1. RPKPS Keperawatan Gawat Darurat
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPKPS)
Mata Kuliah
KEPERAWATAN
GAWAT DARURAT
KOORDINATOR
MATA KULIAH:
NS.ARDENNY,S.KEP
PRODI S1
KEPERAWATAN
STIKES PMC PEKANBARU
2012
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
A.
Identitas Mata Kuliah
1. Nama
Matakuliah : KK VI - Keperawatan Gawat Darurat
2. Kode/SKS : 3 sks 3. Semester :
Pilihan semester genap
4. Dosen Pembina : Ns. Ardenny, S.Kep
B. Kompetensi
1. Kompetensi Umum
Kompetensi klinik yang harus
dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti mata ajar KGD adalah ”mampu memberikan asuhan keperawatan pada
klien gawat darurat yang mengalami berbagai macam gangguan sistem tubuh yang
umum terjadi berdasarkan keilmuwan yang terkait dengan keperawatan darurat
(KGD)”
2. Kompetensi Khusus
Setelah menempuh mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan (kompetensi hardskill):
a.
Memahami konsep dan prinsip kegawatdaruratan
b.
Memahami konsep pertolongan pasien gawat darurat mencakup
bantuan hidup dasar dan lanjutan
c.
Menerapkan konsep dan prinsip gawat darurat dalam
pertolongan pasien pada berbagai kondisi dan tingkat usia.
d.
Melaksanakan
pengkajian air way, breathing, dan circulation pada pasien gawat darurat
e.
Melaksanakan pembebasan jalan nafas
f.
Melaksanakan pernafasan buatan pada pasien dengan henti
nafas
g.
Melaksanakan resusitasi jantung paru pada pasien henti
nafas dan henti jantung
Setelah menempuh mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan (kompetensi softskill)
a.
Berinisiatif
dalam tindakan kegawatdaruratan
b.
Mampu bekerjasama dalam tim secara profesional
c.
Mengaplikasikan etik dan moral profesi keperawatan dalam
pelayanan prima
d.
Mampu berpikir kritis setiap kasus yang dihadapi
e.
Bersemangat dalam memberikan memberikan bantuan langsung
dari berbagai latar belakang budaya, social ekonomi klien
f.
Mampu menerapkan management stress pada klien tertentu
terutama klien dan keluarga klien yang mengalami proses berduka dan kehilangan
(Loss and grieving).
g.
Dapat diandalkan dari salah satu aspek kemahiran
keterampilan yang dimiliki
C. Jumlah jam:
Kegiatan
di dalam kelas ( 3 SKS x 50 mnt x 14 minggu ):
a. Kuliah & diskusi kelompok / simulasi =
36 jam (14
pertemuan)
b. Ujian Tengah Semester =
3 jam
c. Ujian
Akhir Semester = 3 jam
Jumlah 42 jam
Yang
dimaksud dengan jam di sini adalah jam pelajaran (50 menit) sesuai dengan
definisi SKS. Selain itu, karena 1 SKS
mengandung kegiatan untuk tugas mandiri yang terencana, maka direncanakan pula
kegiatan berikut:
Tugas
terencana di luar kelas, yaitu melakukan analisa kasus sesuai dengan topik
pembelajaran kemudian mendiskusikan dan menuliskanya dalam bentuk
laporan/portofolio lengkap (3 SKS x 14 minggu):
a. Menemukan
topik dan permasalahan = 8
jam
b. Menemukan
dan mengkaji literatur yang relevan = 16
jam
untuk tugas individual
c. Diskusi
kelompok = 16
jam
e. Menulis portofolio lengkap = 8
jam
Total = 42 jam
Kegiatan
di laboratorium (1 SKS x 2 x 60 mnt x 14
minggu ):
a. Kuliah & diskusi kelompok / simulasi =
28 jam (14 pertemuan)
b. Ujian Tengah Semester = 4 jam
c. Ujian Akhir Semester = 4 jam
Jumlah 36 jam
D.
JADWAL PERKULIAHAN
No
|
Mg
|
Kemampuan Akhir
|
Materi
|
Model
Pembelajaran
|
Penugasan
|
Evaluasi
|
||
Hard skill
|
Soft skill
|
Indikator
|
Bobot
(%)
|
|||||
1
|
I
|
1.Mhs.dapat
menjelaskan konsep dan prinsip kegawatdaruratan
2.Mhs. dapat menemukan
solusi problem kegawat daruratan
|
1.Meyakini sebagai
makhluk individual
2.Meyakii sebagai
makhluk sosial
3.Adaptif
4.Menghormati
5.Menghargai
6.Menyayangi
7.Berkomunikasi secara efektif
8.Kreatif
9.Leadership
10.Solidaritas
11. Kerja dalam tim
12. Inisiatif
13. Dapat mengatasi stress
14. Berkooperatif
|
Konsep dan prinsip kegawatdaruratan
|
I :
- Ceramah
- Tanya jawab
|
Porto folio (kelompok)
|
Mhs
menjelaskan konsep dan prinsip kedaruratan
|
5
|
2
|
II,
III
|
1. Melakukan
Pengkajian
keperawatan
termasuk
pemeriksaan
fisik dan data-
data penunjang
|
1.Beradaptasi sesuai dengan budaya setempat
2.Menyadari bahwa
manusia memiliki budaya beragam
3.Adaptif
4.Komunikatif
5.Saling menghargai
6.Rasa Memiliki
7.Responsibility
8.Tatakrama
9.Kreatif
10.Inovatif
11.Beretika
12.Berestetika
13.Kerjasama
|
Pengkajian
keperawatan
termasuk
pemeriksaan
fisik dan data-
data penunjang
|
II :
Praktikum dan simulasi
peran
III :
Pemutaran film dan
tutorial
|
Re- demonsterasi
Laporan portofolio (individu)
|
Mhs mampu mengaplikasikan
pengkajian fisik dan menyusun asuhan keperawatan secara sistimatis
|
10
|
3
|
IV,
V
|
2. Menganalisis dan
menetapkan
diagnosis
keperawatan dg tepat
|
1. Berpikir kritis
2. Kemampuan analisis
3. Kemauan belajar
4. Motivasi
5. Kreatif
6. Dapat mengatasi
stress
|
Analisis data dan
menetapkan
diagnosis
keperawatan dg tepat
|
IV :
Studi kasus dengan scenario kasus dan pemutaran film
Diskusi
V :
Seminar kelas
Diskusi
|
portofolio
(kelompok)
Resume
(individu)
|
Mhs mampu menganalisis dan mensintesa hasil
pengkajian dalam merumuskan masalah keperawatan gawat darurat
|
8
|
4
|
VI,
VII
|
3. Menetapkan tujuan
perawatan dan rencana
tindakan keperawatan
|
1. Komitmen
2. Manajemen diri
3. Dapat meringkas
4. Fleksibel
5. Kerja dalam tim
6. Management waktu
7. Berpikir kritis
8. Menyelesaikan persoalan
|
Tujuan
perawatan dan rencana
tindakan keperawatan
|
VI:
Latihan
VII:
Diskusi dan
Ceramah
|
Laporan
kelompok
Resume
individu
|
Mahasiswa mampu Menetapkan tujuan
perawatan dan rencana
tindakan keperawatan
|
7
|
5
|
VIII
|
UTS
|
|
|
-
|
|
|
50
|
6
|
IX,
X, XI
XII
|
4. Melakukan tindakan
keperawatan yang
direncakan
|
1. Komunikasi terapeutik
2. Sikap terapeutik/etis
3. Dapat diandalkan
4. Bersemangat
5. Insiatif
6. Berpikir kritis
7. Management waktu
8. Mendengarkan
9. Kerja dalam tim
10 Mampu berkolaborasi dengan
tim kesehatan lain.
|
Tindakan keperawatan gawat
darurat seperti BHD, Spalk/ pembidaian, Triage, protokol tindakan khusus
keperawatan
|
IX
X
XI
XII :
Praktikum
|
Portopolio
individu
|
Mahasiswa
dapat melakukan tindakan keperawatan secara kompeten
|
15
|
7
|
XIII
|
5. Mengevaluasi asuhan
keperawatan yang
diberikan
|
1. memiliki komitmen
2.komunkasi lisan
3.Dapat mengatasi stress
4.Management diri
5.Mendengarkan
6.Argument logis
7.Dapat menyelesaikan persoalan
|
Riview dokumentasi keperawatan
dalam bentuk asuhan keperawatan sistiematik
|
XIII :
Presentasi kasus
kelompok dan diskusi
|
Laporan
kelompok
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan, mengidentifikasi dan menemukan solusi dalam menangani kasus gawat darurat
|
10
|
8
|
XIV
|
6. Senantiasa
memperlihatkan
praktik keperawatan
yang profesioanl
berdasarkan etik dan
legal keperawatan
|
1.Mengenali
berbagai sains, seni keterampilan keperawatan
2.Menyadari
arti pentingnya sains keperawatan
3.Memahami
dampak positif dan degatif
dari dampak teknolog
4.Mendengarkan
5.Perforcement
rapih
6.Beretika
7.Berestetika
8.Peduli
9.
Komunikasi terapeutik
|
Review konsep etika profesi keperawatan
|
XII :
diskusi
XIII:
Studi kasus dan diskusi
|
Laporan
Kelompok
portofolio
kelompok
|
Mahasiswa
mampu mengenali, menyadari dan
”mampu
memberikan asuhan keperawatan pada klien gawat darurat yang mengalami
berbagai macam gangguan sistem tubuh yang umum terjadi
|
5
|
E. Materi
Perkuliahan
Materi perkuliahan yang dibahas diwujudkan dalam bentuk handout untuk active learning, yang
tersusun berdasarkan topik sebagai berikut:
Topik
|
Materi
|
Rincian Isi Materi
|
I
|
Penjelasan
Silabus
|
Penjelasan Silabus, konsep Dasar, Ruang lingkup
Keperawatan Gawat Darurat, SPGDT.
|
II
|
Konsep
dasar penanganan pasien gawat darurat
|
Pencegahan
primer, sekunder, tersier
Kegawatan
Triage
Prioritas
Primary
survey
Secondary
survey
|
III
|
Pengkajian airway, breathing, dan circulation
|
Airway
Breathing
Circulation
|
IV
|
Pembebasan Jalan
Nafas
|
Orofaringeal
ETT
|
V
|
Pemberian Nafas
Buatan
|
Dengan
oksigen
Tanpa
oksigen
Ventilator
|
VI
|
Resusitasi Jantung
Paru
|
Dewasa
Anak-anak
Bayi
|
VII
|
Askep Pasien dengan
kegawatan bidang medikal bedah akibat:
|
a.
Gangguan
pernafasan: Respiratory Distress ( , asthma, edema paru,
b.
Gangguan
kardiovaskuler: akut miocard infark, shock
c.
Gangguan
pencernaan: akut abdomen, keracunan
d.
Gangguan
endokrin: hipoglikemi, diabetik ketoasidosis, tiroid krisis
e.
Gangguan
syaraf: stroke, trauma kepala, dan medulla spinalis
f.
Gangguan
muskuloskeletal: fraktur, dislokasi
g.
Gangguan
integumen: luka bakar, gigitan binatang
|
VII
|
Askep pasien
dengan kegawatan bidang obstetri ginekologi akibat:
|
a.
Eklamsi
b.
Perdarahan
|
VIII
|
Askep pasien
dengan kegawatan bidang anak akibat:
|
a.
Kejang
demam
b.
Asfiksia
c.
Kesedak
|
IX
|
Askep
pasien dengan kegawatan bidang psikiatri akibat tentamen suicide
|
Perilaku
bunuh diri
Perilaku
kekerasan
|
X
|
Askep pasien
dengan kegawatan bidang komunitas akibat:
|
a.
Bencana
alam
b.
Kejadian
luar biasa
|
F. Penilaian
a. Penilaian meliputi :
1. Ujian Tengah Semester (UTS) : 15 %
3. Ujian
Akhir Semester (UAS) :
20 %
4. Ringkasan
: 5 %
5. Portofolio
: 30 %
6. Presentasi
dan diskusi dalam seminar : 30
%
b. Syarat
mengikuti ujian semester
1. Kehadiran 90-100% : boleh mengikuti ujian
2.
Kehadiran 75-90% : ujian
dengan penugasan/bersyarat
3. Kehadiran < 75% : tidak boleh mengikuti ujian
c. Standar konversi nilai yang direncanakan:
A : >80
B : 66 -
80
C : 56 - 65
D : 4 5- 55
E : < 45
G. Referensi
1.
Brunner & Suddart.(2005).Keperawatan
Medikal Bedah.Jakarta:EGC
2.
Maryline
D (2003). Rencana Keperawatan.
Jakarta : EGC
3. Anderson,
S (2003). Patofisiolgi. Jakarta:EGC
4. Tamboyang
(2000).Patofsiologi. Jakarta:EGC
5. Potter&Perry
(2002). Fundamental of Nursing.
Ed.4.Jakarta:EGC
6.
Huddak
G (2002). Keperawatan Kritis.
Jakarta; EGC
7. Ect.
H. Perencanaan Monitoring dan Umpan Balik
Rencana dokumen monitoring
dan umpan balik meliputi dan diwujudkan dalam bentuk form-form yang terdiri
atas:
a. Rencana
dokumen/form kegiatan mingguan
b. Rencana
dokumen/form umpan balik dari mahasiswa
c. Rencana
dokumen/form perubahan
Form kegiatan mingguan diisi oleh dosen yang berisi informasi
tentang: waktu perkuliahan dimulai dan diakhiri, waktu kehadiran masing-masing
mahasiswa, bentuk partisipasi mahasiswa, kendala dalam perkuliaahan. Contoh
format dapat dilihat di bawah ini.
FORMAT KEGIATAN MINGGUAN
Nama Mahasiswa
|
Waktu
kuliah
|
Waktu Kehadiran/mahasiswa
|
Bentuk Partisipasi Mahasiswa
|
Keterangan
|
||
mulai
|
akhir
|
Hadir
|
Jam
|
|||
A
|
|
|
|
|
|
|
B
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT UMPAN BALIK DARI
MAHASISWA
1.
Apa yang
anda dapatkan dalam perkuliahan hari ini?
2. Apa
kesulitan anda hari ini?
3.
Apa yang
anda sukai dalam kuliah hari ini?
4.
Apa yang
tidak anda sukai dalam kuliah hari ini?
Masalah yang bersifat umum segera diperbaiki dan langsung
diterapkan pada pertemuan berikutnya, sedangkan yang sifatnya mendasar akan
dicatat untuk perbaikan pada semester berikutnya.
Perencanaan Evaluasi adalah sebagai berikut:
FORMAT PERUBAHAN
GAP
|
AKAR MASALAH
|
ALTERNATIF SOLUSI
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi meliputi:
a. Hasil
pembelajaran
Evaluasi terhadap kemampuan
mahasiswa dalam memahami konsep dilakukan secara tertulis sebanyak 2 kali,
yaitu ujian midterm dan ujian akhir
terjadwal. Hasil ini menggambarkan kemampuan individual mahasiswa dalam
mencapai target kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pemahaman terhadap
materi perkuliahan yang diberikan. Dari sini dianalisis persentase mahasiswa
yang berhasil mencapai target kompetensi tersebut.
Evaluasi terhadap kemampuan
praktis mahasiswa dilakukan pada setiap kali pembahasan materi yang berhubungan
dengan praktek tersebut.
b. Proses
pembelajaran
Proses pembelajaran dievaluasi
dengan menganalisis monitoring form dan umpan balik seperti contoh di
atas, untuk melihat keefektifan dari setiap komponen pembelajaran.
c.
Hambatan dan kekurangan
Jumlah
mahasiswa yang cukup besar, yang mencapai di atas 40 orang merupakan hambatan
bagi dosen dalam memberikan feedback kepada mahasiswa secara individual. Dalam
setiap minggu pemberian feedback akan dilakukan dengan membahas beberapa contoh
tugas yang dikategorikan bagus, dan mahasiswa yang tugasnya bagus dijadikan
sebagai tutor untuk beberapa temannya. Hasil tutor dilaporkan oleh mahasiswa
yang bersangkutan kepada dosen dan akan dijadikan sebagai nilai tambah bagi
tutor.
Keterlambatan mahasiswa mengisi KRS
(selama ini banyak terjadi) juga menjadi penghambat pembelajaran. Oleh karena
itu, peranan tutor di sini juga amat penting. Mereka diharuskan
mempelajari materi yang tidak sempat mereka ikuti di kelas di rumah dan menanyakan
kepada tutor hal-hal yang kurang mereka pahami, termasuk dalam pengerjaan
tugas-tugas. Keberhasilan
tutor sangat tergantung pada komunikasi tutor dengan dosen.
d. Kemungkinan
perbaikan
Materi
untuk contoh aplikasi dan materi lanjut dapat berubah sesuai dengan minat dan
perkembangan mahasiswa. Setiap menemukan kendala dalam pembelajaran, dosen
segera mencari akar masalah dan mencari solusi alternatif, yang selanjutnya
pada pertemuan berikutnya, dilakukan perbaikan. Tetapi bila masalah itu tidak
bisa dilaksanakan segera, maka direncanakan perbaikan pada semester berikutnya.
2. RPKPS Metodologi Riset
RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Mata Kuliah
METODOLOGI
RISET
KOORDINATOR
MATA AJAR :
Ns.
SYAFRISAR MERI AGRITUBELLA,S.Kep
08197606890
PROGRAM SARJANA KEPERAWATAN
STIKES PEKANBARU MEDICAL CENTER
TA. 2011/2012
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
A. Identitas Mata Kuliah
1. Nama Matakuliah : METODOLOGI RISET
2. Kode/SKS : (2 SKS Teori)
3. Semester :
Pilihan semester genap (Semester II)
4. Dosen Koordinator :
Ns. Syafrisar Meri Agritubella, S. Kep
5. Dosen Pengampu : Ahmad Djajuli,M.Kes
B. Deskripsi Mata Kuliah
Metodologi keperawatan adalah mata kuliah
wajib
C.Manfaat Perkuliahan
Sebagai seorang
petugas kesehatan akan melaksanakan tugas mulia yaitu memberi bantuan pelayanan
kesehatan pada individu, keluarga, dan masyarakat dihadapkan berbagai masalah
terutama masalah kesehatan baik fisik maupun psikologi. Mereka membutuhkan
seorang yang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan sesuai bidang
profesinya. Kemampuan yang dimiliki secara profesional memberikan kepuasan bagi
klien dan dapat meningkatkan image profesi menjadi terpuji di mata masyarakat.
Oleh karena itu, untuk bisa melaksanakan tugas mulia tersebut di atas
dibutuhkan seorang perawat yang memiliki kompetensi profesional untuk
meningkatkan kualitas hidup klien baik secara fisik maupun psikologis.
Melalui mata
kuliah ini akan lahir perawat yang handal dan memiliki kompetensi profesional
dibidangnya yang berkualitas.
D. Kompetensi
1.
Kompetensi Umum
Kompetensi klinik yang harus dicapai oleh
mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah ini, mahasiswa memahami konsep dan
prinsip hukum yang berkaitan dengan praktik keperawatan dan mampu mendasarkan
seluruh tindakan keperawatan pada hukum yang berlaku. Mata ajaran ini juga
membahas konsep etika keperawatan, berbagai aliran filosofi yang mendasarinya
dan prinsip cara penalaran dilema etik dalam kasus keperawatan.
2.
Kompetensi Khusus
Setelah menempuh mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan (kompetensi hardskill):
a.
Memahami Konsep Dasar Tanggung Jawab, tanggung gugat dan Konsep
Etika Keperawatan.
b.
Memahami
Sistem Kesehatan Nasional
c.
Memahami
Hukum dan Perundang-undangan Kesehatan
d.
Memahami
Aspek Hukum dalam Keperawatan (Payung hukum Keperawatan, Legislasi keperawatan,
SIK, SIP, SIPP).
e.
Memahami
Profesionalisme Keperawatan
f.
Memahami
kebijakan pelayanan kesehatan
g.
Memahami
Prinsip-prinsip legal dalam praktik keperawatan
h.
Memahami
Penyebab Masalah Illegal (mal Praktik)
i.
Memahami
Peran Perawat dalam menyelesaikan masalah legal/ pengambilan keputusan legal
etis
j.
Memahami
Kode Etik Keperawatan Indonesia
k.
Otonomi, benefience, non maleficience,
justice, moral right, nilai,
norma masyarakat
l.
Euthanasia, transplantasi organ, surpporting devices,
aborsi,dll
m. Perlindungan
Hukum dalam praktik keperawatan
n.
Nursing advocacy dan Patient’s Bill of Right.
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan
(kompetensi softskill)
a.
Memiliki kemauan belajar
b.
Mampu
berpikir kritis setiap kasus yang dihadapi
c.
Dapat
diandalkan dari salah satu aspek kemahiran keterampilan yang dimiliki
E. Jumlah jam:
Kegiatan di dalam kelas (
2 SKS x 50 mnt x 14 minggu ):
a.
Kuliah &
diskusi kelompok / simulasi = 23 jam
b. Ujian Tengah Semester =
2 jam
c. Ujian Akhir Semester = 2 jam
Jumlah = 27 jam
Pert
|
Hari / Tanggal
|
MATERI
|
RINCIAN MATERI
|
METODE
|
W
|
DOSEN
|
1
|
Selasa, 13 Maret 12
|
Penjelasan Sila bus
|
Pengantar Etika dan Hukum
|
|
2 x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
2
|
Selasa, 20 Maret 12
|
Konsep Dasar Etika Profesi Keperawatan
|
1.
Pengertian Etika Profesi Keperawatan
2.
Tujuan Pendidikan Etika Keperawatan
3.
Macam etika Profesi Keperawatan
4.
Azas Dasar Etik keperawatan
5.
Kode etik Keperawatan
6.
Kode Etik keperawatan menurut ICN
7.
Permasalahan Dasar Etika Kesehatan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya- jawab
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH,MH
|
3
|
Selasa,27 Maret 12
|
Konsep dasar Tanggung Jawab dan Tanggung Gugat Perawat
|
1.
Pengertian Tanggung Jawab Perawat
2.
Macam/ Jenis Tanggung Jawab Perawat
3.
Pengertian Tanggung Gugat Perawat
4.
Macam/ jenis Tanggung gugat perawat
|
Ceramah
Diskusi
Tanya- jawab
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH,MH
|
4
|
Selasa, 3 April 12
|
Hukum dan Perundang-Undangan Kesehatan Serta Hukum
Keperawatan
|
1.
Fungsi Hukum dalam praktek keperawatan
2.
UU Praktik Keperawatan: UU No. 23 Tahun 1992 tentang
kesehatan dalam praktik keperawatan dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik
Indonesia
|
Ceramah
Diskusi
Tanya- jawab
|
2 x 50’
|
Widya Edorita, SH,MH
|
5
|
Selasa, 10 April 12
|
Sistem Kesehatan Nasional
Kebijakan Pelayanan Kesehatan
|
Ceramah
|
2 x 50’
|
dr.Hj.Zurtias,MARS
|
|
6
|
Selasa,17 April 12
|
Isu-Isu Etika Keperawatan
|
1.
Standar Profesional
2.
Implikasi Komitmen Keperawatan
3.
Advokasi
4.
Kesejawatan
5.
Janji-Janji (Promise)
6.
Dapat Dipercaya
(Trustworthiness)
7.
Hubungan Perawat – Klien
|
Ceramah
Diskusi
Tanya- jawab
|
2 x 50 ‘
|
Ns. Eka Dewi, S.Kep
(PPNI)
|
7
|
Selasa , 24 April 12
|
Kode etik Keperawatan Indonesia
|
1.
Pengertian Kode etik keperawatan Indonesia
2.
Kontens Kode Etik Keperawatan Indonesia
3.
Maksud dan Tujuan Kode etik di buat
|
Ceramah
Diskusi
Tanya- jawab
|
2 x 50’
|
Ns. Eka Dewi, S.Kep
(PPNI)
|
8
|
Selasa, 1 Mei 2012
|
Ujian
Tengah Semester I
|
||||
9
|
Selasa, 8 Mei 12
|
Peran Organisasi
Profesi dalam menetapkan Standar Praktik Keperawatan
|
Ceramah
|
2x 50’
|
Ns. Eka Dewi,S.Kep
(PPNI)
|
|
10
|
Selasa, 15 Mei 12
|
Prinsip Legal dalam praktik keperawatan
Penyebab masalah legal dalam pelayanan kesehatan
|
1.
Permasalahan Etika dalam bidang kesehatan
2.
Teori dasar pembuatan Keputusan Etis
3.
Kerangka pembuat keputusan Etis
4.
Penyelesaian masalah Etis
|
Ceramah
Diskusi
|
3x 50’
|
dr.Hj.Zurtias, MARS
|
11
|
Selasa, 22 Mei 12
|
Masalah – Masalah Legal (mal Praktik
dan Negligence) termasuk empat unsur dalam Hukum
|
1.
Pembuktian Mal Praktik secara langsung dan tidak
langsung
2.
Upaya Pencegahan dalam menghadapi tuntutan malpraktik
3.
Upaya mencegah malpraktek dalam pelayanan kesehatan
4.
Upaya menghadapi tuntutan hukum
|
Ceramah
|
3x 50’
|
Widya Edorita,SH,MH
|
12
|
Selasa, 29 Mei 12
|
Peran Perawat dalam penyelesaian Masalah Legal (Dilem
Etik)
Prinsip otonomi, Benefisiensi, prinsip keadilan
(justice), non-malefisiensi,veracity, fidelity,prinsip kerahasiaan,prinsip
akuntabilitas dan langkah penyelesaian masalah.
|
Ceramah
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH, MH
|
|
13
|
Selasa, 5 Juni 12
|
Euthanasia, transplantasi organ, surpporting devices,
aborsi,dll
|
Ceramah
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH, MH
|
|
14
|
Selasa, 15 Juni 2012
|
Perlindungan Hukum
dalam Praktik Keperawatan
|
Ceramah
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH, MH
|
|
15
|
Selasa, 19 Juni 2012
|
Otonomi, benefience, non maleficience, justice, moral
right, nilai, norma masyarakat
Nursing advocacy dan Patient’s Bill
of Right
-
Peran dan Advokasi perawat
-
Pendekatan Moral Right dalam pengambilan keputusan
-
Pendekatan Etik dalam Pengmbilan Keputusan
- Hak
pasien dan keluarga dalam pelayanan kesehatan
|
Ceramah
|
2 x 50’
|
Widya Edorita,SH, MH
|
|
16
|
Selasa, 26 Juni 2012
|
UJIAN AKHIR SEMESTER I
|
G.
Penilaian
a. Penilaian meliputi :
1. Ujian Tengah Semester (UTS) : 25 %
2. Ujian Akhir Semester
(UAS) : 30 %
3. Praktikum
: 20 %
4. Penugasan : 15 %
4. Soft skill : 10 %
b. Syarat mengikuti ujian semester
1. Kehadiran 90-100% : boleh mengikuti ujian
2. Kehadiran 75-90% : ujian dengan
penugasan/bersyarat
3. Kehadiran < 75% : tidak boleh mengikuti ujian
c. Standar
konversi nilai yang direncanakan:
A : 80 - 100
B : 68 - 79
C : 56 - 67
D : 45 -55
E : 0 - 45
H. Referensi
Kozier,B (1996).Fundamental of
Nursing:Concepts, process and practice. Reedwood City: Addison Wesley
Potter,P.A and Perry,AG (1993).
Fundamental of Nursing: Concepts, process and practice. (3nd ed). St.Louis:
Mosby year book
Edge, R.; Groves, J. R (2006). Ethics of health care: a guide for clinical
practice. (3rd ed). Melbourne: Thomson Delmar Learning
Monarch,M (2002). Nursing and the law: Trends and
issue. Washington: ANA (American Nursing
Association)
Burkhardt,MA & Nathaniel,AK (2001). Ethics
&issues in contemporary nursing. (2nd.ed). Sydney:Delmar Thomson Learning
I.
Perencanaan Monitoring
dan Umpan Balik
Rencana dokumen monitoring
dan umpan balik meliputi dan diwujudkan dalam bentuk form-form yang terdiri
atas:
a.
Rencana dokumen/form kegiatan mingguan
b.
Rencana dokumen/form umpan balik dari mahasiswa
c.
Rencana dokumen/form perubahan
Form kegiatan mingguan diisi oleh dosen yang berisi informasi
tentang: waktu perkuliahan dimulai dan diakhiri, waktu kehadiran masing-masing
mahasiswa, bentuk partisipasi mahasiswa, kendala dalam perkuliaahan. Contoh
format dapat dilihat di bawah ini.
FORMAT KEGIATAN MINGGUAN
MATA AJAR :
……………………………….
NAMA
DOSEN :
……………………………….
TANGGAL
/ PERTEMUAN KE : ……………………………….
Nama Mahasiswa
|
Waktu
kuliah
|
Waktu Kehadiran/mahasiswa
|
Bentuk Partisipasi Mahasiswa
|
Keterangan
|
||
mulai
|
akhir
|
Hadir
|
Jam
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT UMPAN BALIK DARI
MAHASISWA
1.
Apa yang
anda dapatkan dalam perkuliahan hari ini?
2. Apa
kesulitan anda hari ini?
3.
Apa yang
anda sukai dalam kuliah hari ini?
4.
Apa yang
tidak anda sukai dalam kuliah hari ini?
Masalah yang bersifat umum segera diperbaiki dan langsung
diterapkan pada pertemuan berikutnya, sedangkan yang sifatnya mendasar akan
dicatat untuk perbaikan pada semester berikutnya.
Perencanaan Evaluasi
adalah sebagai berikut:
FORMAT
PERUBAHAN
GAP
|
AKAR
MASALAH
|
ALTERNATIF
SOLUSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi meliputi:
a.
Hasil pembelajaran
Evaluasi terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami
konsep dilakukan secara tertulis sebanyak 2 kali, yaitu ujian midterm dan ujian akhir terjadwal. Hasil
ini menggambarkan kemampuan individual mahasiswa dalam mencapai target
kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pemahaman terhadap materi perkuliahan
yang diberikan. Dari sini dianalisis persentase mahasiswa yang berhasil
mencapai target kompetensi tersebut.
Evaluasi terhadap kemampuan praktis mahasiswa dilakukan
pada setiap kali pembahasan materi yang berhubungan dengan praktek tersebut.
b.
Proses pembelajaran
Proses pembelajaran dievaluasi dengan menganalisis monitoring form dan umpan balik seperti contoh di atas, untuk melihat
keefektifan dari setiap komponen pembelajaran.
c.
Hambatan dan kekurangan
Jumlah mahasiswa yang cukup
besar, yang mencapai di atas 40 orang merupakan hambatan bagi dosen dalam
memberikan feedback kepada mahasiswa secara individual. Dalam setiap minggu
pemberian feedback akan dilakukan dengan membahas beberapa contoh tugas yang
dikategorikan bagus, dan mahasiswa yang tugasnya bagus dijadikan sebagai tutor
untuk beberapa temannya. Hasil tutor dilaporkan oleh mahasiswa yang
bersangkutan kepada dosen dan akan dijadikan sebagai nilai tambah bagi tutor.
Keterlambatan mahasiswa mengisi KRS (selama ini banyak terjadi) juga menjadi penghambat pembelajaran. Oleh karena itu, peranan tutor di sini
juga amat penting. Mereka diharuskan mempelajari materi yang tidak sempat
mereka ikuti di kelas di rumah dan menanyakan kepada tutor hal-hal yang kurang
mereka pahami, termasuk dalam pengerjaan tugas-tugas. Keberhasilan tutor sangat tergantung pada komunikasi
tutor dengan dosen.
d.
Kemungkinan perbaikan
Materi untuk contoh
aplikasi dan materi lanjut dapat berubah sesuai dengan minat dan perkembangan
mahasiswa. Setiap menemukan kendala dalam pembelajaran, dosen segera mencari
akar masalah dan mencari solusi alternatif, yang selanjutnya pada pertemuan
berikutnya, dilakukan perbaikan. Tetapi bila masalah itu tidak bisa
dilaksanakan segera, maka direncanakan perbaikan pada semester berikutnya.
Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
Nama Dosen :
NIDN :
Program Studi :
Mata Kuliah :
Kode MK :
Bobot SKS :
Semester :
Pertemuan Ke :
I. Standar
Kompetensi
II.
Kompetensi
Dasar
III.
Indikator
Kompetensi
IV.
Materi
Pokok
V.
Langkah
Langkah Pembelajaran
No
|
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Alat/
Media
|
Sumber
|
Alokasi Waktu
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||||
1
|
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
VI.
Penilaian
1. Evaluasi
Struktur
2. Evaluasi
Proses
3. Evaluasi
Hasil
3. RPKPS Epidemiologi
SILABUS
MA. EPIDEMIOLOGI
Koordinator MA:
Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep,Ns.
08197606890
STIKES PMC PEKANBARU
PRODI S1 KEPERAWATAN
KONTRAK PERKULIAHAN (SILABUS)
MATA KULIAH KEPERAWATAN EPIDEMIOLOGI
Materi kuliah : EPIDEMIOLOGI
Kode Mata Kuliah :
SKS : 2 SKS
Koordinator MA
: Syafrisar Meri Agritubella,
S.Kep., Ns.
Dosen : 1. Idayanti,M.Kes
2. Awida Rose, M.Kes
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini sangat penting
karena merupakan komponen mata ilmu kesehatan masyarakat untuk SI
keperawatan termasuk di Program Studi S1 Keperawatan STIKES
PMC. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang sifatnya
wajib bagi semua program studi ilmu kesehatan, termasuk keperawatan. Mata
kuliah ini akan membekali mahasiswa tentang prinsip-prinsip dan metode
epidemiologi untuk analisis kejadian dalam memecahkan masalah-masalah kesehatan
khususnya keperawatan di masyarakat
Selama proses pembelajaran, mahasiswa akan
banyak mengembangkan kemampuan kognitif dalam memahami konsep dasar
epidemiologi, konsep penyebab penyakit, pengukuran angka kesakitan dan kematian
dan menerapkan pendekatan-pendekatan
epidemiologi dalam praktek pelayanan keperawatan melalui screening,
survailance, penelitian, penyelidikan wabah. Pemahaman terhadap
konsep-konsep dan cara-cara tersebut diharapkan dapat diaplikasikan dalam
melaksanakan peran perawat, baik sebagai pengelola, pendidik, peneliti ataupun
pelaksana pelayanan keperawatan.
B.
TUJUAN
- Tujuan Umum
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan
mahasiswa mampu melaksanakan konsep-konsep dalam epidemiologi dalam
pengembangan ilmu keperawatan.
- Tujuan Khusus
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:
a.
Memahami
pengertian epidemiologi
b. Menjelaskan riwayat alamiah perjalanan penyakit
c. Menguraikan penyebaran masalah kesehatan berdasarkan variabel man, time
dan place
d. Mengukur frekuensi masalah kesehatan
e. Menganalisis kejadian sebab akibat yang berkaitan dengan masalah kesehatan
f. Menggunakan metode-metode
epidemiologi (surveilance, screening, investigasi wabah) dalam praktek
pelayanan keperawatan dan upaya peningkatan kualitas pelayanan keperawatan.
C.
ACUAN/REFERENSI :
Achmiral,
Kesehatan dan Kedokteran berorientasi masyarakat rumah tangga dan SKN.
Bina Indra Karya, Surabaya
Beaglehole,
R., Bonica R., Kjellstrom T., Dasar-dasar Epidemiologi, Gadjah Mada
University Press. Yogyakarta. 1997.
Effendi
N., Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan masyarakat, Edisi II, 1998
Friedman
G.D., Prinsip-Prinsip Epidemiologi, Editor: Dr. Siswanto A. Wilopo, Yayasan Essentia Medica. Jakarta.
Notoatmodjo S., Ilmu Kesehatan Masyarakat, Rineka
Cipta, Jakarta, 1997.
Rothman, K.J., Epidemiologi Modern, Penterjemah:
Rossi Sanusi, Yayasan Pustaka Nusatama dan Yayasan Essentia Medica. Jakarta.
Sutrisno
B., Pengantar Metode Epidemiologi, Jakarta
D.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Untuk mencapai tujuan
pembelajaran, mata kuliah ini menggunakan sejumlah strategi.
No
|
Jenis Program
|
Jumlah program
|
Jumlah waktu
|
Strategi
|
1.
|
Tatap muka di kelas
|
14 kali
|
100 menit
|
Ceramah, tanya jawab,
diskusi, latihan soal, latihan kuis
|
2.
|
Ujian tengah semester
|
1 kali
|
75 menit
|
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tertulis
|
3.
|
Ujian akhir semester
|
1 kali
|
75 menit
|
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tertulis
|
E.
KEHADIRAN
1.
Prosentase kehadiran
perkuliahan kurang dari 60% tidak diperkenankan mengikuti ujian.
2.
Prosentase kehadiran
praktikum kurang dari 100% tidak diperkenankan mengikuti ujian.
F.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
HARI/TGL
/JAM
|
PERTEMUAN
|
POKOK
BAHASAN DAN
SUB
POKOK BAHASAN
|
METODE
|
PENGAMPU
|
Rabu/ 12 Sept 2012
|
1
|
learning contract, Introduction
Outline mata kuliah:
· latar belakang dan perkembangan
epidemiologi
|
ceramah
|
Idayanti,M.Kes
|
Rabu/ 26 Sept 2012
|
2
|
Pengertian epidemiologi:
·
Perkembangan
·
Pengertian
·
Tujuan
·
Manfaat
·
Ruang lingkup
·
Pendekatan
·
Strategi
·
Parameter epidemiologi
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Idayanti,M.Kes
|
Rabu/ 3 Oktober 12
|
3
|
Model perjalanan penyakit
(Riwayat Alamiah penyakit):
·
Segitiga “host, agent, environment”
·
Hubungan antar faktor
· The
weel of epidemiologi
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Idayanti,M.Kes
|
Rabu/10 Oktober 12
|
4
|
Variabel Epidemiologi:
·
Variabel Man,
Time, Place
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Idayanti,M.Kes
|
Rabu/17 dan 24 Oktober 12
|
5 dan 6
|
Pengukuran Masalah Kesehatan:
·
Prevalence
·
Incidence
·
attack
rate
·
mortalitas
·
morbiditas
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/31 Oktober 2012
|
7
|
Surveilance epidemiologi:
·
Pengertian
·
Tujuan
·
Manfaat
·
Jenis
·
langkah-langkah
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
UTS
|
||||
Rabu/14 November 12
|
9
|
Surveilance dalam praktek pelayanan keperawatan:
· Pemantauan Wilayah Setempat (PWS)
· KIA dan imunisasi
· Surveillance diare pada anak
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/ 21 November 12
|
10
|
Surveilance dalam praktek
pelayanan keperawatan:
· Surveillance kejadian TB paru
· Flu burung
· HIV AIDS
· Gangguan status gizi
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/ 28 November 2012
|
11
|
Screening
· Pengertian
· Tujuan, Manfaat, Jenis , Kriteria
· Uji screening
· Tes diagnostik
· Intervensi terapetik
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/ 5 Desember 2012
|
12
|
Screening dalam praktek
pelayanan keperawatan
· Screening untuk bayi, anak balita, remaja, perempuan usia subur,ibu hamil, ibu masa nifas, masa pre menopause, menopause dan lansia
· kelompok resiko tinggi
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/ 12 Desember 2012
|
13
|
Investigasi wabah
· Pengertian
· Kriteria wabah
· Tujuan
· Manfaat
·
Langkah-langkah
investigasi Wabah
|
Ceramah, diskusi makalah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
Rabu/19 Desember 12
|
14
|
Investigasi
wabah dalam praktek pelayanan keperawatan
Audit TB Paru dan Flu Burung
|
Ceramah
|
Awida Rose,
M.Kes
|
MINGGU TENANG
|
4. RPKPS Keperawatan Klinik V (Maternitas II)
RENCANA PROGRAM
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Mata Kuliah:
Keperawatan
Klinik V (Maternitas II)
KOORDINATOR MATA
AJAR :
Ns. SYAFRISAR MERI AGRITUBELLA,S.Kep
08197606890
PROGRAM SARJANA
KEPERAWATAN
STIKES PEKANBARU
MEDICAL CENTER
TAHUN 2012/2013
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
A. Identitas Mata Kuliah
1. Nama
Mata kuliah : Keperawatan Klinik V (Maternitas II)
2. Kode/SKS : 4SKS (3 SKS Teori,1 SKS Praktikum Laboratorium)
3. Semester : Pilihan semester ganjil (Semester V)
4. Dosen
Koordinator : Ns. Syafrisar Meri
Agritubella, S. Kep
5. Prasyarat : KKD, KDDK I, KDDK II, PDK,
Caring dan Komunikasi dalam
Keperawatan,
KK III – Maternitas I
B. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan perawat yang
mampu memberikan asuhan keperawatan pada wanita usia subur, ibu
hamil, ibu melahirkan, ibu setelah melahirkan pada kondisi patologis beserta
keluarganya, kesehatan reproduksi pada PUS, WUS, remaja serta ibu menopause
dengan mengutamakan perilaku caring dalam setiap pemberian asuhan keperawatan.
C.Manfaat
Perkuliahan
Sebagai seorang petugas kesehatan akan melaksanakan
tugas mulia yaitu memberi bantuan pelayanan kesehatan pada individu, keluarga,
dan masyarakat dihadapkan berbagai masalah terutama masalah kesehatan baik
fisik maupun psikologi. Mereka membutuhkan seorang yang memiliki kompetensi
yang dapat diandalkan sesuai bidang profesinya. Kemampuan yang dimiliki secara
profesional memberikan kepuasan bagi klien dan dapat meningkatkan image profesi
menjadi terpuji di mata masyarakat. Oleh karena itu, untuk bisa melaksanakan
tugas mulia tersebut di atas dibutuhkan seorang perawat yang memiliki
kompetensi profesional untuk meningkatkan kualitas hidup klien baik secara
fisik maupun psikologis.
Melalui mata kuliah ini akan lahir perawat yang
handal dan memiliki kompetensi profesional dibidangnya yang berkualitas.
D. Kompetensi
1. Kompetensi Umum
Kompetensi
klinik yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah Keperawatan
Klinik V (Maternitas II) ini adalah ”Mampu memberikan asuhan keperawatan pada
bidang maternitas secara patologi (WUS, BUMIL/Antenalat, Intranatal care,
Postnatal care, KeSPRO pada PUS, WUS, Remaja serta ibu menopause dan Mampu
untuk perilaku carring dan berkomunikasi secara terapeutik..”
2. Kompetensi
Khusus
Setelah menempuh
mata kuliah ini mahasiswa diharapkan (kompetensi hardskill):
a.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan pada wanita dengan Masalah pengelolaan masalah perempuan
1.
Askep pada Kanker Ovarium
2.
Askep pada Kanker Servik
3.
Askep pada Kanker Uterus
4.
Askep pada Kista Ovarii
5.
Askep pada Mioma Uteri
6.
Askep pada HIV / AIDS
b.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan pada wanita dengan masalah infertilitas dan keluarga berencana (KB)
c.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan wanita dengan komplikasi kehamilan dan penyakit yang menyertai
1.
Askep pada Ibu Hamil dengan
merokok
2.
Askep pada ibu Hamil dengan
Ketergantungan Alkohol
3.
Askep pada ibu hamil dengan
ketergantungan obat
4.
Askep pada ibu Hamil dengan
Hiperemesis Gravidarum
5.
dll
d.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan pada ibu dengan komplikasi persalinan
1.
Askep pada Ibu dengan Ketuban
Pecah Dini
2.
Askep pada Ibu dengan
Kegawatdaruratan
3.
Askep pada Ibu dengan
Pembedahan (Secsio caesarea, Histerektomy)
4.
Askep pada Ibu dengan Distosia
5.
Askep pada Ibu dengan Prolap
Umbilical Cord
e.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan pada ibu dengan komplikasi Post natal (ex: Haemoragic Post Partum
(HPP))
f.
Mampu melakukan asuhan
keperawatan Bayi Baru Lahir (BBL) dengan Komplikasi
g.
Mampu melakukan Resusitasi Bayi
Baru Lahir.
h.
Mampu mendokumentasikan setiap
kegiatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada wanita saat hamil,
melahirkan, menyusui, kesehatan reproduksi remaja, PUS/WUS serta wanita
menopause dengan menerapkan konsep caring
i.
Berperilaku Carring dalam
setiap melakukan interaksi dengan pasiendan Menerapkan teknik komunikasi
terapeutik diseluruh area keperawatan khususnya
Maternitas.
j.
Melakukan Role Play
1.
Penghentian kehamilan dan Aborsi
2.
Infertilitas dan peran perawat
3.
Konseling dan diagnostik dalam kehamilan
4.
Konseling tentang penyakit hubungan seksual,
AIDS, dan peran perawat
Setelah
menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan (kompetensi softskill)
a.
Memiliki kemauan belajar
b.
Mampu
berpikir kritis setiap kasus yang dihadapi
c.
Dapat
diandalkan dari salah satu aspek kemahiran keterampilan yang dimiliki
E. Jumlah jam:
Kegiatan di dalam kelas ( 3 SKS x 50 mnt x 14 minggu ):
a. Kuliah &
diskusi kelompok / simulasi = 35 jam
b.
Ujian Tengah Semester =
2 jam
c.
Ujian Akhir Semester = 2 jam
Kegiatan di Laboratorium ( 1 SKS x 2 x 60 mnt x 14 minggu ):
a. Kuliah &
diskusi kelompok / simulasi = 28 jam
b.
Ujian Tengah Semester =
2 jam
c.
Ujian Akhir Semester = 2 jam
Jumlah 32 jam
F.
RINCIAN KEGIATAN
Pert
|
Hari
/ Tanggal
|
MATERI
|
RINCIAN MATERI
|
METODE
|
W
|
DOSEN
|
1
|
Senin, 10 Sept 12
|
Penjelasan Sila bus
|
Penjelasan Silabus dan Pembagian Kelompok
|
-
Ceramah
-
Diskusi
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
2
|
Senin, 17 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
(gangguan reproduksi)
|
1. Askep Premenstruasi Sindrom
2. Askep Dismenore
3. Askep Kanker Ovarium
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
3
|
Kamis, 20 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
|
4. Asuhan Keperawatan pada Kanker Servik
5.
Asuhan
Keperawatan pada Kanker Uterus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
4
|
Senin, 24 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
|
6. Asuhan Keperawatan pada Kista Ovari
7. Askep pada Mioma Uteri
8. Askep pada HIV/AIDS
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
5
|
Kamis, 27 Sept12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
1.
Askep
pada BuMil dengan Merokok, ketergantungan alkohol dan Obat
2.
AsKep
Pada PreEklamsi
3.
AsKep
pada Abortus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
6
|
Senin, 1 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
4.
Askep
pada Kehamilan Ektopik
5.
Askep
Pada Hiperemesis Gravidarum
|
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
7
|
Kamis, 4 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
6.
Askep
Pada BuMil dengan Diabetes Mellitus
7.
Askep
dengan Abrupsio Plasenta
|
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
8
|
Senin, 8 Okt 12
|
UJIAN ASKEP GANGGUAN REPRODUKSI DAN
ASKEP KOMPLIKASI KEHAMILAN
|
||||
7
|
Kamis, 11 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Masa intranatal dengan
komplikasi persalinan
|
1.
Askep
pada Ketuban Pecah dini
2.
Askep
pada Prolaps Tali Pusat
3.
Askep
Pada Distosia Bahu
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
8.
|
Senin, 15 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Masa intranatal dengan
komplikasi persalinan
|
4.
Askep
pada Kegawatdaruratan
5.
Askep
pada Ibu dengan Pembedahan
(Histerektomi, Secsio caesarea, Ekstraksi Vakum)
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
9.
|
Kamis, 18 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada ibu dengan komplikasi Post
partum
|
1.
Askep
Haemoragic Postpartum (HPP)
2.
Askep
dengan Gangguan payudara
3.
Askep
Tromboemboli
4.
Askep
dengan Gangguan Psikologi Postpartum
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x
50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
10.
|
Senin, 22 Okt 12
|
UJIAN ASKEP KOMPLIKASI INTRANATAL dan
KOMPLIKASI POST NATAL
|
||||
11
|
Kamis, 25 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Bayi Baru Lahir dengan Resiko
Tinggi (komplikasi)
|
1. Askep pada Bayi BBLR
2. Askep pada bayi infeksi neonatorum
3. Askep pada bayi Hiperbilirubinemia
4. Askep Pada bayi Hidrosefalus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
12
|
Senin, 29 Okt 12
|
Resusitasi pada Bayi
|
-
Definisi,
Indikasi
-
Askep
pada bayi dengan resusitasi
|
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
13
|
Kamis, 1 Nov 12
|
UJIAN ASKEP KOMPLIKASI BAYI BARU LAHIR
dan Resusitasi Bayi
|
||||
14.
|
Senin, 12 Nov 12
|
ROLE PLAY di Laboratorium
|
||||
Kamis, 15Nov 12
|
ROLE PLAY di Laboratorium
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
15.
|
Senin, 19 Nov 12
|
UJIAN
ROLE PLAY
|
||||
16.
|
Senin, 26 Nov 12
|
Perencanaan Pulang dan Home Care
|
-
Perawatan
ibu post partum di rumah
-
Perawatan
bayi di rumah
-
ASI
Ekslusif
|
|
2x50’
|
Ns. Syafrisar
Meri Agritubella ,S.Kep
|
17.
|
Kamis, 29 Nov 12
|
Peran Perawat Maternitas dalam Program
desa siaga
|
-
Konsep
Desa Siaga
-
Peran
Perawat maternitas
|
|
2x50’
|
Ns. Syafrisar
Meri Agritubella ,S.Kep
|
18.
|
Senin, 3 Des 12
|
Praktikum Mandiri Persiapan PKK Kep
Maternitas
|
||||
19
|
Kamis, 6 Des 12
|
Praktikum Mandiri Persiapan PKK Kep
Maternitas
|
||||
20
|
Senin, 10 Des 12
|
Ujian Pra Kompetensi KK III – Kep. Maternitas I
|
||||
21
|
Kamis, 13 Des 12
|
Ujian Pra Kompetensi KK V – Kep. Maternitas II
|
||||
22
|
Sabtu, 15 Des 12
|
Pengumuman Hasil Ujian Pra Kompetensi KK III dan KK V
Orientasi PKK Kep Maternitas di RSUD Arifin Ahmad/ RSPMC
Pekanbaru
|
||||
23
|
Senin – Sabtu/
17 - 23 Des 12
|
Praktik PKK Maternitas di RSUD
|
||||
24
|
Rabu – Senin/
26 – 31 Des12
|
Praktik PKK Maternitas di RSPMC
|
||||
25
|
Senin,21Jan13 s/d
Sabtu, 3 Feb 13
|
Praktik PKK Maternitas di Puskesmas
|
||||
26
|
Senin, 4 Feb 13
Pukul 08.00
|
Batas Akhir Pengumpulan laporan PKK Maternitas
|
||||
27
|
Senin, 11 Feb 13
|
Pengumuman Nilai PKK Maternitas
|
||||
28
|
Sabtu, 16 Feb 13
|
Pengumuman Evaluasi Hasil Belajar Semester Ganjil TA
2012/2013
|
Pekanbaru, 5 September
2012
Koordinator Mata Kuliah Keperawatan Maternitas
II
Ns.Syafrisar Meri
Agritubella,S.Kep
G. Penilaian
a. Penilaian meliputi :
1. Ujian Tengah Semester (UTS) : 25 %
2. Ujian Akhir Semester (UAS) : 25 %
3. Praktikum/Roleplay : 10 %
4. Penugasan
: 35%
5. Soft
skill : 5 %
b. Syarat mengikuti ujian semester
1. Kehadiran 90-100% : boleh mengikuti ujian
2. Kehadiran 75-90% :
ujian dengan penugasan/bersyarat
3. Kehadiran < 75% :
tidak boleh mengikuti ujian
c.Standar konversi nilai yang
direncanakan:
A : 80 - 100
B : 68 - 79
C : 56 - 67
D : 45 -55
E : 0 - 45
H. Referensi
Bobak, Lowdermilk, Jensen.(2003). Buku Ajar Keperawatan Maternitas edisi
2. Jakarta: EGC.
Mitayani (2009). Asuhan Keperawatan Maternitas. Jakarta: Salemba Medika
Ratna (2009), Asuhan Keperawatan Fisiologis dan Patologis. Jakarta:
salemba Medica
Nengah Riniari (2010), Asuhan keperawatan Klien dengan Hiperemesis
Gravidarum 1. Jakarta: Salemba medica
Rita, Agus wanto (2009). Komunikasi dan Konseling dalam kebidanan.
Jakarta: Salemba Medika
Deswani (2010). Panduan Praktik Klinik dan Labor Keperawatan Maternitas.
Jakarta: Salemba Medika
Ferrer, Helen (1999). Perawatan Maternitas, edisi 2. Jakarta : EGC
Hamilton, Persis mary (1995). Dasar-dasar Keperawatan Maternitas, edisi 6.
Jakarta : EGC
I.
Perencanaan Monitoring dan Umpan Balik
Rencana dokumen monitoring
dan umpan balik meliputi dan diwujudkan dalam bentuk form-form yang terdiri
atas:
a. Rencana dokumen/form kegiatan mingguan
b. Rencana dokumen/form umpan balik dari mahasiswa
c. Rencana dokumen/form perubahan
Form kegiatan mingguan diisi oleh dosen yang berisi informasi
tentang: waktu perkuliahan dimulai dan diakhiri, waktu kehadiran masing-masing
mahasiswa, bentuk partisipasi mahasiswa, kendala dalam perkuliaahan. Contoh
format dapat dilihat di bawah ini.
FORMAT
KEGIATAN MINGGUAN
MATA AJAR :
Keperawatan Maternitas II
NAMA DOSEN : Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
TANGGAL
/ PERTEMUAN KE : ………………………………
Materi :
..................................................
No
|
Nama Mahasiswa
|
Waktu kuliah
|
Waktu Kehadiran/mahasiswa
|
Bentuk Partisipasi Mahasiswa
|
Ket
|
||
Mulai
|
Akhir
|
Hadir
|
Jam
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
MA. Keperawatan Maternitas II
Ns.Syafrisar
Meri Agritubella,S.Kep
FORMAT UMPAN BALIK DARI
MAHASISWA
1.
Apa yang
anda dapatkan dalam perkuliahan hari ini?
2. Apa
kesulitan anda hari ini?
3.
Apa yang
anda sukai dalam kuliah hari ini?
4.
Apa yang
tidak anda sukai dalam kuliah hari ini?
Masalah yang bersifat umum segera diperbaiki dan langsung
diterapkan pada pertemuan berikutnya, sedangkan yang sifatnya mendasar akan
dicatat untuk perbaikan pada semester berikutnya.
Perencanaan
Evaluasi adalah sebagai berikut:
FORMAT
PERUBAHAN
GAP
|
AKAR MASALAH
|
ALTERNATIF
SOLUSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi meliputi:
a. Hasil pembelajaran
Evaluasi
terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep dilakukan secara tertulis
sebanyak 2 kali, yaitu ujian midterm
dan ujian akhir terjadwal. Hasil ini menggambarkan kemampuan individual
mahasiswa dalam mencapai target kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan
pemahaman terhadap materi perkuliahan yang diberikan. Dari sini dianalisis
persentase mahasiswa yang berhasil mencapai target kompetensi tersebut.
Evaluasi
terhadap kemampuan praktis mahasiswa dilakukan pada setiap kali pembahasan
materi yang berhubungan dengan praktek tersebut.
b. Proses pembelajaran
Proses
pembelajaran dievaluasi dengan menganalisis monitoring
form dan umpan balik seperti contoh
di atas, untuk melihat keefektifan dari setiap komponen pembelajaran.
c.
Hambatan dan kekurangan
Jumlah mahasiswa yang cukup besar,
yang mencapai di atas 40 orang merupakan hambatan bagi dosen dalam memberikan
feedback kepada mahasiswa secara individual. Dalam setiap minggu pemberian
feedback akan dilakukan dengan membahas beberapa contoh tugas yang
dikategorikan bagus, dan mahasiswa yang tugasnya bagus dijadikan sebagai tutor
untuk beberapa temannya. Hasil tutor dilaporkan oleh mahasiswa yang bersangkutan
kepada dosen dan akan dijadikan sebagai nilai tambah bagi tutor.
Keterlambatan mahasiswa mengisi KRS (selama ini banyak terjadi)
juga menjadi penghambat pembelajaran. Oleh karena itu, peranan tutor di sini juga amat penting.
Mereka diharuskan mempelajari materi yang tidak sempat mereka ikuti di kelas di
rumah dan menanyakan kepada tutor hal-hal yang kurang mereka pahami, termasuk
dalam pengerjaan tugas-tugas. Keberhasilan
tutor sangat tergantung pada komunikasi tutor dengan dosen.
d.
Kemungkinan perbaikan
Materi untuk contoh aplikasi dan materi lanjut dapat berubah
sesuai dengan minat dan perkembangan mahasiswa. Setiap menemukan kendala dalam
pembelajaran, dosen segera mencari akar masalah dan mencari solusi alternatif,
yang selanjutnya pada pertemuan berikutnya, dilakukan perbaikan. Tetapi bila
masalah itu tidak bisa dilaksanakan segera, maka direncanakan perbaikan pada
semester berikutnya.
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
STIKES PEKANBARU MEDIKAL CENTER (STIKes
PMC PEKANBARU)
FORMAT PENILAIAN TUGAS
INDIVIDU
KEPERAWATAN MATERNITAS
Nama :
NIM :
Hari/ Tanggal :
NO
|
KOMPONEN
|
ANGKA
|
BOBOT
|
NILAI
|
1
|
Pembuatan
Tugas
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar
Belakang
b.
Manfaat
dan Tujuan Makalah
BAB II Tinjauan Teori Penyakit.......
a. Pengertian
b. Etiologi
c. Patofisiologi (lampirkan WOC)
d. Manifestasiklinik
e. Penatalaksanaan
f. Komplikasi
BAB III Asuhan Keperawatan klien
dengan....... (secara teoritis)
a. Pengkajian
b. Diagnose Keperawatan
c. Tujuan Dan Kriteria hasil
d. Intervensi dan Rasional
BAB IV PENUTUP (Kesimpulan dan Saran)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
|
|
40
|
|
2
|
Pemahaman
Teori/ Penyampaian Materi/ Presentasi Tugas dan Diskusi Kelas
|
|
25
|
|
3
|
Penyerahan
HardFile dan SoftFile
Hard File : serahkan langsung
ke dosen
SoftFile : kirim via email : imbearli_yang@yahoo.co.id
Time Limit :1 hari setelah
presentasi
|
|
25
|
|
4.
|
Buat
Soal multiple choice dalam bentuk kasus
sebanyak
10 buah
|
|
10
|
|
Dosen
Penguji
.................................................
NAMA PESERTA LOMBA PRESENTASI KASUS
NO
|
NAMA PESERTA
|
KET
|
1.
|
Resi Septi Mayang
|
|
2.
|
Dewi
Arisandi
|
|
3.
|
Sandra
Wita
|
|
4.
|
Meri
Andani
|
|
5.
|
Nurhayati
Rawzis
|
|
6.
|
Febry
Anggriani
|
|
7.
|
Wahyu
Saputra
|
|
8.
|
Maharani
|
|
9.
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JADWAL
PERKULIAHAN
KK V –
KEPERAWATAN MAT ERNITAS II
Pert
|
Hari
/ Tanggal
|
MATERI
|
RINCIAN MATERI
|
METODE
|
W
|
DOSEN
|
1
|
Senin, 10 Sept 12
|
Penjelasan Sila bus
|
Penjelasan Silabus dan Pembagian Kelompok
|
-
Ceramah
-
Diskusi
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
2
|
Senin, 17 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
(gangguan reproduksi)
|
9. Askep Premenstruasi Sindrom
10. Askep Dismenore
11. Askep Kanker Ovarium
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
3
|
Kamis, 20 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
|
12. Asuhan Keperawatan pada Kanker Servik
13.
Asuhan
Keperawatan pada Kanker Uterus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
4
|
Senin, 24 Sept 12
|
Asuhan Keperawatan pada Wanita dengan masalah
pengelolaan kesehatan perempuan
|
14. Asuhan Keperawatan pada Kista Ovari
15. Askep pada Mioma Uteri
16. Askep pada HIV/AIDS
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
5
|
Kamis, 27 Sept12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
8.
Askep
pada BuMil dengan Merokok, ketergantungan alkohol dan Obat
9.
AsKep
Pada PreEklamsi
10.
AsKep
pada Abortus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
6
|
Senin, 1 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
11.
Askep
pada Kehamilan Ektopik
12.
Askep
Pada Hiperemesis Gravidarum
|
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
7
|
Kamis, 4 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada kehamilan dengan komplikasi
|
13.
Askep
Pada BuMil dengan Diabetes Mellitus
14.
Askep
dengan Abrupsio Plasenta
|
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
8
|
Senin, 8 Okt 12
|
UJIAN ASKEP GANGGUAN REPRODUKSI DAN
ASKEP KOMPLIKASI KEHAMILAN
|
||||
7
|
Kamis, 11 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Masa intranatal dengan
komplikasi persalinan
|
6.
Askep
pada Ketuban Pecah dini
7.
Askep
pada Prolaps Tali Pusat
8.
Askep
Pada Distosia Bahu
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
8.
|
Senin, 15 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Masa intranatal dengan
komplikasi persalinan
|
9.
Askep
pada Kegawatdaruratan
10.
Askep
pada Ibu dengan Pembedahan
(Histerektomi, Secsio caesarea, Ekstraksi Vakum)
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
9.
|
Kamis, 18 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada ibu dengan komplikasi Post partum
|
5.
Askep
Haemoragic Postpartum (HPP)
6.
Askep
dengan Gangguan payudara
7.
Askep
Tromboemboli
8.
Askep
dengan Gangguan Psikologi Postpartum
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x
50’
|
Ns.Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
10.
|
Senin, 22 Okt 12
|
UJIAN ASKEP KOMPLIKASI INTRANATAL dan
KOMPLIKASI POST NATAL
|
||||
11
|
Kamis, 25 Okt 12
|
Asuhan Keperawatan pada Bayi Baru Lahir dengan Resiko
Tinggi (komplikasi)
|
5. Askep pada Bayi BBLR
6. Askep pada bayi infeksi neonatorum
7. Askep pada bayi Hiperbilirubinemia
8. Askep Pada bayi Hidrosefalus
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya-
jawab
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
12
|
Senin, 29 Okt 12
|
Resusitasi pada Bayi
|
-
Definisi,
Indikasi
-
Askep
pada bayi dengan resusitasi
|
|
2x 50’
|
Ns. Syafrisar Meri Agritubella,S.Kep
|
13
|
Kamis, 1 Nov 12
|
UJIAN ASKEP KOMPLIKASI BAYI BARU LAHIR
dan Resusitasi Bayi
|
||||
14.
|
Senin, 12 Nov 12
|
ROLE PLAY di Laboratorium
|
||||
Kamis, 15Nov 12
|
ROLE PLAY di Laboratorium
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
15.
|
Senin, 19 Nov 12
|
UJIAN
ROLE PLAY
|
||||
16.
|
Senin, 26 Nov 12
|
Perencanaan Pulang dan Home Care
|
-
Perawatan
ibu post partum di rumah
-
Perawatan
bayi di rumah
-
ASI
Ekslusif
|
|
2x50’
|
Ns. Syafrisar
Meri Agritubella ,S.Kep
|
17.
|
Kamis, 29 Nov 12
|
Peran Perawat Maternitas dalam Program
desa siaga
|
-
Konsep
Desa Siaga
-
Peran
Perawat maternitas
|
|
2x50’
|
Ns. Syafrisar
Meri Agritubella ,S.Kep
|
18.
|
Senin, 3 Des 12
|
Praktikum Mandiri Persiapan PKK Kep
Maternitas
|
||||
19
|
Kamis, 6 Des 12
|
Praktikum Mandiri Persiapan PKK Kep
Maternitas
|
||||
20
|
Senin, 10 Des 12
|
Ujian Pra Kompetensi KK III – Kep. Maternitas I
|
||||
21
|
Kamis, 13 Des 12
|
Ujian Pra Kompetensi KK V – Kep. Maternitas II
|
||||
22
|
Sabtu, 15 Des 12
|
Pengumuman Hasil Ujian Pra Kompetensi KK III dan KK V
Orientasi PKK Kep Maternitas di RSUD Arifin Ahmad/ RSPMC
Pekanbaru
|
||||
23
|
Senin – Sabtu/
17 - 23 Des 12
|
Praktik PKK Maternitas di RSUD
|
||||
24
|
Rabu – Senin/
26 – 31 Des12
|
Praktik PKK Maternitas di RSPMC
|
||||
25
|
Senin,21Jan13 s/d
Sabtu, 3 Feb 13
|
Praktik PKK Maternitas di Puskesmas
|
||||
26
|
Senin, 4 Feb 13
Pukul 08.00
|
Batas Akhir Pengumpulan laporan PKK Maternitas
|
||||
27
|
Senin, 11 Feb 13
|
Pengumuman Nilai PKK Maternitas
|
||||
28
|
Sabtu, 16 Feb 13
|
Pengumuman Evaluasi Hasil Belajar Semester Ganjil TA
2012/2013
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar