Selasa, 11 Juni 2013

Ujian KTI

Hampir dalam dua minggu terakhir ini bulan Mei samapai dengan Juni, mahasiswa STIKes PMC khususnya Program Studi DIII Kebidanan sibuk dengan KTI. KTI adalah Karya Tulis Ilmiah merupakan penelitian mahasiswa yang menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa DIII untuk meraih gelar ahli madya.Kalau ditingkat Sarjana adalah skripsi, Magister Thesis dan S3 adalah disertasi.
Bagi yang telah siap KTI nya maka akan maju ke meja sidang untuk ujian KTI. Sementara buat yang lain dan belum siap, maka sibuklah mencari dosen pembimbing untuk mendiskusikan hasil penelitiannya.
Penulisan KTI dimulai biasanya semester akhir dimulai atau awal semester enam.walaupun semester lima sudah ada juga yang mengawalinya. pertama kali mahasiswa mencari judul yang tepat beserta kemungkinan tempat penelitian yqng sesuai dengan judulnya. Untuk legalitas penelitian pada tahap awal mahasiswa dibuatkan surat permintaan data awal yang ditujukan kepada instansi pemerintah yang berwenang memberi izin yaitu Badan Kesbang Polinmas Provinsi Riau. Baru dari instansi tersebut yang akan mendisposisikan kepada tempat lokasi penelitian yang dituju.
Setelah mendapat izin dari yang berwenang mulailah mahasiswa mengolah data yang didapat yang kemudian membuat proposal penelitian.Proposal ini diuji oleh dosen dalam sidang ujian proposal.Selesai tahap ini mahasiswa akan melakukan penelitian lebih lanjut dimana akan melakukan uji validitas data. Pada tahap ini mereka akan dibekali surat permohonan uji validitas dan surat izin penelitian lanjutan. (AP)  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar