Kamis, 11 April 2013

B A K S O S



Dah siap semuanya, ga ada yang ketinggalan…?  Itu kata pak dokter Ihsan Sp.OG ketika brifing anggota tim yang akan berangkat ke Desa Penghidupan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Ya pada hari ini STIKes PMC dan RS PMC mengadakan acara bakti sosial ( Baksos ) ke daerah tersebut.
Sang dokter spesialis kandungan tersebut memeriksa dengan teliti segala perlengkapan yang perlu dibawa. Termasuk anggota tim. Anggota tim terdiri dari dr. Ihsan sendiri, Manajer Marketing RS PMC, seorang dosen yaitu Mona Dewi Utari, S.ST serta tiga mahasiswa STIKes PMC yaitu Wahyu Saputra dari Program Studi (Prodi) S1 Keperawatan dan dua dari DIII Kebidanan yaitu Ria Wina Kartika dan Widia Astuti.
Berangkat dari Pekanbaru memakai dua unit mobil. Jam menunjukkkan pukul delapan pagi. Setelah melewati kemacetan khas kota besar seperti Pekanbaru ini, maka mobil rombongan mulai mendekati perbatasan kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar. Tepatnya dekat desa Kubang maka kami mulai memasuki Kabupaten Kampar. Susana mulai agak sepi ala pedesaan apalagi setelah melintasi Jembatan Teratak Buluh, meski begitu jalan lurus menuju lokasi bakti sosial menjadi hiburan tersendiri bagi kami. Pada kiri kanan jalan terlihat perumahan penduduk yang diselingi oleh perkebunan maupun lahan kosong yang ditumbuhi rerumputan.
Kira-kira pukul sembilan pagi sampailah kami di Desa Penghidupan tersebut. Disambut oleh perangkat desa dengan ramah maupun masyarakat yang memang telah menanti kami sedari pagi. Setelah sedikit beramah tamah maka acara kami mulai.
Agenda acara ada tiga macam yaitu penyuluhan, pemeriksaan kesehatan serta USG bagi ibu hamil. Masyarakat begitu antuias dengan kegiatan ini. Dalam penyuluhan ini diterangkan soalanya pentingnya menjaga kesehatan baik bagi orang tua  maupun anak-anak. Begitu juga terhadap ibu hamil. Perlunya menjaga asupan gizi yang cukup yang berpengaruh terhadap janin yang dikandung. Maupun aktifitas fisik yang eprlu dilakukan sehingga pada proses persalinan nanti tidak menghadapi kendala yang berarti. Setelah ceramah dilanjutkan pemeriksaaan kesehatan maupun USG bagi ibu hamil secara gratis. 
Tepat pukul setengah satu siang acara selesai. Masyarakat sangat berterimakasih dengan kegiatan ini. Setelah istirahat dan Shalat Zuhur maka kami pun kembali ke Pekanbaru. (AP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar