Selasa, 22 Oktober 2013

K O N G R E S



Oleh : Dr.H.K.Suheimi

Beberapa hari di Montreal Canada, saya isi dengan menghadiri 

Kongres Obstetri dan Ginekologi, menyimak kemajuan dan perkemban­

gan terakhir dari Hormonal Replacement Therapi. Pengobatan dengan 

hormonal,  dan menyaksikan perkembangan terakhir  dari  inferliti 

atau  kemandulan.  Kemudian  menyaksikan  cara-cara  operasi  dan 

pendekatan  dalam  melakukan operasi yang  terbaru  efiseien  dan 

efektif. Di Kongress inilah terasa betapa kecilnya saya  diantara 

13.000  peserta  seluruh dunia, dan betapa sedikitnya  ilmu  yang 

saya miliki dan betapa cepatnya ilmu itu berkembang. 

    


 
Banyak  sekali ruang sidangnya dan bermacam-macam ilmu  yang 

di  bahas dan betapa canggih dan hebatnya peralatan meraka  dalam 

menyampaikan  dan  mencurahkan ilmunya. Saya terkesima  dan  saya 

terpesona.  Sayang  tidak semua ruang sidang itu  dapat  diikuti, 

karena  acaranya  demikian banyak  ruang  sidangnyapun  berderet-

deret,  dan semua acaranya bagus untuk didengar di lihat  dan  di 

pelajari. Beberapa hari saya ikuti kongres ini dan beberapa  hari 

saya dapat memetik ilmu dan membeli peralatan yang saya  perlukan 

dan dapat saya gunakan di Padang kelak.

    


 
29  Sepetember  1994. Hari ini saya sehari  penuh  di  ruang  
ð73[1] 
 
ð73[1] Škongres. Disini saya menimba ilmu yang bisa saya timba,  ternyata 

sangat banyak ilmu dan banyak ceritra dari teman-teman yang  lama 

tak  jumpa.  Karenademikian banyaknya ruang sidang  ilmiah,  maka 

saya tak bisa mengikuti acara sidang itu, danhanya sebagian kecil 

saja yangdapt saya simak.

    


 
Di  tempat  kongres ini, juga ada ruang pameran  yang  besar 

sekali  bermacam  di pamerkan, puas hati  melihat  bertanya  baik 

tentang  obat  maupun  tentang alat-alat.  Untunglah  saya  dapat 

kesempatan  membeli  alat vakum yang terbaru yang  berguna  untuk 

membantu  proses  kelahiran dengan  menempelkan  mangkoknya  yang 

terbuat dari karet dan plastik kekepala. Kalau dulu mangkok vakum 

ini terbuat dari besi, jadi menimbulka trauma dan kerusakan  pada 

kepala  bayi,  tapi dengan memakai mangkok yang dari  karet  ini, 

cederanya jauh  lebih kecil, sehingga bayi yang dilahirkan dengan 

pertolongan vakum dapat lebih baik dibandingkan dengan alat vakum 

yang  lama.  Pompanyapun tidak seperti dulu dan tidak  rumit,  di 

buat  sederhana  seperti gagang pistol. Melihat  demonstrasi  dan 

praktis cara pemakaian dan penggunaannya serta lebih efektif  dan 

efisien,  saya beli vakum ini semoga dapat menolong ibu dan  bayi 

dengan cara yang lebih baik lagi. Memang kemana saya pergi selalu 

saya fikirkan dalam profesi saya sebagai spesialis kebidanan  dan 

penyakit  kandungan,  bagaimana usaha dan dengan  alat  apa  bisa 

menolong dan meringankan beban ibu dan bayi yang di kandungnya se 

optimal  mungkin.  Karena prinsip dalam ilmu yang  saya  pelajari 

adalah dengan tindakkan yang seringan-ringannya untuk keselamatan 

ibu  dan  bayi yang sebaik-baiknya, dengan cedera  yang  sedikit-

dikit  nya. 

    


 
Beruntung saya dapat menghadiri Kongres ini dengan  demikian  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šbanyak  ilmu yang dapat saya timba, banyak pengalaman  bertambah. 

Tak salah pesan nabi "Tuntutlah Ilmu sekalipiun ke negeri China". 

Jauh  berjalan  banyak yang dilihat, Lama hidup  banyak  yang  di 

rasai. 

    


 
Di tempat ini pula saya dapat menyaksikan perkembangan  ilmu 

baru antara lain dalam hal operasi banyak mereka yang menggunakan 

alat-alat  endoskopi, begitupun untuk mendiagnosa satu  penyakit. 

Yang  tak kalah menariknya ialah, meraka melakukan  operasi  men­

gangkat  rahim atau histerektomi, baik pada Cancer  mulut  rahim, 

maupun  pada perdarahan-perdarahan yang tak teratur ataupun  pada 

myoma  uteri, mereka lakukan lewat vagina, melalui  jalan  bawah, 

tanpa  perlu membedah perut, membuka otot fascia dan  peritoneum. 

Dengan bermacam-macam ke untungan. Antara lain perdarahan  selama 

operasi jadi lebih sedikit, materi dan benang yang terpakai  jauh 

lebih hemat, melakukannya jauh lebih cepat, dan tidak  memerlukan 

verband  atau plester untuk menutup luka bekas operasi, dan  pen­

yembuhannya lebih cepat dan perawatannyapun lebih cepat  sehingga 

pasien dapat di pulangkan dengan segera. Memperkecil jumlah  hari 

rawatan.  Tidak ada jejas dan bekas operasi karena lewat  vagina, 

sehingga tidak ada cacat sikatrik yang terjadi di perut. Diperli­

hatkan step demi step cara melakukan operasi ini.  Bermacam-macam 

cara pendekatan operasi di ajarkan.

    


 
Juga di perlihatkan operasi penyambungan tuba, operasi mikro 

dan kalau ada perleketan-perlekatan yang terjadi, dapat di  cegah 

dengan  menempelkan peritoneum ke tempat-tempat yang diduga  akan 

menimbulkan perlekatan, sehingga memudahkan terjadinya kehamilan.

    


 
Juga  di perlihatkan kalau anak macet lahir  karena  bahunya 

tersangkut  walaupun kepala sudah lahir, biasanya  kejadiaan  ini  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šsering menimbulkan cedera dan kematian bayi serta perdarahan  dan 

infeksi pada ibu serta trauma dan robekkan luka yang besar.  Maka 

di  perlihatkan kemacetan ini bisa di tanggulangi dengan  memakai 

forcep  model baru yang lengkungnya di buat untuk lengkung  bahu. 

Sehingga  dapat  menyelamatkan ibu dan anak  dengan  cedera  yang 

sekecil mungkin.

    


 
Juga  saya  dapat  hadiah buku-buku bagus  yang  nanti  saya 

niatkan untuk saya foto copykan bagi mahasiswa saya di Padang dan 

untuk asisten saya, yang sedang menempuh pendidikan keahlian.

    


 
Walaupun hanya beberapa hari menghadiri kongres namun banyak 

ilmu  yang  dapat di serap. Kongres yang  diadakan  ini  biasanya 

sekali  3  tahun.  Jadi perkembangan ilmu  3  tahun  terakhir  di 

tayangkan  melalui  kongres  dan kongres. Tiga  tahun  yang  akan 

datang  kongres  ini di rencanakan diadakan di  scandinavia,  dan 

biasanya sebelum atau sesudah kongres ada acara tour, maka  saya­

pun  mendaftar pada pak Alvon melalui dr Muki. Dan dalam  kongres 

di  pertunjukkan  pula kesenian daerah  setempat  dimana  kongres 

diadakan.  Diantara  berbagai  kesenian yang  di  tayangkan  saya 

tertarik  sekali  akan  sebuah aktraksi dan  kesenian  yaitu  Ice 

Skating.

    


 
Kebetulan  malam ini kami dapat undangan mengahdiri  pertun­

jukkan  Ice scak .. Champions on Ice di Forum de  Montreal.  Luar 

biasa  bagus, cantik dan Indah sekali. Juara dunia,  juara  Olim­

piade  berkali-kali wanita yang sangat cantik, pria  yang  sangat 

ganteng  dengan pakain yang sangat halus dan bagus dan  kombinasi 

warna yang sangat menarik diatas lapangan es yang seluas  stadion 

yang dapat menampung penonton 20.000 orang. Di Forum de  Montreal 

es  nya di soroti lampu yang berwarna warni, kadang-kadang  esnya  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šseperti memantulkan cahaya merah delima, kadang-kadang  memantul­

kan warna anggur , kadang-kadang hijau dan biru. Ah sangat menar­

ik.  Saya banyak menyaksikan tarian dan kesenian tapi sang  juara 

dunia  dan juara olimpiade yang berlenggang lenggok  dan  membuat 

gerakkan  yang dramatis memberikan kesan yang luar  biasa  sangat 

indah  sangat spektakuler. Sehingga untuk mengedipkan  mata  saja 

rasanya  rugi. dengan mata terbeliak saya tatap dan saya  pandang 

semua  dan  setiap gerak dan setiap akrobat yang  tersaji,  semua 

menambah  keindahan  malam di Montreal.  Kenangan  yang  terpatri 

bukan  main  dengan tehnik yang tinggi dan ice  skating  demikian 

luar  biasa. Saya ikut bangga diantara penari dan  akrobatik  ice 

skating juga terdapat seorang Asia dari China yang berbadan bagus 

tinggi  semampai dan bermain pandai. Untunglah saya tak  jadi  ke 

New  York rupanya Montreal mengundang saya menyaksikan Ice  Skat­

ing,  yang  mungkin tak akan pernah saya lihat lagi  kalau  bukan 

disini  di tempat ini. Terima kasih sekali lagi ya Allah,  Engkau 

selalu berikan dan perlihatkan yang terbaik untuk hambamu, walau­

pun  dalam rencana, malam itu saya sudah berada di Orlando,  tapi 

Tuhan  menakdirkan  lain, saya lebih senang saya  lebih  bahagia, 

malampun berlalu di buai mimpi yang indah, bermimpi rasanya  saya 

melaju di atas es bersama dengan pemaian ice scating. Macam-macam 

saja di montreal kok bermimpi yang indah dan menawan.

    


 
Saya  perhatikan bahwa mereka ini unggul di  bidang  tehnik, 

unggul  dalam kemauan, ungul dalam semangat, unggul  dalam  ilmu. 

Lalu saya teringat akan sebuah jaminan Tuhan dalam Al-Quran bahwa 

keunggulan  memang  di peruntukkan bagi mereka yang  berilmu  dan 

beriman. 

 
ð73 Š
    


 
Karena  itu, sepanjang ajaran Al_Qur'an, jaminan  keunggulan 

dan  superioritas,  termasuk kemenangan dan kesuksesan,  akan  di 

karuniakan   Allah  kepada  mereka  yang  beriman   dan   berilmu 

(Q,58:11).




Montreal  29 September  1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar