Rabu, 23 Oktober 2013

MATI LANGKAH


Oleh : Dr.H.K.Suheimi

Setiap  kali main badminton saya selalu  menggunakan  tangan

kanan,  karena tak terbiasa dan tak pandai memakai  tangan  kiri.

Sehingga  hanya  lapangan sebelah kanan yang  bisa  saya  kuasai.

Kalau lawan memberi bola ke lapangan sebelah kiri, kewalahan saya

mengejarnya,  sering bola saya kembalikan dengan back hand,  tapi

back  hand  saya tidak baik, sering jelek, sehingga  bola  sering

nyangkut  di net. Apalagi kalau tiba-tiba lawan  memberikan  bola

silang  saya  tidak  siap, selalu saya mati  langkah.  Ndak  tahu

kenapa istilah mati langkah ini di gunakan dalam olah raga,  tapi

yang saya rasakan betul-betul mati langkah, langkah itu tak  bisa

hidup,  saya  seakan-akan  terpaku,  sementara  bola  mengelindig

masuk.  Lawan  menang orangpun bersorak, sayapun  berkeringat  di  

ngin.  Mengetahui titik lemah dan kelemahan saya ini, maka  lawan

secara bertubi-tubi selalu mengarahkan bola ke lapangan kiri  dan

selalu membuat bola-bola silang. Jika sudah demikian dapat dipas­

tikan diakhir pertandingan saya akan menjadi orang yang kalah dan

selalu  jadi bulan-bulanan. Memang jika lawan tahu kelemahan  dan

titik  lemah  kita dengan mudah dan enak dia dapat  membuat  kita

bertekuk lutut, tidak berkutik lagi. Begitu pula saya lihat  para

atlit  kita,  kalau sekali mati langkah habis dan  musnah  sudah.

Tampak  sekali perubahan rona wajahnya  disamping mereka  ketaku­

tan, tapi juga beban psikis dan  emosinya yang terpancing.  Sema­

kin dia emosi, semakin dia salah langkah dan grogi, sebentar lagi

dia  akan  bertekuk lutut , menyerah dan habislah  sudah  dia  di

permain dan di perbagaikan oleh lawan. Orang mati langkah  adalah

karena tidak mau melatih diri ditempat-tempat kelemahnannya  itu.

Orang mati langkah karena takut akan keadaan yang akan di hadapi.

Orang  akan  mati  langkah kalau di hadapkan  akan  hal-hal  yang

menghantuinya. Untuk itu perlu sekali latihan dan menghadapi hal-

hal yang di takuti dan membiasakan hal-hal yang dianggap sukar.

Kesalahan saya adalah saya tidak membiasakan dan  menghidup­

kan back hand, dan saya tak membiasakan bermain di lapanagan kiri

dengan  segala  kemungkinannya  dan yang lebih  jelek  lagi  saya

selalu takut akan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, saya

kalah  sebelum bertanding. Kalau lawan tahu kelemahan saya  habis

sudah,  saya takut saya ngeri, sering saya menyerah sebelum  per­

tandingan usai. Begitupun waktu saya main catur, kalau sudah mati

langkah,  saya mulai berkeringat dingin dan sesudah itu dapat  di

ramalkan saya akan kalah.

Saya  perhatikan ternyata bukan dalam main  badminton,  main

tennis,  main catur saja orang mati langkah, rupanya dalam  semua

permainan ada saja orang yang mati langkah. Dalam permainan hidup

pun  demikian, sering orang mati langkah. Kalau sudah mati  lang­

kah, maka hidup pun mulai mempermainkannya, membawanya kesana ke­

mari,  mengombang  ambingkannya  dan  akhirnya  menghempaskannya.

Tidak  sedikit  orang yang terhempas dan  terkandas  akibat  mati

langkah, buntu fikiran "tatumbuak pangana", apapun yang  dikerja­

kan  tak mau menjadi, jangankan akan menjadi, bahan  mentahnyapun

rusak binasa. Apa yang di resek menjadi rusak, apa yang di  kakok

menjadi bengkok, serba salah, maju kena mundur kena. Kalau  sudah

mati langkah dan mati pucuk, artinya kemanapun kaki akan  dilang­

kahkan  akan  menimbulkan kesalahan, sering menemui  jalan  buntu

karena fikiran yang tertumpu dan fikiran yang buntu.

Lalu  bagaimana pandangan dan bimbingan agama kita  terhadap

orang  yang mati langkah dan buntu fikiran ini?.  Dalam  beberapa

kisah  saya dengar. Tuhan selalu memanggil  hamba-hamba_Nya  ini,

wahai orang-orang yang letih, wahai orang-orang yang lesu,  wahai

orang-orang yang buntu fikiran, wahai orang-orang yang  tatumbuak

pangana, kembalilah pada Allah. Allah akan bukakan rahasia  besar

dan  terlindung  yang selama ini engkau tidak  ketahui.  Pintunya

senantiasa  terbuka,  memintalah kepada_Nya sekali=kali  Dia  tak

akan pernah mengecewakanmu. Kalau engkau masih menyandarkan  diri

dan  hidupmu kepada orang lain ketahuilah, bahwa orang  lain  itu

tak  pernah  merasa dirinya puas dan selalu merasa  kurang.  Maka

tempat  berharap satu-satunya dan tempat  bersandar  satu-satunya

hanyalah   pada  Allah.  Bukankah  setiap  Shalat   kita   selalu

berkata;"Hanya  pada_Mu  kami menyembah dan  hanya  pada_Mu  kami

minta  pertolongan".  Dengan cara demikian  kita  selalu  mencari

keredhaan_Nya.  Kalau  kita telah mendapat ke  redhaan_Nya,  maka

akan  dibukakan_Nya  untuk kita semua jalan-jalan,  jalan  menuju

keselamatan.  Jalan yang tidak akan mematikan langkah  dan  jalan

yang tidak membuntukan fikiran. Dan Tuhan menunjukki  hamba-hamba

ini  dengan  bimbingan dan wahyu yang diturunkankan  pada  Rasul-

Rasul-Nya  yaitu kitab Suci Al_qur'an. Dengan  Al_Qur'anlah  kita

bisa menuju jalan keselamatan. Al_Qur'anlah yang akan  membimbing

dan  membukakan mata kita kalau kita menemui jalan buntu.  Disaat

kita  tak menampak jalan keluar, disaat kita diliputi kabut  yang

tebal, disaat kita bingung tak tahu kemana kaki harus  dilangkah­

kan,  bukalah Al_Qur'an, disana akan kita temukan apa  yang  kita

cari,  jalan  akan terbuka dan terbentang di hadapan  mata  kita,

yakni jalan keselamatan.

Untuk  itu  saya  teringat  sebuah  Firman  suci_Nya   dalam

Al_Qur'an  surat  Al Maaidah ayat 16:"Dengan kitab  itulah  Allah

menunjuki  orang-orang  yang  mengikuti  keredhaan_Nya  ke  jalan

keselamatan,  dan  (dengan  kitab itu  pula)  Allah  mengeluarkan

orang-orang  itu  dari  gelap gulita kepada  cahaya  yang  terang

benderang dengan seizin_Nya, dan menunjukki mereka ke jalan  yang

lurus".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar