Jumat, 11 Oktober 2013

BUK EN



 Oleh : Dr.H.K.Suheimi

Buk  En  selalu saja jadi buah bibir  oleh  anak-anak  saya.

Semua  anak saya ikut les dengan buk en, mulai dari  yang  sulung

sampai  yang  bungsu.  ada-ada saja ceritranya  tentang  buk  en,

seakan-akan setiap apa yang diampaikan buk en nempel di otak  dan

di  perasaannya. "Pa, tadi buk en bilang baru kembali dari  Medan

tapi karena pesawatnya sering di gensel, sehinga buah salak  yang

di  bawanya jadi busuk semua, sehingga kami ndak  kebagian  oleh-

oleh  Medan". "tiap hari libur buk en selalu berlibur" ulas  anak

saya.  Hampir seluruh Indonesia sudah di kunjunginya dan  sekali-

sekali ke luar negeri.

Pulang  Les anak saya yang lain melapor lagi :"Pa,  ibuk  en

itu  dulu  pernah  jadi sopir oplet, tapi  karena  tiap  sebentar

penompang  naik turun berarti tiap sebentar tukar gigi  dan  tiap

sebentar  tekan kopleng dan tiap sebentar tekan rem, buk en  jadi

malas.  Kalau ada penompang yang baru berhenti, lalu minta  turun

lagi,  buk en pura-pura tak dengar, kan cape akhirnya buk en  tak

jadi  sopir  oplet,  tapi jadi sopir untuk kalian,  kata  buk  en

mengakhiri lesnya hari itu.

Pokoknya  ada-ada saja ceritra mengenai buk en yang di  bawa

 pulang oleh anak-anak. Mereka seperti hapal akan yang dialami buk

en  dan apa-apa yang dikatakan buk en, sebagaimana  mereka  takut

terlambat  datang ke tempat les atau tak berani untuk tidak  mem­

buat  PR yang di beri buk en. Namun semua mereka yang les  dengan

buk  en  merasa bangga karena dapat di terima  disana,  dan  jadi

omongan  diantara teman-teman "siapa yang dapat di terima les  di

tempat buk en, se akan-akan jadi jaminan, pelajaran matematik dan

rapornya akan bagus".

"Memang  buk en pemberi kursus les matematik, beliau  sangat 

pandai  mengajar  sehingga kami mengerti", pengakuan  semua  anak 

saya.  Saya  masih teringat ketika Irham anak sulung  saya  masuk 

kesana,  tidak  mudah, berjuang berat. Mulai jam 3  tengah  malam 

sudah antri di depan rumah buk en, bukan main ramainya yang ingin 

masuk  les, ber jubel-jubel dan berdesak-desakkan, "seperti  naik 

haji  komentar seorang ibu", yang akhirnya tak  dapat  memasukkan 

anknya  kesana.  Beruntung Irham dapat di tolong  oleh  seseorang 

yang  badannya besar dan kuat antri sejak jam 3 parak siang.  Dan 

sejak  Irham masuk, saya berkenalan dengan ibuk en, dan  akhirnya 

semua  anak-anak saya dapat di terima les disana. Saya ngak  tahu 

rahasia  apa yang ada dalam diri buk en sehingga semua  anak-anak 

lengket padanya, walaupun sedang marah,ataupun sedang menjatuhkan 

sangsi  pada  anak-anak, tapi anak-anak  patuh,  tidak  mengomel, 

bahkan  memuji  cara hukuman dan sangsi yang di berikan  buk  en. 

Pada  hal semua anak-anak yang les disitu adalah  anak-anak  yang 

seusia SMP dan SMA. Sedang nakal-nakalnya, sedang bandel-bandeln­

ya.  Saya sendiri mengalami kesulitan mengaturnya, tapi bagi  buk 

en  mudah saja kelihatnnya. Saya ingin tahu rahasia apa  yang  di 

pakai buk en. Bahkan kalau ada anak saya sedang ber masalah, pada  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šbuk en inilah kami berkonsultasi, sehingga saya dan istri  sering 

mengobrol  panjang dan berdiskusi dengan buk en yang  ramah  itu. 

Saya  merasa  beruntung dapat berkenalan dengan buk en  dan  saya 

merasa  beruntung dapat mengikut sertakan anak-anak  les  disana, 

sehingga  di sekolah, mereka pada jadi juara.  Dan  alhamdulillah 

yang sulung Irham sekarang sudah smester III di Kedokteran,  tapi 

dia  tetap mengenang buk en dan kalau ada apa-apa mereka  mengadu 

pada buk en. Dan saya lihat ibuk en pun sayang padanya, dan kalau 

buk  en  yang menasehatinya, langsung di terima dan  di  laksana­

kannya.

    


 
"Tidak  banyak rahasianya" Kata buk en dari  balik  telepon, 

ketika  saya  ingin tahu apa rahasia kesuksesannya.  "Hanya  satu 

kata buk en" menjelaskan "Saya selalu memperhatikan dan mencurah­

kan  rasa sayang pada semua murid". "Rasa sayang yang  tulus  dan 

ihklas"  tegas  buk en lagi. Memang rasa sayang  yang  tulus  dan 

ikhlas  inilah yang selalu terpancar dari wajah buk en bila  ber­

diri di hadapan murid-muridnya. Rasa sayangnyalah yang  menyebab­

kan  anak-anak lebih terbuka dan menceritrakan segala  rahasianya 

pada  buk  en.  Itu pulalah yang  menyebabkan  anak-anak  mengadu 

kepadanya. Dan sangat banyak rahasia anak-anak yang di pendam buk 

en, buk en seakan-akan tahu persoalan mereka sampai yang sekecil-

kecilnya. Dan kepada buk en pulah saya bertanya kalau ada sesuatu 

yang menimpa anak saya. Jadi buk en bukan saja sebagai  pengajar, 

tapi beliau lebih lagi sebagai pendidik. Pendidik yang  dilandasi 

rasa  kasih dan sayang yang tulus. Semua itulah yang  menyebabkan 

hati anak-anak terpaut padanya, sehingga apapun yang disampaikan­

ya  langsung melekat di hati anak-anak, karena  dia  menyampaikan 

dengan  perasaan  dan  hati yang ikhlas.  Selalu  saja  anak-anak  
ð73[1] 
 
ð73[1] Šberkata,  kalau  buk en yang menerangkan, dan kalau buk  en  yang 

bercetra,  enak di dengar, mudah di pahami dan cepat di  mengerti 

dan lama lupanya.


    


 
Dalam  upaya menolong mengatasi problema orang,  dalam  diri 

buk  en timbul kobaran semangat  yang mengasyikan. Dan pada  kal­

bunya terasa arus cinta bergetar. Kasih dan sayangnya pada  anak-

anak, sudah menguasai gerak-gerik dirinya. Dan bahkan telah  men­

guasai  jiwanya ! Lantas kewajiban sudah berubah menjadi  sesuatu 

yang  menyenangkannya. Bahkan lebih dari itu, lebih  agung  lagi. 

Kewajiban sudah menjadi perasaan hidup dan watak pribadinya.


    


 
Disinilah letak beda antara cinta dan kewajiban.  Kewajiban, 

adakalanya  dilakukan dengan rasa terpaksa dan  pahit.Tapi  kalau 

karena  cinta, jalan dan rintangan yang bagaimana  pun  sulitnya, 

akan dihadapi dengan penuh rasa riang dan gembira. Walaupun  saya 

tahu  buk en itu sedang mengidap penyakit, tapi tak  pernah  ter­

bayang di wajahnya apabila dia berdiri dihadapan murid-muridnya.

    


 
Cintanya  pada muridnya merupakan landasan kukuh  dari  mana 

karya-karyanya  muncul. Bila keadaan memaksanya  bersikap  marah, 

maka  marahnya itu pun tidak keluar dari lingkaran  cintanya  itu 

juga,  sehingga murid merasakan itu bukan marah tapi teguran  dan 

ajaran untuk kebaikan murid-muridnya juga.


    


 
 Dia  tidak mencinta untuk dirinya dan tidak  pula  membenci 

untuk  kepentingan  dirinya. Dia hanya benci pada  muridnya  yang 

malas, terlambat tiba dan tak mau menyelesaikan PR. Melalu  tuli­

san ini saya menyampaikan salam untuknya, kiranya caranya  mendi­

dik dan caranya berceritra dan caranya menghukum murid dapat pula 
 
ð73 Šsaya tiru sewaktu saya berdiri di depan kelas, supaya saya  dapat 

pula  jadi guru yang baik yang di kenang oleh murid-murid,  seba­

gaimana anak-anak saya selalu ber ceritra tentang ibuk En.

    


 
Lalu saya teringat kepada orang di zaman sekarang yang  suka 

membenci  dan  mengenyampingkan kasih dan sayang.  Kepada  mereka 

saya ulangi pesan Rasulullah Muhammad S.A.W :

    


 
 " Bencilah orang yang engkau benci dengan sekedarnya saja.

      Siapa tahu kelak ia akan menjadi kekasihmu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar