Kamis, 31 Januari 2013

PEMBULUH DARAH

Oleh K Suheimi

Kuliah subuh saya di Masjid AnNur Pekanbaru

Assalamu’alaikum WR.WB
Minggu lalu kita telah berbicara tentang manusia bahwa manusia itu terdiri dari seratus  triliun sel dan masing-masing sel itu harus dapat darah, dapat metabolisme, dapat semuanya. Itu diatur oleh Allah dengan mengirim semua itu melalui alat transportasi yaitu darah dan pembuluh darah yang mengalir ditubuh kita itu panjangnya 80.000 km. Kalau kita keliling dunia panjangnya 40.000km berarti panjang pembuluh darah itu 2 kali kita keliling dunia pada garis katulistiwa. Kemudian kita sampaikan kemarin bahwa yang merusak pembuluh darah itu kalau pembuluh darah itu bocor, bocor pembuluh darah itu karena ada racun, dan racun yang ganas itu kita kenal dengan racun yang dihasilkan oleh nyamuk aides aigepti virus danque, virus danque itulah menyebabkan kalau dia mengeluarkan racun, racunnya itu mengalir di dalam darah dan menyebabkan pembuluh darah itu rapuh, sehingga darah yang ada dalam pembuluh darah itu keluar.
Keluarnya darah dalam pembuluh darah itu dapat kita tes misalnya dengan kita pasang testimeter dekat pangkalangan kita ini, kita jepit dia sehingga alirannya terbendung, maka di lengan kita ini kita lihat ada bintik-bintik merah menandakan bahwa ada pembuluh darah yang rapuh sehingga darah bisa keluar dari situ, nah kalau darah itu banyak yang keluar maka sifat dari tubuh kita itu ingin memperbaikinya maka pembuluh darah yang rapuh itu ditambal dengan zat pembeku darah yang disebut dengan trombosit, maka trombosit itu dikirim ke aliran-aliran darah itu dikirim untuk menempel pembuluh darah itu, maka kita lihat kadar trombosit yang ada dalam tubuh kita itu karena dipakai untuk menempel pembuluh darah ini, kadarnya jauh berkurang, dihasilkan juga, dia berkurang juga. Kalau kebetulan daya tahan manusia itu rendah pembuluh darah yang rapuh itu tidak kuat, tidak terlatih, maka pembuluh darah itu banyak bocornya. Pembuluh darah itu yang terbanyak di dalam usus, didalam lambung diperut kita ini, karena disitu yang banyak terjadi kerusakan maka darah itu keluar dari pembuluhnya masuk ke dalam usus atau keluar dari pembuluh masuk ke rongga perut, menyebabkan perut kita menjadi tegang, orangnya sering mual, muntah dan kalau dia berak, dari berak itu bewarna hitam.
Kalau orang kampung kita mengatakan kalau sudah hitam beraknya ndak panjang lagi umurnya dan kalau darah itu keluar melalui rongga perut maka perutnya itu tegang dan jika ditekan sakit, karena darah banyak keluar dari pembuluh darah maka tekanan darah orang itu turun, rendah, mukanya pucat dan trombositnya turun sekali, makanya sering kematian terjadi karena tidak bisa mengatasi stroke, karena kalau darah itu turun sekali namanya stroke. Kalau sudah stroke itu menjadi stop, kenapa orang meninggal karena demam darah itu karena daya tahan dari pembuluh darah itu sangat rapuh dan tidak kuat dan trombosit yang akan menempel bocoran-bocoran pembuluh darah itu rendah maka kita lihat, kadang-kadang anakanak meninggal, kadang-kadang orang dewasa juga meninggal dan kita lihat anak-anak yang meninggal itu biasanya gemuk, wajahnya cantik, orang-orang yang berduit, orang yang biasa manja, sehingga karena kemanjaan itu kurang menggerakkan otot, sehingga pembuluh darahnya itu tidak kuat, rapuh dan kita lihat maka kematian-kematian sering kita lihat orang yang memanjakan diri dan demikian. Untuk mengatasinya tentu kita pelajari sifat-sifat dari nyamuk ini. Nyamuk aides aigepti itu nyamuk yang perlente bentuknya itu cantik, dan kalau kita lihat kakinya itu seperti berkaus belang-belang, badannya belang-belang dan kalau kita lihat cantik nyamuknya. Dia itu parlentenya hanya keluar dan terbang antara jam 8-11 kemudian tidur lagi dan keluar jam 4-7 kemudian dia tidur lagi, jadi kalau malam kita digigit nyamuk berarti itu bukan nyamuk demam berdarah. Kenapa dia hinggap dirumah kita karena kita memanjakan dan memberi kesenangan hidupnya, kalau kita tidak memberikan kesenangan hidupnya, tidak memberikan makan maka dia tidak akan pernah mau hinggap dipekarangan kita.
Apa kesenangan nyamuk aides aigepti ini, dia itu suka hinggap, beranak bertelur di air yang jernih, terutama yang ada wadah hitam seperti kantong plastik yang bewarna hitam, bejana yang bewarna hitam dan ban hitam kalau disitu ada air maka nyamuk itu suka ditempat itu, sering ada kaleng-kaleng kosong. Nah kapan kaleng-kaleng kosong itu berisi ialah ketika musim hujan, lupa kita menyampakkan sehingga parit-parit yang kosong berisi air dan kemudian air tersebut menjadi jernih, sehingga tempat-tempat yang jernih itu mengundang tempatnya nyamuk aides aigepti itu dan dia merasa dirinya tidak terancam. Dimana lagi? Ialah pada tanah-tanah kosong, ada orang-orang kaya dibelinya tanah untuk menyimpan urang, dibiarkan tanah itu kosong, bahkan dipagarnya tanah itu, melihat tanah dipagar kecenderungan orang sering membuang sampah ke dalam pagar itu sehingga tidak terbersihkan, ada kaleng dilempar ke tanah kosong, sehingga tanah kosong itu ada kantong-kantong plastik kita lihat yang kalau hari hujan basah, ada kaleng-kaleng kosong kita lihat berisi, ada ban bekas kalau hari hujan dia terisi maka kalau bapak-bapak dan ibu-ibu coba letakkanlah bejana hitam dan diisi air bersih, lihat seminggu kemudian kita akan mendapatkan disitu telur-telur nyamuk dan jentik-jentik nyamuk, bertanda tempat itu dia senang dan kita mengundang dia ke tempat itu.
Bagaimana supaya dia nyamuk itu tidak senang, tentu tempat-tempat tersebut kita musnahkan seperti kaleng kosong, bejana kosong ban-ban bekas, sehingga tidak ada air tergenang yang jernih, kemudian apa lagi, dipeliharalah ikan-ikan didalam parit, kalau airnya dangkal berilah ikan kecil-kecil, kalau airnya agak dalam berilah ikan lele, ikan nila, peliharalah ikan-ikan itu, karena ada empat keuntungan kita memelihara ikan itu: pertama, kalau ada bau-bau busuk dengan adanya ikan itu dia makan bau-bau busuk itu, yang kedua kalau ada telur nyamuk itu dimakannya, dan biasanya kalau ada ikan, nyamuk itu takut bertelur di sana.   Jadi menghilangkan bau yang busuk diparit-parit, memusnahkan nyamuk, karena kalau digigit nyamuk aides aigepti itu bukan nyamuk orang lain. Itu adalah nyamuk yang ada dipekarangan kita, nggak mungkin dari pekarangan orang lain, karena jarak terbangnya antara 20 sampai 40m. lebih dari itu nggak sanggup lagi nyamuk itu, jadi kalau seandainya kita dapat sakit demam berdarah itu adalah karena kita memanjakan dan memelihara nyamuk di pekarangan kita sendiri.
Nah kita datangkanlah musuhnya, musuhnya hampir setiap ikan itulah musuhnya, disamping itu kita bisa juga menikmati ikan itu, karena ikan itu tidak pernah tidur siang dan malam, makanya orang cina suka sekali memelihara ikan itu karena semangat kerjanya jarang dia tidur, siang malam dia bekerja, mudah-mudahan dengan demikian terimbas pula kita tengah malam kita asyik juga melihat,  diri kita jadinya bekerja juga, melihat binatang kecil saja bekerja masa kita nggak.
Dan dari segi ekonomi menguntungkan sekali karena ikan itu kalau dia beranak pinak, satu kilo berat ikan itu telurnya sepuluh ribu. Jenis binatang hewan mana yang menjanjikan untung yang sangat besar, karena kalau berat ikan itu telurnya sepuluh ribu,kalau dua kilo beratnya, telurnya dua puluh ribu, semakin besar ikan itu semakin banyak telurnya dan semakin banyak telurnya semakin banyak anaknya. Semakin banyak anaknya kalau ada nyamuk-nyamuk semakin banyak makanan untuk ikan itu. Ada kutu air dan ada segala macam bintik itu dimakan oleh ikan itu, tempat kita bersih sambil dia mengembang biakkan dirinya dan kalau kita makan ikan itu adalah protein yang terbaik untuk demam berdarah karena dia mengandung albumin yang tinggi, dia akan menghasilkan trombosit yang tinggi, dia akan menyembuhkan dan merekat pembuluh darah itu dengan baik.
Jadi disamping ekonomi baik dengan adanya pemeliharaan ikan, parit itu  disekat saja sehingga dia tergenang, karena kalau parit dibiarkan kering baunya bukan main. Tapi kalau parit itu disekat-sekat, ada air didalamnya baunya kurang, masukkan ikan dan baunya hilang. Nyamuk hilang, bau hilang, dan kalau dia berkembang biak Alhamdulillah, kalau tidak dia sudah bisa jadi mainan, dia sudah bisa untuk hiburan menghilangkan stress dan segala macam. Makanya kalau memang kita benci pada nyamuk dan tidak suka nyamuk ada tempat kita, sediakanlah. Dan kalau nyamuk itu masih ada, apa yang kita siapkan dirumah, ialah kipas angin, sebab nyamuk itu tidak bisa terbang kalau ada kipas angin, jadi anak-anak aman  kalau ada kipas  angin, kalau pakai AC nyamuk itu senang, dingin dia senang, tidak ada yang menghalangi dia terbang, tapi kalau kipas angin yang kita berikan maka kipas angin itu akan berputar dan sayap nyamuk itu tidak bisa dikepakkannya dan dia tidak bisa terbang.
Maka dari pada kita memberikan zat racun yang juga dihisap oleh anak dan menimbulkan racun terhadap anak, lebih baik untuk tidur kita itu disediakan kipas angin. Jadi dengan demikian, mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit demam berdarah yang mematikan dan kalau sakit perawatannya mahal obatnya, tidak sedikit kita lihat yang dirawat sampai ke ICU. Sebagai kesimpulan, jangan berikan hal-hal yang menyenangkan nyamuk, air tergenang dan jernih. Kalau airnya kotor nyamuk malaria yang ada atau nyamuk-nyamuk yang lain dan semua nyamuk-nyamuk itu akan dimusnahkan oleh ikan, apakah itu nyamuk malaria atau nyamuk lain, tidak peduli oleh ikan itu disapu bersihnya semua dan kemudian pakailah pakaian muslim, dengan pakaian muslim lengan panjang dan kakinya juga celana panjang sehingga sedikit sekali daerah yang bisa digigit oleh nyamuk karena ditutupi oleh kain dan bajunya, tidurlah pakai kipas angin kemudian tanah-tanah kosong tolong dibersihkan jangan biarkan air tergenang, dan kalau juga air yang tergenang lepaskanlah ikan yang sesuai dengan kemauan ikan yang hidup disitu. Mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit demam berdarah dan kalau ini dianggap penting dan perlu tolong sebarkan kepada saudara-saudara kita supaya rumahnya bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar