasa,  atas rezki-Mu aku berbuka, kepada_Mu  aku  bertawakal, haus  telah  hilang, kerongkongan telah basah, dan  pahala  tetap disisi  Allah  SWT. Wahai Yang Maha  Pemurah,  ampunilah  dosaku, segala  puji bagi Allah yang telah memberi  pertolongan  kepadaku sehingga  aku  mampu berpuasa dan telah  memberi  rezki  kepadaku sehingga  aku dapat berbuka. Dan dari RRIpun terdengar do'a  yang di  panjatkan oleh penyiar :_"Allahumma laka sumtu  wabika  amantu wa'ala rizqika aftartu birahmatika ya arhamar-Rahimin"_. Ya  Alah, karena  Engkau aku berpuasa, dan dengan Engkau aku  beriman,  dan diatas  rezki_Mu aku berbuka , dengan sebab rahmat-Mu, wahai  zat yang pemberi Rahmat bagi orang-orang yang mendapat rahmat.

P a d a n g  1 Nov 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar